Home Desa Kepayang Safari Ramadhan, Masyarakat Kepayang Kepenuhan Hulu Minta Pemkab Realisasikan Pembangunan Infrastruk

Safari Ramadhan, Masyarakat Kepayang Kepenuhan Hulu Minta Pemkab Realisasikan Pembangunan Infrastruk

196
Safari Ramadhan, Masyarakat Kepayang Kepenuhan Hulu Minta Pemkab Realisasikan Pembangunan Infrastruk

Safari Ramadhan, Masyarakat Kepayang Kepenuhan Hulu Minta Pemkab Realisasikan Pembangunan Infrastruktur Jalan

01 Juni 2018

Kepenuhan Hulu (Rokanhulu.com) – Dalam lanjutan Safari Ramadhan tingkat Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Di Mesjid Al-Ikhlas, Dusun I Desa Kepayang, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Rabu (30/5/2018) malam. Masyarakat berharap dari kunjungan tersebut, dapat meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan dan Perpanjangan HGU PT PSA dapat berkontribusi untuk masyarakat.

Dalam acara Safari Ramadhan itu turut juga dihadiri Asisten II Setda Rohul Ir M. Ruslan M.Si, Kepala OPD Rohul, Kepala Dinas Kominfo Rohul Gorneng S.Sos M.Si, Kabid PIKP Diskominfo Rohul Juneidi S.Ip M.Si, Camat Kepenuhan Junizar S.Sos, Plt Kades Kepayang Darwis S.Ikom, Tokoh masyarakat, tokoh agama dan ratusan masyarakat Kepenuhan Hulu.

Pada kesempatan itu, Tokoh masyarakat Kepenuhan Hulu Alwi Dahlan dalam sambutannya mengatakan ada dua poin urgen yang diharapkannya kepada Pemkab Rohul merealiasikannya, antara lain terkait permasalahan infrastruktur dan perpanjangan HGU PT Panca Surya Agrindo (PT PSA) yang akan berakhir pada tahun 2020.

“Harapan kami kepada Pemkab Rohul untuk membangun infrastruktur jalan, akses jalan dari Desa Kepayang ke Kecamatan yang sulit dilalui kendaraan kondisinya kini sangat memprihatinkan, di saat musim banjir tiba tidak bisa dilewati kendraan, karena ada satu titik agak berat dilalui,” kata Alwi Dahlan

Terkait permasalahan perpanjangan HGU PT PSA yang akan berakhir tahun 2020, masyarakat Kepenuhan Hulu berharap Pemkab Rohul untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang, setiap perusahaan yang berada dilingkungan masyarakat wajib memberikam kontribusi kepada masyarakat, karena lahan yang dijadikan perkebunan masuk dalam wilayah Kepenuhan Hulu.

“Kami berharap kepada Pemkab Rohul bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk anak cucu kita dimasa yang akan datang, luas HGU PT PSA ini diperkirakan 4-5 ribu hektar, kami berharap kepada Pemkab untuk memperjuangkan nasib masyarakat kami sekitar 400 KK, masyarakat dan Perusahaan pernah menjajaki dengan pola kemitraan yang saat ini masih dalam proses,” harap Alwi Dahlan

Sementara itu, Asisten II Setda Rohul Ir M. Ruslan M.Si dalam sambutanya mengatakan, tujuan dilaksananya Safari Ramadhan Pemkab Rohul selain sebagai ajang silaturrahmi juga menyerap aspirasi masyarakat dan melihat langsung kondisi pembangunan di  Desa.

“Melalui Safari Ramadhan ini kita juga bisa melihat kondisi pembangunan di desa, seperti yng disampaikan tokoh masyarakat tadi, mengharapkan pembangunan infrastruktur jalan, karena ada satu titik yang mengakibatkan rawan banjir, saya menghimbau kepada Dinas PUPR Rohul untuk membangun dan mengaspal jalan tersebut, aspirasi masyarakat ini juga akan kami sampaikan ke Bupati,” kata Ruslan

Terkait dengan berakhirnya HGU PT PSA, Ruslan berharap kepada masyarakat untuk berembuk dengan pihak perusahaan, jika ada kesepakatan atau MoU dengan Pihak perusahaan, agar melaporkan ke pihak Desa dan Kecamatan. Diakui Ruslan, beberapa minggu yang lalu Pemkab melalui Bagian Tapem dan Adwil juga sudah melakukan rapat terkait berakhirnya HGU PT PSA.

“Tentang bagaimana masyarakat bisa mendapat kebun, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun tentang Perkebunan, bahwa perusahaan perkebunan wajib memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat paling rendah seluas 20 persen, dari total luas areal kebun yang diusahakan perusahaan perkebunan. Memang ada 20 persen dari HGU untuk masyarakat, tapi kita juga akan menurunkan BPN ke Kecamatan Kepenuhan Hulu untuk mengukurnya,” kata Ruslan

Ruslan menambahkan, menyampaikan pesan Bupati Rohul H. Sukiman memberikan penekanan kepada aparat Pemerintah Desa dan Kecamatan dalam melayani masyarakat dengan sepenuh hati tanpa ada memungut biaya kepada masyarakat, karena ada beberapa oknum yang mengurus SKT meminta sejumlah uang.

“Pesan Bupati berharap kepada Pemerintah Desa dan Kecamatan tidak memungut biaya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, ini ada beberapa oknum yang memungut biaya. Terkait pembangunan di Kepenuhan Hulu ini, saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengontrolnya, jika ada proyek yang tidak sesuai dengan besteknya, laporkan ke Camat,” kata Ruslan

Bantuan Pemkab Rohul untuk Mesjid Al-Ikhlas sebanyak 30 buah Al-Quran, Sementara pendistribusian Zakat dari Baznas Rohul seperti Zakat Konsumtif untuk 10 orang per 5 Desa sebesar Rp 25 juta, Bantuan 1 Unit Rumah Sehat Layak Huni Rp 40 juta dan santunan anak yatim untuk 20 orang se Kecamatan Rp 5 juta. (Hen/Rhc)

 

Sumber : Rokanhulu.com

- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Jadwal Sholat & Imsakiah 1441 H
Banner Waktu Sholat dan Imsakiyah 1441 H
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan