Home Negeri Beradat Era Perubahan Peran Ilmu Sastra Dalam Memajukan Kepenuhan

Peran Ilmu Sastra Dalam Memajukan Kepenuhan

559
Peran Ilmu Sastra Dalam Memajukan Kepenuhan

Peran Ilmu Sastra Dalam Memajukan Kepenuhan

Peran Ilmu Sastra Dalam Memajukan Kepenuhan

Oleh Nurlaila Annisa

            Semoga Allah yang Mahamulia senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita, sehingga kita bukan saja akan menjadi hamba yang mulia, tetapi juga diridhai-Nya. Shalawat dan salam teruntuk Baginda Nabi Muhammad saw. Beliaulah panutan kita yang paling hak di bumi ini.

            Sesungguhnya, Allah Swt telah menaburi ayat-ayat Al-Quran dengan aneka kisah dan cerita-cerita berhikmah. Hal itu, tak lain dan tak bukan, ialah agar kita mengambil ibrah atau pelajaran dari cerita-cerita itu. Tentu untuk kemuliaan pekerti dan kebaikan kita, karena, memang demikianlah semestinya. Bukankah agama (Islam) adalah akhlak mulia? Bukankah pula untuk kemuliaan akhlak itulah Baginda Rasul di utus ke dunia fana ini?

            Atas dasar itulah, bahwa Allah menyuruh umat-Nya untuk menuntut ilmu, mengkaji apa yang di muka bumi ini yang telah di ciptakan-Nya. Agar kita tidak salah dalam mengambil langkah kehidupan ini. Kita telah diberi Akal dan pikiran, maka tugas kita untuk mengaplikasikan pemberian tersebut dengan sebaik-baiknya.

            Oleh karena itu, saya menulis buah pikiran saya dalam tulisan ini menyumbang untuk masyarakat daerah kepenuhan khususnya, indonesia umumnya. Tulisan ini saya beri judul sesuai dengan konsentrasi ilmu perkuliahan yang saya ambil yaitu bidang Sastra, Budaya dan Komunikasi “Peran Ilmu Sastra, Budaya dan Komunikasi Dalam Memajukan Kepenuhan”. Karya sastra dapat berfungsi sebagai media katarsis. Aristoteles seorang filsuf dan ahli sastra menyatakan salah satu fungsi sastra adalah sebagai media katarsis atau pembersih jiwa bagi penulis maupun pembaca. Bagi pembaca, setelah membaca karya sastra perasaan dan pikiran terasa terbuka, karena telah mendapatkan hiburan dan ilmu (tontonan dan tuntunan). Begitu juga bagi penulis, setelah menghasilkan karya sastra, jiwanya mengalami pembersihan, lapang, terbuka, karena telah berhasil mengekspresikan semua yang membebani perasaan dan pikirannya.

Adapun pemanfaat secara ekspresif karya sastra sebagai media pendidikan karakter dapat ditempuh melalui jalan mengelola emosi, perasaan, semangat, pemikiran, ide, gagasan dan pandangan ke dalam bentuk kreativitas menulis karya sastra dan bermain drama, teater, atau film. Seseorang dibimbing mengelola emosi, perasaan, pendapat, ide, gagasan, dan pandangan untuk diinternalisasi dalam diri kemudian dituangkan ke dalam karya sastra. Emosi, perasaan, ketidakpuasan terhadap suatu sistem yang berlaku, rasa marah ingin berdemontrasi, dan sejenisnya terhadap sesuatu hal dapat diaktualisasikan dalam karya sastra, apakah puisi, drama, maupun prosa. Tentu saja dipilih media yang sesuai dan tepat untuk mengaktualisasikan “gejolak jiwa” (bisa puisi, teater drama, cerpen, atau novel).

Teater adalah salah satu bentuk kegiatan manusia yang secara sadar menggunakan tubuhnya sebagai unsur utama untuk menyatakan dirinya yang diwujudkan dalam suatu karya (seni pertunjukan) yang ditunjang dengan unsur gerak, suara, bunyi dan rupa yang dijalin dalam cerita pergulatan tentang kehidupan manusia. Sebagian besar daerah di Indonesia mempunyai kegiatan berteater yang tumbuh dan berkembang secara turun menurun. Kegiatan ini masih bertahan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang erat hubungannya dengan budaya agraris (bertani) yang tidak lepas dari unsur-unsur ritual kesuburan, siklus kehidupan maupun hiburan.   Misalnya: untuk memulai menanam padi harus diadakan upacara khusus untuk meminta bantuan leluhur agar padi yang ditanam subur, berkah dan terjaga dari berbagai gangguan. Juga ketika panen, sebagai ucapan terima kasih maka dilaksanakan upacara panen. Juga peringatan tingkat-tingkat hidup seseorang (kelahiran, khitanan, naik pangkat/ status dan kematian dll) selalu ditandai dengan peristiwa-peristiwa teater dengan penampilan berupa tarian, nyanyian maupun cerita, dengan acara, tata cara yang unik dan menarik.

Tujuan Teater adalah untuk membahagiakan sekaligus intruksi, memperoleh suatu pengetahuan, kesenangan, pengalaman, dan pengetahuan seni keindahan, untuk hiburan santai dan pengalaman mengenai estetika. Manfaat Teater adalah memupuk kerja sama yang baik dalam pergaulan sosial, memberikan kesempatan kepada publik untuk melahirkan daya kreasi masing-masing, mengembangkan emosi yang sehat, menghilangkan sifat malu, gugup, tegang, takut, mengembangkan apresiasi dan sikap yang baik, menghargai pendapat dan pikiran yang baik.

Kepenuhan adalah Negeri Beradat yang kaya akan adat istiadat, budaya dan kesenian lainnya. Semua kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kepenuhan bisa kita lihat dalam buku yang disusun oleh kanda Ismail Hamkaz dkk, yang mengulas detail tentang Luhak Kepenuhan, seperti permainan tradisional, makanan khas, perlombaan rutin, adat pesta pernikahan, seni budaya pencak silat, budaya menyambut bulan suci ramadhan, halal bi halal, idul fitri dan banyak lagi seni dan budaya yang telah dipraktekkan turun temurun oleh masyarakat kepenuhan. Namun, dalam hal ini beberapa tahun belakangan setiap kali saya pulang ke kampung tercinta Luhak Kepenuhan dan mengikuti berbagai acara adat dan budaya, beberapa miss teknis yang saya jumpai, misal orang yang dipilih sebagai pembawa acara, penari, dan pengisi acara lainnya selalu menampilkan orang yang sama. Sebaiknya kita lakukan regenerasi, agar tetap ada penerusnya.  

Saya menyimpulkan dari terjun kelapangan langsung yang saya lakukan bahwa disini kesadaran kita sebagai putra-putri Luhak Kepenuhan dalam memperhatikan hal sekecil itu bukan berarti tidak ada, hanya saja wadah dan penggerak yang belum tersedia. Padahal hal yang di anggap sepele itu adalah penentu sukses atau tidaknya suatu acara yang di adakan. Saya sangat yakin mungkin ide tersebut sudah ada dari dulu oleh  putra-putri Luhak Kepenuhan, tetapi penggeraknya yang belum ada. Selama ini hanya ada dalam pikiran saja tetapi belum direalisasikan. Beruntung saya di ijinkan menuntut ilmu di kota pelajar Yogyakarta kosentrasi bidang seni, budaya, sastra dan komunikasi. Ilmu-ilmu yang saya dapatkan tidak akan saya simpan untuk kemajuan diri sendiri, tetapi saya menawarkan kerja sama kepada pihak-pihak aktifis Luhak Kepenuhan untuk bersama kita memajukan kampung tercinta melalui Ilmu Sastra, Budaya dan Komunikasi. Uraian sekilas apa itu sastra telah dijelaskan di atas, dan mari kita aplikasikan untuk Luhak Kepenuhan.

Saya pribadi telah lama berniat dan menyimpan ide-ide kesusasteraan saya untuk kemajuan Luhak Kepenuhan, yang mana ketika saya menyelesaikan studi ini maka akan langsung saya praktekkan. Namun, mempraktekkan suatu ilmu tidak harus dengan menunggu dapatnya sebuah Gelar Sarjana. Saat ini saya akan mempraktekkan dengan berbagi ilmu melalui tulisan, dan ketika saya pulang ke kampung tercinta, mulai hal kecil akan saya lakukan. Alhamdulillah pada tahun 2013 lalu saya telah mengumpulkan putra-putri kepenuhan hampir berjumlah 50 orang untuk bergabung dalam sebuah komunitas Teater yang kami namai Teater Awak Kepenuhan. Telah mengisi acara Halal Bi Halal dan malam takbir waktu itu. Meskipun belum sempurna masih terdapat kesalahan disana-sini, tetapi semangat adek-adek dan kawan-kawan sangat luar biasa. Mereka sangat antusias saya ajak untuk menampilkan sebuah teater meski berawal dari hal yang sederhana tetapi kita sudah membuktikan mampu untuk berkarya.

Atas dasar semangat yang telah dimiliki oleh kawan-kawan tersebutlah saya ingin menyampaikan hal ini kepada aktifis, penggerak, serta generasi penerus sekaligus pelurus Luhak Kepenuhan untuk kemajuan mengharumkan nama baik daerah kita tercinta. Harapan saya mari kita tuangkan ide-ide cemerlang kita untuk Luhak Kepenuhan dalam tulisan salah satu bentuk karya sastra, dan kita akan terhubung melalui bacaan yang akan kita pahami kemudian kita realisasikan bersama. Dan ketika kita berdekatan mari kita membahas tulisan ini face to face. Bukti bahwa putra-putri Luhak Kepenuhan adalah insan yang intelektual, berdiskusi untuk melakukan pergerakan.

Pertama, ide yang saya sumbangkan adalah membuat mading (majalah dinding) berupa papan pengumuman, tidak hanya disekolah saja, tetapi bagaimana jika disetiap RW ada minimal 1 mading. Tujuannya adalah mulai mengajak masyarakat rajin membaca, setiap informasi bisa di pajang di mading tersebut; informasi kegiatan kecamatan, kelurahan, berita terkini, perlombaan, dll. Manfaat dari mading ini juga mempermudah suatu instansi untuk memberi informasi kepada masyarakat. Sedangkan manfaatnya untuk generasi penerus adalah, memacu minat dan bakat menulis; seperti menulis puisi tentang Luhak Kepenuhan, pantun, dll. Karena, semua informasi serta tulisan apa saja yang bermanfaat boleh dipajang di mading tersebut. Sehingga, anak-anak generasi penerus Luhak Kepenuhan akan disibukkan dengan kegiatan yang positif memajukan Luhak Kepenuhan, dan jauh dari kegiatan negatif.  Kemudian jika masyarakat telah terbiasa dengan bacaan-bacaan berupa info yang dipajang di mading, saya kira akan mudah untuk mulai mengajak masyarakat untuk cerdas bersama dengan rajin membaca buku yang dilanjutkan dengan langkah berikutnya, membangun rumah baca mini.

Kedua, ide yang saya sumbangkan adalah mengenai miss teknis pengisi acara yang telah saya ulas di atas tersebut, perlunya sebuah komunitas sanggar teater, yang didalamnya mencakup belajar mengajar tentang kesenian, pembawa acara, tarian daerah, teatrikal drama, puisi, pantun, dll yang berhubungan dengan Luhak Kepenuhan. Komunitas ini salah satu langkah awal mewujudkannya, karena merupakan wadah yang terorganisir dengan baik untuk mengasah dan berbagi ilmu untuk pengembangan bakat yang bisa di aplikasikan langsung untuk Luhak Kepenuhan. Contoh sederhana melalui wadah Teater menjadi mudah untuk mencari pengisi acara yang telah dilatih seperti Master Ceremony, Penari, dll. Dan jika hal ini bisa kita jalankan dengan kerja sama yang baik, maka mampu untuk kita bersaing diluar daerah mengikuti perlombaan tentang kesenian dan kebudayaan. Demikian korelasi disiplin ilmu satra, budaya, dan komunikasi yang saya sinkronkan untuk Luhak Kepenuhan.

            Saya yakin bahwa kawan-kawan yang mahasiswa maupun bukan mahasiswa mempunyai jiwa seni yang tinggi, oleh karena itu mari kita bekerja sama membagikan ilmu tersebut kepada generasi kita agar ada kegiatan positif yang dilakukan oleh generasi kita dan bisa mengukir prestasi yang membanggakan keluarga, daerah bahkan negara ini. Ilmu-ilmu yang kita punya mari kita tuangkan dalam bentuk komunitas yang bertujuan semata-mata hanya untuk memajukan Luhak Kepenuhan tercinta tanpa pamrih. Harapan kepada kawan-kawan yang memiliki ilmu tentang kesenian daerah, tentang kebudayaan, mari bersama-sama kita memberi ilmu tersebut kepada generasi kita menjadi relawan sebagai pengajar kepada generasi kita. Tidak penting latar belakang pendidikan, yang terpenting mempunyai ide dan buah pokok pikiran. Berperanlah dengan sebaik-baiknya peran.

            Sekian tulisan saya ini, harapan semoga bisa bekerja sama dengan semua pihak untuk kemajuan Luhak Kepenuhan. Jika ada kesalahan dalam penulisan ini, saya mohon dimaafkan tidak ada menyudutkan pihak mana pun, tetapi mencoba berdiskusi melalui tulisan. Semangat untuk kita semua, tumbuh kembangkan jiwa seni kita untuk hal yang positif. Semoga tulisan ini bisa mudah dipahami dan membawa manfaat untuk kita semua. Amin..

Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

curikulum vite :

Nama                           : Nurlaila Annisa

Tempat/Tgl Lahir        : Kota Tengah, 06-10-1991

Alamat                        : Kota Tengah RT 003, RW 001  Kepenuhan, Rokan Hulu, Riau.

Pekerjaan                     : Mahasiswa

Universitas                  : Ahmad Dahlan University of Yogyakarta

Fakultas                       : Sastra, Budaya dan Komunikasi

Prodi                           : Sastra Inggris (S1)

Fokus                          : Pengkajian Amerika

Alamat  Yogyakarta    : Jl.Lowanu Gang Dahlia Kos Kusuma. Mergangsan, DIY.

No Handphone           : XL 085924597909, Telkomsel 081325989548

Agama                         : Islam

Alamat Email              : nurlaila.annisa@ymail.com

Facebook                     : Annisa Kota Tengah

Path                             : Cikcha Koteng

Pin BBM                     : 5525AA63

Line                             : Cikcha91

 

 

Riwayat Pendidikan   :

1.  TK                                      : Wanita Darma Tj.Padang                  1997   Lulus Tahun 1998

2. SD                                       : SDN 001 Kota Tengah                     1998   Lulus Tahun 2004

3. SMP                                    : MTs PP Darul Ulum Kota Tengah    2004   Lulus Tahun 2007

4. SMA                                   : SMAN 1 Kepenuhan                         2007   Lulus Tahun 2010

5. PERGURUAN TINGGI    : Ahmad Dahlan University                 2010  – Sekarang

 

Riwayat Organisasi

1. SMP                                    :           - Ketua OSIS Mts PP Darul Ulum Kota Tengah

                                                            - Pramuka

2. SMA                                   :           - Ketua OSIS SMAN 1 Kepenuhan

                                                            - Pramuka

3. PERGURUAN TINGGI    :           - Badan Eksekutif Mahasiswa UAD Divisi Minat dan Bakat

- Aktifis, Serikat Mahasiswa Indonesia Komisariat Yogyakarta

- Ketua Umum Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta  Komisariat Rokan Hulu periode 2013/2014

 - Ketua Divisi Seni, Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta pusat periode 2012-2013

 - Anggota, Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah se-Indonesia-Yogyakarta, aktif 2013 - 2014

  - Bendahara Kongres-V IKPMDI Yogyakarta 2013

  - Teater 42 Ahmad Dahlan

- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Jadwal Sholat & Imsakiah 1441 H
Banner Waktu Sholat dan Imsakiyah 1441 H
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan