Home Gubernur dan Wakil Gubernur Riau HUT KE-236 : Gubri Syamsuar Apresiasi Kemajuan Pekanbaru

HUT KE-236 : Gubri Syamsuar Apresiasi Kemajuan Pekanbaru

9
HUT KE-236 :   Gubri Syamsuar Apresiasi Kemajuan Pekanbaru

NYANYI: Dari kiri: Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Gubernur Riau H Syamsuar, Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani SIP, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama ST, T Azwendi Fajri SE, serta Ir Nofrizal MM menyanyikan lagu Indonesia Raya saat sidang paripurna istimewa HUT ke-236 Kota Pekanbaru, Selasa (23/6/2020). (MHD AKHWAN/RIAU POS)

 

 Rabu, 24 Juni 2020 - 10:55 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar hadir dalam rapat paripurna DPRD Kota Pekanbaru sempena hari jadi ke-236 Kota Pekanbaru yang bertema Smart City Madani di Kantor DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (23/6).

Orang nomor satu di Riau ini mengapresiasi kemajuan dan perkembangan Kota Pekanbaru, dari tahun ke tahun sejak di bawah kepemimpinan Wali Kota Dr H Firdaus MT dan Wakil Wali Kota H Ayat Cahyadi SSi.

Gubri mengatakan, perkembangan Kota Pekanbaru saat ini begitu pesat, bahkan sudah banyak dilirik oleh investor dari dalam dan luar negeri. Alhasil, Pekanbaru pun kini menjelma sebagai kota tujuan investasi terbaik di seluruh Indonesia.

Rapat paripurna istimewa ini dipimpin Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS SIp, didampingi tiga Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru yakni Ginda Burnama ST, Tengku Azwendi Fajri SE, dan Ir Nofrizal MM. Di ruang rapat kemarin sempat ditayangkan sejarah singkat lahirnya Kota Pekanbaru dan profil singkat wali kota dan wakil wali kota serta ketua DPRD Kota Pekanbaru yang pertama hingga saat ini.

Selain itu, juga ditayangkan tips-tips menghadapi wabah corona dan penanganannya. “Kota Pekanbaru berkembang menjadi sentra ekonomi nasional saat ini. Ini ditandai dengan tingkat urbanisasi yang tinggi. Sebagai kota perdagangan dan jasa, Pekanbaru setiap tahun nampak perkembangannya,” ungkap Syamsuar, Selasa (23/6).

Rapat paripurna istimewa ini juga dihadiri Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT, Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi, Sekdako M Noer, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya, Dandim 0301/Pekanbaru Letkol Inf Edi Budiman, Kejari Pekanbaru Andi Suharlis, perwakilan LAMR Pekanbaru, perwakilan Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, perwakilan anggota DPRD Riau, serta unsur forkopimda lainnya.

Lebih lanjut, Syamsuar mengatakan, karena Pekanbaru menjadi tujuan investasi  makanya kini sedang dibangun jalan tol di beberapa titik. Tentunya pembangunan ini, selaras dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional). “Nanti ada jalan tol dari Pekanbaru- Kampar-Sumbar, Pekanbaru-Rengat, serta dari Rengat-Jambi. Tentu ini mempermudah para investor. Kami dari pemerintah provinsi bangga,” sebutnya.

Dalam sambutan tersebut, Syamsuar juga menyinggung soal penanganan dan pengendalian Covid-19 yang sukses dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pekanbaru. Bahkan secara nasional, penanganan Covid-19 di Pekanbaru merupakan yang terbaik.

“Saat ini, kita mendukung program PHB (perilaku hidup baru) yang diterapkan pemko untuk mengajak masyarakat menjalani hidup sehat. Jangan sampai gelombang kedua lebih parah dari gelombang pertama. Mari kita sama-sama berdoa agar wabah corona benar-benar selesai,” pintanya.

Gubernur Riau juga mendukung kebijakan yang sudah digariskan wali kota, yang tentunya untuk kesejahteraan masyarakat banyak. “Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, kami mengucapkan selamat HUT Kota Pekanbaru. Semoga masyarakat sejahtera. Selamat juga atas prestasi penanganan Covid-19 dari kementerian. Mudah-mudahan Covid-19 tak bertambah di Pekanbaru, dan Riau secara keseluruhan,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT tampak sumringah atas suksesnya pelaksanaan sidang paripurna istimewa kemarin. Meski kini dihadapkan pada persoalan Covid-19,  rasa syukur disampaikan kepada seluruh jajarannya, serta lapisan masyarakat  Pekanbaru.

“Terima kasih kepada Gubernur Riau. Semoga Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau dapat bersinergi dalam pembangunan, termasuk dengan pusat. Apalagi keberhasilan yang diraih sampai saat ini berkat dukungan semua pihak yang meliputi umaro, ulama dan umat,” kata Firdaus, kemarin.

Mengenai dukungan dan apresiasi yang disampaikan Gubernur Riau terhadap perkembangan Kota Pekanbaru, tentu menjadi motivasi bagi Pemko Pekanbaru untuk terus berbenah, bersinergi dalam mewujudkan apa yang sudah dicita-citakan.

Lebih lanjut sang visioner ini mengatakan, dirinya bukan Superman (manusia super) seperti yang diperankan dalam film. Dalam konteks usaha perorangan ataupun dalam membangun negeri akan mampu mendapatkan hasil dari apa yang direncanakan berbagai kalangan, yang kuat dan saling bersinergi.

Untuk umara di daerah adalah eksekutif dan legislatif (Pemko dan DPRD). Ini merupakan satu badan namun dua kepala. Dan ini mestilah kompak juga harus mampu bekerja sama dengan para ulama. Lalu ulama juga ikut berpartisipasi dalam membangun begitu juga umat.

Firdaus juga menyinggung soal revisi RPJMD yang terjadi pro-kontra di internal DPRD Kota Pekanbaru. Ditegaskannya, tidak ada masalah tapi hanya ada proses administrasi yang mesti diteliti dan diperbaiki. “Sebagaimana juga disampaikan oleh Pak Gubernur Riau, sesungguhnya RPJMD tidak ada masalah,” tegasnya.

Untuk RPJMD di daerah mesti bersinergi, tidak hanya Pekanbaru, tapi juga bersinergi dengan Provinsi Riau juga dengan pusat, bahkan dengan Kabupaten Kampar dan Pelalawan. Jadi potensi yang ada di kawasan Metropolitan Pekanbaru, diibaratkan satu batang lidi dengan sapu.

“Kalau Pekanbaru saja, tidak akan bisa sukses untuk membangun. Tapi bila didukung oleh Pemda Siak, Kampar dan Pelalawan serta didukung oleh Gubernur Riau ini diibaratkan sapu, maka jangan kan satu helai daun, onggokan batu saja bisa disingkirkan. Inilah proses pembangunan metropolitan Pekansikawan dalam RPJMD,” terangnya.

Dalam sambutannya juga Wali Kota Pekanbaru ini juga menyampaikan, bahwa ada sejumlah kegiatan saat ini yang tidak bisa dicapai karena Covid-19. “Maka itulah gunanya dilakukan revisi RPJMD. Ini untuk menyelaraskan dan untuk menyesuaikan perencanaan di kota, provinsi dan pusat serta kondisi hari ini,’’ ujarnya.

Sinergi Pemko dengan DPRD Pekanbaru
Sementara itu, Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani SIP juga mengakui, bahwa di masa kepemimpinan Firdaus-Ayat saat ini, perkembangan Kota Pekanbaru sangat maju. Penataan kotanya juga sangat baik. Hal ini tentunya sangat dirasakan oleh masyarakat Pekanbaru.

Politisi PKS ini berharap, di sisa masa jabatan mereka, Kota Pekanbaru akan lebih maju lagi, dengan harapan visi dan misi yang belum terselesaikan dapat diselesaikan sampai akhir masa jabatannya.

Kemudian Hamdani juga mengharapkan, sinergitas antara eksekutif dan legislatif dapat lebih baik lagi sehingga pembangunan yang diharapkan masyarakat Pekanbaru dapat terwujudkan seperti yang dicita-citakan.

Pengamanan Ketat dan Pameran Foto
Perayaan HUT ke-236 Kota Pekanbaru di gedung DPRD Pekanbaru berlangsung sukses. Meski dilaksanakan secara sederhana, namun terkesan mewah dan tetap memberlakukan protokol kesehatan. Sekretariat DPRD Kota Pekanbaru, bekerja sama dengan pihak kepolisian, Satpol PP memperketat pengamanan dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Alhamdulillah sukses sampai selesai tanpa ada halangan. Terima kasih kepada semua pihak, terutama Pak Gubernur Riau, Pak Wali Kota serta unsur forkopimda lainnya. Terima kasih juga kepada semua panitia yang terlibat,” sebut Plt Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru Badria Rikasari MSi, kemarin.

Meski dalam suasana new normal, pelaksanaan sidang  paripurna dapat dilaksanakan dengan khitmad. Apalagi mengusung konsep Melayu modern sehingga terlihat suasananya berbeda. Pajangan papan bunga sudah terlihat menghiasi Jalan Sudirman menuju pintu masuk DPRD Kota Pekanbaru. Di pintu masuk itu dibuat gapura yang dihiasi bunga-bunga menunjukkan kesan asri.

Bahkan semua undangan yang masuk gedung, wajib difoto dengan latar belakang tulisan HUT ke-236 Kota Pekanbaru serta dicek suhu tubuh dan memakai masker sebelum masuk ke ruangan acara. Di dalam gedung, panitia acara juga memajang foto Pekanbaru dari masa ke masa, dipajang juga foto wali kota pertama hingga wali kota saat ini. Ini dimaksud menjadi daya tarik bagi tamu-tamu undangan untuk mengingat-ingat Pekanbaru tempo dulu.(adv/gus)

 

Sumber : RIAUPOS.CO

 

- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Jadwal Sholat & Imsakiah 1441 H
Banner Waktu Sholat dan Imsakiyah 1441 H
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan