Home Adat Limo Luhak Dari Hasil Konsultasi ke Kemendagri, Inilah Tata Tertib Pemilihan Wabup Rohul

Dari Hasil Konsultasi ke Kemendagri, Inilah Tata Tertib Pemilihan Wabup Rohul

Dari Hasil Konsultasi ke Kemendagri, Inilah Tata Tertib Pemilihan Wabup Rohul

28
Dari Hasil Konsultasi ke Kemendagri, Inilah Tata Tertib Pemilihan Wabup Rohul

Dari Hasil Konsultasi ke Kemendagri, Inilah Tata Tertib Pemilihan Wabup Rohul

 

02 Oktober 2018

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) - Upaya pengisian kekosongan jabatan Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul). dilakukan karena sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan, terhitung kekosongan jabatan tersebut.

Dimana jabatan Wabup Rohul‎ mulai kosong, sekitar delapan bulan terakhir, terhitung sejak H. Sukiman dilantik Gubernur Riau sebagai Bupati Rohul defenitif sisa periode 2016-2021 pada 14 Februari 2018 di Pekanbaru, gantikan H. Suparman S.Sos, M.Si yang tersandung masalah hukum.

Dikatakan M. Aidi yang sebelumnya Ketua Panitia Khusus Tata Tertib (Pansus Tatib) DPRD Rohul, ada beberapa poin didapat Pansus Tatib terkait pemilihan Wabup saat konsultasi dengan pihak Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Jelas M. Aidi yang juga anggota Fraksi Demokrat, bahwa untuk prosesi pemilihan Wabup dilakukan melalui Rapat Paripurna, dan itu sudah diatur dalam Peraturan‎ DPRD Kabupaten Rohul Nomor 1 tahun 2018 tentang Tatib DPRD Rohul.

Kemudian dalam pemilihan Wabup sebut Aidi, dilakukan sesuai usulan 4 partai politik (Parpol pengusung) yang memenangkan Pilkada Rohul tahun 2015, yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai NasDem, dan Partai Hanura.

“Dimana gabungan Parpol pengusung, kemudian mengusulkan dua calon Wakil Bupati ke DPRD melalui Bupati," kata M. Aidi, Selasa (2/10/2018).

Usai Tatib sambung Aidi, setelah 2 calon Wabup diusulkan ke DPRD Rohul, kemudian melalui rapat paripurna dibentuk Panitia Pemilihan Wabup atas usulan 8 fraksi, dimana masing-masing fraksi mengusulkan seorang sebagai anggota pemilihan.

“Pimpinan panitia pemilihan nantinya ditentukan melalui rapat anggota,"‎ katanya.

Jelas Aidi yang juga pernah menjabat Kepala Desa Kabun menambahkan, setelah panitia pemilihan terbentuk, selanjutnya panitia menetapkan jadwal waktu pemilihan Wabup, serta menyusun pedoman teknis untuk setiap tahapan penyelenggaraan pemilihan.

Lalu, ditahapan pemilihan sendiri ditetapkan panitia pemilihan (Pansel),‎ meliputi tahapan pendaftaran, verifikasi berkas, penyampaian visi dan misi, pemilihan atau pemungutan suara, dan diakhiri tahapan pengumuman‎ pemenang Wabup Rohul terpilih.

"Itu merupakan hasil konsultasi Pansus Tatib DPRD Rohul beberapa waktu lalu dengan pihak Mendagri," ungkap M. Aidi.

Kemudian, dari Informasi yang dirangkum, ke 4 Parpol pengusung pemenang Pilkada Rohul 2015 sejauh ini sudah menyiapkan calon Wabup masing-masing, seperti dari Partai Golkar‎ siapkan 2 nama yakni Sari‎ Antoni dan Masgaul Yunus.

Kemudian, dari Partai Gerindra menunjuk Syamsul Akmal, Partai NasDem siapkan 2 nama yaitu Teddy Mirza Dal dan Indra Gunawan. Sedangkan dari Partai Hanura juga telah menyiapkan satu nama, namun masih dirahasiakan ke publik. (Rhc)

 

Sumber : Rokanhulu.com