Home Bumi Melayu ISPU Tunjukkan Kualitas Udara di Pekanbaru Kategori Sedang, Sekolah Belum Diliburkan

ISPU Tunjukkan Kualitas Udara di Pekanbaru Kategori Sedang, Sekolah Belum Diliburkan

64
ISPU Tunjukkan Kualitas Udara di Pekanbaru Kategori Sedang, Sekolah Belum Diliburkan

Alat ISPU di jalan Sudirman menunjukkan kualitas udara dalam level sedang.

 

Selasa, 06 Agustus 2019 10:20 WIB

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Alat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di depan kantor walikota Pekanbaru di jalan Sudirman sudah berfungsi lagi. Hari ini alat tersebut menunjukkan kualitas udara di ibukota provinsi Riau dalam kategori sedang.

Sejak beberapa hari belakangan Pekanbaru diselimuti kabut asap. Asap akibat kebakaran hutan dan lahan itu merupakan kiriman dari kabupaten tetangga. Seperi Pelalawan. Bahkan juga kiriman dari Indragiri Hilir.

Akikat kabut asap tak sedikit masyarakat terpapar penyakit ISPA, flu, batuk dan iritasi mata.

“Kabut asap masih parah, makanya kami gunakan masker saat keluar,” kata Yanti warga Pekanbaru, Selasa (6/8/2019).

Meski Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menetapkan status siaga darurat asap, namun hingga saat ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru belum meliburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) Pekanbaru terkait level aman udara. Nah saat ini, level udara di Pekanbaru masih tergolong sedang dan belum terlalu membahayakan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal.

Meski demikian, lanjut Abdul Jamal, pihaknya telah menginstruksikan sekolah-sekolah untuk mengimbau siswa-siswinya menggunakan masker.

“Sesuai imbauan Walikota Pekanbaru, kita minta para guru mengingatkan siswa supaya tidak beraktivitas di luar ruangan. Kita juga mengimbau supaya siswa dibekali masker,” ujarnya.

 

Sumber : CAKAPLAH