Home Wisatafaganza dan Kuliner Lima Alasan Menjadikan Jerman Destinasi Liburan Tahun Ini

Lima Alasan Menjadikan Jerman Destinasi Liburan Tahun Ini

107
Lima Alasan Menjadikan Jerman Destinasi Liburan Tahun Ini

Lima Alasan Menjadikan Jerman Destinasi Liburan Tahun Ini

Gedung-gedung bersejarah berdesain baroque berjejer di setiap sudut Jerman. Pemandangan seperti ini terlihat familiar jika kamu sering menonton film-film fantasi. Bak negeri dongeng, setiap sudut Jerman memang punya keindahan tersendiri yang sayang jika tidak kamu saksikan langsung setidaknya sekali dalam seumur hidup.
 
 
Selain lanskapnya yang seperti di negeri dongeng, ada lima alasan lain yang menjadikan Jerman layak kamu datangi untuk liburan tahun ini.
Penuh sejarah dan Situs Warisan Dunia UNESCO

Würzburg Residenz Palace

Würzburg Residenz Palace. (Foto: http://www.germany.travel)
Jerman adalah salah satu negara Eropa yang kaya sejarah. Ada 6.250 museum tersebar di seluruh Jerman, jadi bayangkan saja berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengeksplor sisi sejarahnya. Salah satu yang terkenal dan wajib dikunjungi pastinya adalah Memorial Tembok Berlin. Kamu bisa bersepeda menyusuri sisa-sisa tembok yang menjadi saksi bisu Perang Dingin dan bersatunya Berlin Barat dan Timur yang berpisah selama 28 tahun karena perbedaan ideologi.
Selain Memorial Tembok Berlin, satu tempat lain yang juga masuk situs warisan dunia UNESCO dan juga harus kamu kunjungi adalah Würzburg Residenz Palace. Kastil megah ini dibangun dari tahun 1720 hingga 1744 dan didesain oleh arsitek ternama Jerman, Balthasar Neumann. Lokasinya berada di Würzburg, berjarak kurang lebih 491km dari Berlin dan dapat ditempuh selama 4-5 jam menggunakan kereta.
Secara keseluruhan, ada 42 Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Jerman saat ini. Kamu dapat memilih beberapa yang terdekat dari tempat menginap dan memasukkannya ke dalam rencana liburanmu.
Cocok untuk pencinta laut maupun gunung

Taman Nasional Jasmund

Taman Nasional Jasmund (Foto: http://www.germany.travel)
Di Jerman, semua serba ada, mulai dari pemandangan kota yang kental dengan unsur sejarah, hingga destinasi wisata alam berupa laut maupun pegunungan. Saksikan sendiri keindahan birunya Laut Baltik di utara Jerman, yang bisa kamu nikmati sambil bersepeda. Taman Nasional Jasmund menjadi salah satu lokasi paling pas untuk menyaksikan indahnya Laut Baltik dari ketinggian tebing.
Kamu juga bisa menikmati berjalan-jalan di walking trail Taman Nasional Jasmund, yang memiliki panjang mencapai 8,5 km dan merupakan jalur yang banyak disukai orang. Saat berjalan-jalan di sini, jangan lupa untuk menoleh ke atas! Jika beruntung, kamu bisa melihat langsung elang berbuntut putih berterbangan di langit Laut Baltik yang memberikan pemandangan indah.
Untuk kamu yang suka hiking, mampirlah ke Berchtesgaden National Park yang terletak di Bavaria bagian selatan. Banyak pendaki yang menikmati pemandangan selama pendakian di Gunung Watzmann. Jika musim dingin, daerah ini juga menjadi tempat favorit untuk aktivitas ski dan snowboarding.
Ramah untuk orang tua dan penyandang disabilitas

Aksesibilitas di Jerman yang Sangat Baik

Aksesibilitas di Jerman yang Sangat Baik (Foto: http://www.barrierefreie-reiseziele.de/en/)
Jerman adalah negara yang ramah untuk semua orang dengan berbagai kondisi fisik. Banyak destinasi wisata yang didesain ramah untuk penyandang disabilitas, ibu hamil, dan lansia. Berlin jadi salah satu kota dengan aksesibilitas terbaik di Eropa. Tempat wisata, taman, restoran, dan hotel dirancang agar penyandang disabilitas dan lansia bisa menikmati liburannya. Selain Berlin, tempat-tempat wisata lain yang ramah penyandang disabilitas adalah Erfrut, Frisia Timur, The Eifel, Magdeburg, Saxon Switzerland, dan masih banyak lagi.
Jerman juga memiliki organisasi The Barrier-free Travel Destinations Association yang membantu semua kebutuhan para wisatawan yang memiliki keterbatasan. Jadi tenang saja, kamu dan seluruh anggota keluarga dapat menikmati destinasi-destinasi wisata di Jerman, baik yang di perkotaan, maupun di alam.
Selain ramah bagi yang memiliki keterbatasan fisik, Jerman juga ramah untuk kamu yang punya alergi, lho! Restoran, spa, dan resort di Jerman memiliki standar bebas alergi. Tempat-tempat ini memberikan informasi lengkap yang berguna untuk pengunjung yang memiliki alergi tertentu. Jika kamu alergi dengan bulu binatang, kamu bisa mencari secara spesifik kamar hotel yang dijamin bebas dari binatang peliharaan.
Bahkan ada tempat-tempat yang sudah mendapat sertifikat bebas alergi di Jerman, seperti Baabe yang terletak di Rügen, Schmallenberg Sauerland, area wisata Black Forest atau Schwarzwald dan Bad Hindelang di daerah Allgäu.
Transportasi yang mudah untuk keliling Jerman

S-Bahn, Transportasi di Jerman

S-Bahn, Transportasi di Jerman (Foto: http://www.germany.travel)
Bicara soal transportasi, transportasi umum di Jerman adalah rajanya. Banyak pilihan moda transportasi yang bisa kamu gunakan seperti kereta, bus, dan tram. Untuk info soal harga dan jalur transportasi umum di Jerman kamu bisa cek di sini.
Pilihan yang populer untuk berkeliling kota di Jerman adalah menggunakan U-Bahn dan S-Bahn. U-Bahn adalah kereta bawah tanah, sedangkan S-Bahn adalah kereta di jalur atas. Keduanya punya jalur dan tujuan berbeda. Jadi pastikan tujuan kamu dan cek apakah kamu harus memakai U-Bahn atau S-Bahn.
Selain kereta, ada juga bus dan taksi. Kebanyakan transportasi umum di Jerman beroperasi hingga pukul 1 sampai 1.30 pagi. Walaupun U-Bahn dan S-Bahn berhenti beroperasi setelah jam 1.30 pagi, masih ada transportasi umum yang bisa kamu gunakan, yaitu Metrotram! Metrotram beroperasi selama 24 jam dan datang setiap 30 menit sekali.
Dan jangan khawatir soal aksesibilitas, karena semua transportasi umum di Jerman ramah penyandang disabilitas dan lansia.
Makanan yang cocok di lidah kebanyakan orang

Kue Khas Jerman, Baumkuchen

Kue Khas Jerman, Baumkuchen (Foto: http://www.germany.travel)
Jerman punya beragam makanan khas yang wajib kamu coba. Bir dan bratwurst mungkin sudah sering kamu dengar, tapi selain itu masih banyak makanan khas Jerman yang enak seperti Baumkuchen. Kue berbentuk silinder ini sudah ada sejak 200 tahun lalu. Baumkuchen adalah makanan ciri khas daerah Altmark.
Jika ingin mencicipi lebih banyak kuliner Jerman, kamu bisa datang ke festival-festival yang diselenggarakan tahun ini. Contohnya Street Food Festival yang akan berlangsung di Cologne bulan September ini. Lalu bagi pecinta wine, ada Bremen Wine Festival mulai akhir Agustus hingga awal September. Sedangkan untuk kamu yang suka dengan karya seni kontemporer, jangan lewatkan Berlin Biennale ke-10 yang digelar dari 9 Juni - 9 September 2018.
Menarik, bukan? Jerman punya segalanya untuk kamu. Sekarang, kamu tinggal buat itinerary liburan akhir tahun ini ke Jerman, dan jangan lupa pilih akomodasi yang murah agar bisa menikmati banyak tempat dan makanan.
Agar tidak kesulitan membandingkan harga tiket pesawat dan hotel ke Jerman, kamu bisa cek Wego! Di Wego, kamu bisa melihat harga tiket pesawat ke Jerman yang paling murah, jadi tidak perlu mengecek satu per satu situs pembelian tiket lagi. Begitu juga dengan harga hotel. Tunggu apalagi, yuk, rencanakan libur akhir tahunmu ke Jerman!
 
Sumber : Kumparan