Home Luhak Kepenuhan Lestarikan Kesenian tradisional, Luhak Kepenuhan terima 5 (lima) set alat kesenian OGONG.

Lestarikan Kesenian tradisional, Luhak Kepenuhan terima 5 (lima) set alat kesenian OGONG.

136
Lestarikan Kesenian tradisional, Luhak Kepenuhan terima 5 (lima) set alat kesenian OGONG.

 

OGONG (GONDANG BOROGONG)
Ogong atau gong menurut orang Kepenuhan merupa suatu alat atau jenis kesenian yang memiliki keahlian tersendiri bagi mereka yang memainkannya. Para pemainnya terdiri dari lima orang yang terbagi dalam tiga alat musik yang dimainkan, yaitu satu orang pada gong, dua orang pada gendang atau gondang dan dua orang pada celempong (talempong).

Alat musik ini juga dimainkan oleh wanita, tapi pada umumnya yang memainkan alat calempong. Hal ini dikarenakan, untuk dapat memainkan alat musik ini seseorang harus memiliki ketekunan serta kemampuan tersendiri untuk memainkannya. Alat musik ogong dimainkan untuk mengiringi pencak silat. Kesenian Kepenuhan ini juga ditampilkan pada acara pernikahan atau pada acara adat lainnya.

KEPENUHAN (HR)- Dinas Pariwisata menyerahkan dua paket alat musik tradisional gondang berogong untuk kelompok PKK Kelurahan Kepenuhan. Alat musik ini diterima Lembaga Adat Luhak Kepenuhan, Kamis (14/11). Dijelaskan Bakhtiar, tokoh adat Luhak Kepenuhan usai menerima alat musik tradisional tersebut di Kantor Dinas Pariwisata Rohul Kamis (14/11). Dismapaikannya, jumlah alat musik yang diterima dari Dinas Pariwisata saat itu sebanyak dua paket.

“Sebenarnya alat musik tradisional ini ada lima paket. Tapi yang diterima hanya dua paket. Karena tiga paket lainnya kurang lengkap. Sesuai rencana, alat musik ini nantinya akan diserahkan kepada adat Luhak Kepenuhan dan kepada kelompok PKK Kelurahan Kepenuhan untuk melestarikan budaya daerah di Luhak Kepenuhan,” tutur Bakhtiar.

Di tempat terpisah, anggota DPRD Rokan Hulu, Ismail Hamkaz, kepada Haluan Riau berharap agar bantuan alat musik tradisional tersebut menjadi motivasi dan semangat masyarakat Kepenuhan untuk terus berbuat. Selain itu juga menjadikan Luhak Kepenuhan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari untuk melestarikan dan membudayakan kesenian daerah dan adat Luhak Kepenuhan.

“Semoga alat tradisional ini dapat bermanfaat dan berguna untuk melestarikan adat Luhak Kepenuhan. Bisa pula digunakan oleh masyarakat umum untuk belajar menggunakannya dan memainkannya. Atau mengiringi kegiatan adat yang dilaksanakan di Luhak Kepenuhan khususnya dan Rokan Hulu pada umumnya,” harap Ismail. (gus)

"media online/sosial sebagai komunikasi dan informasi Ismail., S.A.g M.Si akses di website: www.ismailhamkaz.com
Fb: Suara Hati 
twitt: @ismailhamkaz
semoga bermanfaat"