Home Agama & Sosial DI PONPES KHALID BIN WALID Bupati Canangkan Hari Santri

DI PONPES KHALID BIN WALID Bupati Canangkan Hari Santri

2,138

Bupati Kabupaten Rokan Hulu Drs H, Achmad Msi /internet

PASIR PENGARAIAN (HR)-Bupati Rokan Hulu Achmad mencanangkan Hari Santri Nasional, Kamis (22/10), di Pondok Pesantren Khalid Bin Walid, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.Acara tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Riau Tarmizi Tohor, Kakan Kemanag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan, Ketua TP-PKK Rohul, Maghdalisni Achmad, para kepala badan, dinas dan kantor, Camat Rambah ,serta ratusan orangtua santri Ponpes Khalid Bin Walid.

Kakanwil Kemenag Riau, Tarmizi Tohor dalam sambutannya menyampaikan, peneanangan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober bertujuan untuk mengkaji sejarah masa dulu. Saat itu terjadi peperangan Indonesia melawan Belanda yang dipimpin Kyai Hasyim Azhari dari NU. Perjuangan tersebut juga dibantu para santri. Selain latar bekakang perjuangan, pencanangan Hari Santri juga dikarenakan saat ini ponpes cukup berkembang di Indonesia termasuk Kabupaten Rohul.

Ditambahkan Tarmizi, pencanangan Hari Santri di Provinsi Riau hanya dilakukan di Kabupaten Rohul.

Sementara itu Bupati Rokan Hulu usai mencanangkan Hari Santri menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil Kemanag Riau yang menjadikan Rohul sebagai pusat pencanangan Hari Santri. Ini merupakan Komitmen Pemerintah Kabupaten Rohul yang peduli dengan pengembangan pondok pesantren.

"Perkembangan pondok pesantren di Negeri Seribu Suluk sudah kita buktikan dengan menjadi satu-satunya daerah pencanangan Hari Santri di Riau. Hari ini sebagai momentum bagi ponpes untuk menjadi lebih baik lagi dan semakin membumi di Kabupaten Rohul," kata Bupati. (adv/humas)

Sumber : HALUAN RIAU, 23 OKTOBER 2015