Home Inspiratif & Inovatif BJ Habibie dan Pesawat Kertas (Bagian 1)

BJ Habibie dan Pesawat Kertas (Bagian 1)

88
BJ Habibie dan Pesawat Kertas (Bagian 1)

Foto sampul depan Harian Republika edisi wafat dan hari jadi mendiang BJ Habibie (FOTO : Kolase Foto Yogi Ardhi )

 

Kamis 12 Sep 2019 10:48 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyusul meninggalnya Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie lini masa media sosial diramaikan oleh berbagai jenis foto almarhum. 

Berbagai format pun dibuat mulai dari foto saja, kolase foto hingga video. Dari sekian foto BJ Habibie foto mendiang saat memegang pesawat kertas cukup banyak ditemukan. Dan tampak lain sendiri dengan pose-pose foto Habibie lainnya. 

Pose foto Habibie dan pesawat kertas ini pun bisa ditemukan dalam format video, drawing, sketsa hingga gaya kartun. 

Foto tersebut merupakan karya fotografer Republika Edwin Dwi Putranto. Pemotretan dilakukan dalam rangka liputan khusus edisi hari jadi ke-80 mendiang Habibie. 

Berikut adalah kisah dibalik foto Habibie dan pesawat kertasnya. 

***

Pertengahan 2016, Redaksi Republika berencana untuk membuat edisi khusus mengenai perjalanan 80 tahun BJ Habibie. Tampilan muka dan halaman dalam, rencananya akan menampilkan sosok Presiden ketiga Indonesia tersebut secara detail.

Konsep edisi khusus pun dibahas oleh para awak Redaksi Republika. Tak lupa, jadwal wawancara tatap muka langsung dengan salah satu pencetus berdirinya koran Republika itu di agendakan.

Proses wawancara sempat tertunda beberapakali karena faktor kesehatan pak Habibie. Akhirnya jadwal wawancara disepakati pada Selasa (19/6/2016) di Patra Kuningan, Jakarta, tempat kediaman Habibie.

Sebelum proses wawancara dilangsungkan, fotografer Republika Edwin Dwi Putranto dan Kepala Desain dan Layout Republika Kumara Dewatasari untuk mencari ide. "Ide apa yang bisa kita tampilkan sebagai foto cover edisi khusus Habibie tersebut" ujar Edwin. (bersambung) 

 

 

Sumber : Republika