Home Kliping Ini Arti dan Makna Tugu Luhak Kepenuhan

Ini Arti dan Makna Tugu Luhak Kepenuhan

26,826
Ini Arti dan Makna Tugu Luhak Kepenuhan

Ini Arti dan Makna Tugu Luhak Kepenuhan

Ini Arti dan Makna Tugu Luhak Kepenuhan

RohulToday |Rabu, 04 Maret 2015 22:24:18 WIB

 

 

Rohultoday.com- Kecamatan Kepenuhan, berjuluk “Negeri Beradat”, adalah salah satu daerah yang masuk dalam 5 Luhak di Kabupaten Rokan Hulu. Julukan tersebut, memiliki arti dan makna tersendiri, apalagi julukan yang diberikan merupakan kesepakatan masyarakat, sebagai jati diri untuk menjadikan kepribadian yang tercermin.

 

Sebelumnya, Luhak Kepenuhan merupakan satuan dari 2 kecamatan, yakni Kecamatan Kepenuhan dan Kepenuhan Hulu. Luhak ini dimekarkan menjadi 2 kecamatan beberapa tahun lalu. Walau begitu, Kecamatan Kepenuhan Hulu, dalam kesepakatan dan keputusan lembaga adat, tetap masuk dalam Luhak Kepenuhan.

 

Julukan Negeri Beradat, ternyata memiliki arti dan makna tersendiri bagi masyarakat disana. Julukan ini juga memiliki kepanjangan beda dengan daerah lainnya, yakni “BERADAT“ adalah Bersih, Elok, Ramah, Agamis, Dinamis, Akademis, dan Terpimpin.

 

“Yang godang inok di sobuik namo dan yang sonik inok di sbuik gola ( besar tidak disebut gekar dan yang kecil tidak disebut nama, itu kata yang paling tepat saya sampaikan kepada semua pihak yang telah peduli, berupaya dan bekerja dalam menjadikan tugu luhak kepenuhan negeri BERADAT ini bisa di wujudkan sebagai simbul adat yang ada di Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT, ungkap bakhtiar AH datuk Bondaro Sakti, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Luhak Kepenuhan Negeri Beradat, Rabu (4/3/2015).

 

Lebih lanjut Dt. Bondari sakti mengungkapkan : Upaya ini bukan lah yang mudah di wujud bukuh pemikiran dan waktu dan upata yang baik sehingga tugu ini bisa berdiri tegak dan menjadi simbul dan kebanggaan masyarakat luhak kepenuhan, kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tinggi atas dedikasi dan kepedulian semua pihak atas berdirinya tugu ini, bukan hanya sebagai simbul tetapi juga memiliki makna, adapun makna dari tugu ini adalah :

 

Bundaran pada dasar Tugu melambangkan masyarakat Luhak kepenuhan (Saciok bak ayam sadonciang bak bosi) dan anak kemenakan Luhak Kepenuhan ( Olun di imbau olah datang, olun disu-uh olah po’i) suatu ikatan yang tak terpisahkan ( bahaso luhak kepenuhan sebagai bahaso Ibu, bahaso indonesia sebagai bahaso pemersatu dan adat dipogang pakai ).

 

Bangunan persegi panjang melambangkan tepak di atas bundaran, Tepak melambangkan adat, karena setiap di mulai dengan adat, maka tepak yang menjadi kunci utama.

 

Tiga batang tiang, melambangkan tiga buah tungku ( Tigo tunggu Sojorangan, Tali bopilin tigo) ini mengartikan adanya unsur Adat, Agama, Pemerintah. Saling menyokong dan menguatkan dalam mengelola tatanan kehidupan masyarakat Luhak Kepenuhan Ngeri BERADAT.

 

Tangga persegi empat yang terletak di atas tiga tiang/tungku togo sojorangan tali bopilin tigo melambangkan   tunggul adat  ( bendera ) suku nan sepuluh di Luhak Kepenuhan ( lambang kebesaran ). Yakni warna hitam melambangkan suku nan tujuh, warna kuning melambangkan suku nan tigo piak, warna putih melambangkan imam nan ampek , warna merah melambangkan dubalang nan ompek.

 

 Berbentuk buku yang terletak paling atas, melambangkan Al-Qur’an ( Adat Bersendikan Syara’,  Syara’ Bersendikan Kitabullah)  bahwa adat luhak kepenuhan besumber kepada Al-Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad SAW. Melambangkan bahwa Luhak Kepenuhan adalah masyarakat agamis yang beragama Islam.

 

Semoga mendatangkan mamfaat dan faedah bagi selutuh masyarakat luhak kepenuhan atau siapa saja yang dapat memaknai dari makna tugu Luhak Kepenuhan ini dengan baik, kami juga berharap kepada semua piihak dapat juga mensosialisasikan kepada elemen mana saja sehingga semua masyarakat yang melewati tugu yang terletak di tangah kota kota tengah ini dapat menimati akan keindahan nya, juga dapat memaknai dari setiap unsur bangunan yang ada pada tugu tersebut.***[ady]

- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Jadwal Sholat & Imsakiah 1441 H
Banner Waktu Sholat dan Imsakiyah 1441 H
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan