Home Pilgub Riau 2018 Kriminolog: Kita Hidup di Bumi Melayu, \'Konflik\' Gubernur Riau - Suporter PSPS Harus Diselesaikan

Kriminolog: Kita Hidup di Bumi Melayu, \'Konflik\' Gubernur Riau - Suporter PSPS Harus Diselesaikan

18
Kriminolog: Kita Hidup di Bumi Melayu, \

 

Ahad, 30 Juni 2019 - 09:24:29 WIB

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kriminolog dari Universitas Islam Riau (UIR) di Pekanbaru, Dr Kasmanto Rinaldi, menilai lebih baik konflik antara Gubernur Riau Syamsuar dan suporter tim sepak bola PSPS Pekanbaru diselesaikan dengan jalan damai daripada ke ranah hukum seperti yang sekarang terjadi.

"Jadi yang perlu dilakukan adalah, pihak yg muda (massa suporter) datang menjumpai orang tua secara langsung (Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur) untuk melakukan klarifikasi atas kejadian tersebut sekaligus meminta permohonan maaf. Saya yakin, jika ada pihak yang merasa telah salah, maka sejatinya pihak lain akan pasti memaafkan," kata Dr Kasmanto seperti dilansir dari Antara. 

Sebelumnya, Pemprov Riau melaporkan koordinator siuporter PSPS Riau ke Polda Riau karena dianggap telah menghina Gubernur Riau Syamsuar yang disamakan binatang.‎ Ia menilai kisruh tersebut hendaknya menjadi pelajaran terutama masyarakat dalam melakukan demonstrasi.

“Demonstrasi memang merupakan hak konstitusional warga negara. Namun penggunanannya juga harus menghormati hak dan kehormatan pihak lain. Terlebih lagi kita tinggal dan hidup di negeri Melayu yang berlandaskan nilai adat yang bersendikan syara' dan syara' bersendikan Kitabullah atau kata lain keislaman dan kesantunan," katanya.

Ia menilai dalam kondisi saat ini, kata Kasmanto, secara tidak langsung akan mempengaruhi pikiran sikap seseorang. Konteksnya saat ini kecenderungan orang menjadi lebih mudah 'emosional' seakan terjadi di berbagai lini kehidupan.

 

Sumber : RIAULINK.COM