Biasakan Anak Gemar Membaca, Ini Manfaatnya

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Biasakan Anak Gemar Membaca, Ini Manfaatnya
Biasakan Anak Gemar Membaca, Ini Manfaatnya

19 Mei 2018, 09:00 WIB

Klikdokter.com, Jakarta Mendidik anak agar gemar membaca sangat baik untuk diterapkan sejak usia dini. Waktu yang Anda lalui bersamanya dapat menjadi momen yang sangat berharga. Anda bisa sambil membacakan dongeng atau cerita pendek di majalah kanak-kanak kesukaannya.

Selain bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari membiasakan anak membaca sejak usia dini.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan hal ini.

Membaca merupakan salah satu keterampilan utama yang dibutuhkan oleh anak dalam menjalani pendidikan akademiknya. Membaca adalah kunci dari pendidikan formal yang akan dijalani oleh anak. Manfaat dari membiasakan anak membaca dapat sangat beragam. Beberapa manfaat tersebut di antaranya manfaat neurologis, pendidikan, psikologis, sosial, dan linguistik. Berikut penjelasannya:

1. Manfaat neurologis

Membaca merupakan salah satu aktivitas yang mendukung perkembangan otak anak. Pada lima tahun pertama, anak memiliki kemampuan belajar yang jauh lebih cepat dibandingkan setelahnya. Oleh karena itu, bila mendapatkan stimulasi yang tepat, perkembangan sel saraf pada anak dapat makin maksimal.

Saat orang tua membacakan kepada anak atau mengajarkan anak untuk membaca, proses tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap fungsi dan perkembangan dari otak.

2.  pendidikan

Membaca merupakan salah satu kunci dari kesuksesan akademik anak sejak usia dini. Selain itu, kebiasaan membaca sejak dini dapat membuat anak menyukai kegiatan tersebut dan terbiasa untuk terus membaca hingga tumbuh dewasa.

Penelitian yang ada menunjukkan bahwa anak yang terbiasa membaca sejak kecil memiliki pengetahuan umum yang lebih luas, atensi yang lebih baik, dan kemampuan konsentrasi yang lebih baik. Kebiasaan membaca juga membuat proses belajar pada anak menjadi lebih efektif.

3. Manfaat psikologis

Anak yang terbiasa membaca sejak usia dini dapat tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan mandiri. Kebiasaan membaca juga dikaitkan dengan peningkatan rasa disiplin dan landasan untuk kemampuan memecahkan masalah pada anak.

Di samping itu, penelitian yang ada juga menemukan bahwa anak yang dibiasakan untuk membaca sejak usia dini memiliki kreativitas dan imajinasi yang baik.

4. Manfaat sosial

Makin sering membaca, makin banyak hal yang diketahui oleh anak. Selain itu, membaca juga membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang rendah hati dan peka terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini mendukung anak untuk menjadi makhluk sosial yang dapat berinteraksi dengan baik dengan orang-orang di sekitarnya.

5. Manfaat linguistik

Anak yang dapat membaca secara mandiri memiliki makin banyak kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya menggunakan kata-kata. Hasilnya? Anak dapat memiliki kosakata yang kaya, tata bahasa yang baik, kemampuan menulis dan mengeja, serta membangun kemampuan komunikasi verbal dan tertulis yang baik.

Anak dengan kemampuan linguistik yang terasah sejak dini akan menunjukkan performa yang sangat baik di sekolah dan saat beranjak dewasa.

Mendidik anak untuk membaca sejak usia dini memiliki banyak sekali manfaat untuk perkembangannya. Makin dini anak belajar membaca, makin banyak pengetahuan yang menjadi bekal baginya pada masa mendatang. Karena itu, ajaklah anak untuk cinta membaca dengan membangun ritual membaca sebelum tidur, mengajaknya ke perpustakaan, dan sebagainya.

[RS/ RVS]

 

Sumber : Klikdokter.com

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA