Home Serba Serbi Ramadhan 1436 H di luhak Kepenuhan Tradisi Perlimauan Adat Luhak Kepenuhan Berjalan Hikmat

Tradisi Perlimauan Adat Luhak Kepenuhan Berjalan Hikmat

20,729
Tradisi Perlimauan Adat Luhak Kepenuhan Berjalan Hikmat

Acara perlimauan Adat Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT 1436 H di Balai adat Luhak Kepenuhan

Tradisi Perlimauan Adat Luhak Kepenuhan Berjalan Hikmat

Mawardi Surbakti , RohulToday |Selasa, 16 Juni 2015 20:05:45 WIB
 

Rohultoday.com- Sudah menjadi tradisi turun temurun di Luhak Kepenuhan, mengadakan Perlimauan Adat luhak Kepenuhan negeri BERADAT setiap tahunnya. Pada tahun ini diadakaan pada, Selasa (16/6/2015).

Tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu sampai sekarang ini dilaksanakan setiap penyambutan Bulan Suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri setiap tahunnya, Lembaga kerapatan Adat luhak Kepenuhan, yang sudah menjadi dua kecamatan sekarang ini yaitu Kecamatan Kepenuhan dan Kecamatan Hulu. Tradisi ini diberi nama perlimauan Adat Luhak Kepenuhan.

 

Tahun ini, penyelenggaran acara perlimauan dipusatkan di balai Adat luhak Kepenuhan Negeri BERADAT, di Gelugur Kota Tengah Kelurahan Kepenuhan Tengah Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Riau. Dimulai pukul 14.30 WIB siang.

 

Tradisi itu dihadiri oleh pucuk Suku Nansepuluh ( Suku Bangsawan, Suku Anak Ajo-ajo, Suku Nan Soatuih, Suku Melayu, Suku Kanang Kopuh, Suku Moniliang, Suku Pungkuik, Suku Mais, Suku Kuti dan Suku Ampu ), Tungkek suku, induk, mato-mato buah poik, bundo kandong, tokoh pemerintahan, tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, danramil (panglima alam)kapolsek kepenuhan (sutan botuah) undangan dan anak Kemenakan se Luhak kepenuhan.

 

Menurut Ketua panitia, Umar Usman dengan gelar adat sutio mudo mengucapakan terima kasih kepada anak kemenakan dan kaum famili yang telah dapat hadir pada acara yang telah dilaksanakan setiap tahunnya .

 

 “Semoga dengan pelaksanaan acara perlimauan ini dapat menyejukkan hati dan pikiran serta kebersihan hati dan jiwa raga, sehingga dalam pelaksaaan puasa ramadhan ini betuk-betul terlaksanaka sesuai degan apa yang telah di sunnah oleh Rasulullha SAW,” kata Datuk Bondaro Sakti.

 

"Adat Bersendikan Syarak dan Syarak Bersendikan kitabullah, semoga dapat berjalan dengan baik dan dinamis untuk kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat nantinya, dan yang lebih terpenting lagi dalam agenda perlimauan ini selalu menjadikan adat untuk di pogang Pakai ( Pedoman ) iduik di kanong Adat dan Mati di Kanong Tanah, untuk mewujudkan itu di perlukan satu visi dan misa serta kesadaran akan tanggungjawab dalam melaksanakan amanah yang telah diemban,” ujarnya.

 

Ditempat yang sama, Camat Kepenuhan, Recko Roeandra, S.STP dengan gelar datuk mangku bumi mengatakan Perlimauan bersama adalah tradisi turun temurun yg harus dipertahankan dan di budayakan bahkan acara ini juga bisa menjadi potensi wisata.

 

“Hari ini, seluruh masyarakat Luhak Kepenuhan dengan niat yg baik membersihkan diri untuk menjalankan ibadah dibulan ramadhan. Suasana kekeluargaan dan kekompakkan yg kita rasakan hari ini hendaknya tercipta juga dalam kehidupan sosial masyarakat dikecamatan Kepenuhan,” ajak Camat Kepenuhan Recko Roeandra.

 

 Alfa Syahputra selaku anak komonakan berharap Semoga Acara tradisi Balimau yang secara turun temurun dilaksanakan warga kepenuhan dapat memacu semangat baru bagi warga generasi muda pada masa-masa yang akan datang.

 

“Kita berharap bahwa bukan saja pada tingkat pucuk dan tungkek saja menjadi kokoh, namun sampai pada tingkat paling bawah pun serta anak kemenakan dapat memberikan dan melaksankan adat ini sebagai jati diri serta kebanggaan akan adat yang telah turun temurun ini," kata Alfa Syahputra.***[Alfa]