Home Olahraga & Kesehatan Kendalikan Gula Darah Anda dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Kendalikan Gula Darah Anda dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

92
Kendalikan Gula Darah Anda dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

25 Nov 2018, 16:00 WIB

Gula darah harus dikontrol. Selain menakar gula, Anda bisa mengonsumsi jenis-jenis makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Mengontrol makanan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan penderita diabetes. Dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi, Anda berarti sedang mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa makanan bisa membantu kadar gula darah Anda dalam taraf aman.

“Diabetes adalah kondisi ketika kadar gula darah atau glukosa Anda lebih tinggi dari biasanya. Ini dapat disebabkan oleh makanan berjenis karbohidrat seperti roti, sereal, nasi, pasta, serta buah-buahan manis, susu, dan makanan penutup," kata Maggie Powers, PhD, presiden dari Health Care and Education at the American Diabetes Association

Selain mengontrol gula darah, memilih makanan dengan baik penting bagi penderita diabetes karena bisa mencegah rasa lapar berlebihan dan merasa kenyang lebih lama. Power menyebut, diet Anda harus berfokus pada jumlah dan jenis karbohidrat yang Anda masukkan ke piring Anda. Akan tetapi, penting juga makanan itu tetap enak dan dapat Anda nikmati. Jangan sampai, makanan itu justru menjadi musuh Anda, dan ada perasaan terpaksa saat memakannya.

"Secara keseluruhan, rencana makan Anda seharusnya tidak membosankan. Ini harus mencakup makanan yang Anda sukai dengan keseimbangan karbohidrat," ungkap Powers.

Berikut adalah enam makanan yang dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda, membuat Anda bahagia dan sehat untuk melakukan aktivitas.

1. Sayuran mentah atau dimasak

Perpaduan makan sayur mentah dan dimasak bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah. Lagipula, sayur bisa menambah rasa, warna, dan tekstur makanan Anda. Kuncinya adalah memilih sayuran yang lezat dan rendah karbohidrat. Anda bisa memakan jamur, bawang, terung, tomat, kubis, dan labu rendah karbohidrat seperti zucchini.

2. Melon atau buah berry

Bagi Anda yang ingin mengontrol gula darah, konsumsilah buah melon atau berry. Ternyata, satu cangkir buah tersebut hanya mengandung 15 gram karbohidrat. Ini sangat baik bagi penderita diabetes. Untuk sentuhan yang berbeda, tidak ada salahnya mencampur melon atau buah berry dengan yogurt.

3. Makanan penuh serat

Penuhi kebutuhan serat Anda untuk menjaga agar Anda tidak makan berlebihan atau memilih makanan yang salah. Konsumsilah kacang-kacangan seperti kacang kering, kacang polong, dan kacang lentil. Anda bahkan dapat menikmati kacang hitam dan jagung beserta sayuran mentah Anda. "Makanan jenis ini masih memiliki karbohidrat, tetapi mereka memiliki rasa yang menarik yang membantu Anda tetap kenyang," kata Powers.

4. Sedikit lemak

Tidak ada salahnya sedikit mengonsumsi makanan mengandung lemak. Namun, pilihlah lemak sehat, di antaranya minyak zaitun, alpukat, dan ikan salmon.

5. Protein

Untuk mendapatkan protein yang baik, Powers merekomendasikan yogurt, keju, telur, dan daging tanpa lemak. Anda juga dapat mengemil stik keju rendah lemak atau stik dendeng. Akan tetapi, Power memperingatkan agar Anda memperhatikan berapa banyak sodium yang ada di dalamnya. Itu karena sodium bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantung penderita diabetes.

6. Sayuran hijau

Bukan sekadar salad, Anda bisa mencoba daun kale, bayam, dan sayur chard. "Tiga sayuran ini sehat, lezat, dan rendah karbohidrat," kata Powers. Anda bisa panggang daun kale di oven dengan minyak zaitun untuk mendapat sensasi renyah. Anda juga dapat mencampur sayuran hijau dalam piring Anda bersama karbohidrat atau protein lain untuk menambah tekstur dan rasa.

Mengendalikan kadar gula darah ternyata juga dapat dilakukan dengan makanan-makanan yang enak. Jadi jangan ragu untuk mengombinasikan enam makanan di atas untuk mendapatkan variasi rasa dan tekstur. Sayuran hijau dicampur dengan salmon? Itu ide yang sangat bagus.

[HNS/ RVS]

 

Sumber : Klikdokter.com