Luhakkepenuhan.com Olahraga & Kesehatan

Menilik Manfaat Puasa untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Menilik Manfaat Puasa untuk Kesehatan Gigi dan Mulut
Menilik Manfaat Puasa untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

 

18 Mei 2018, 15:18 WIB

 

Puasa membawa segudang manfaat sehat, termasuk untuk gigi dan mulut. Apa saja manfaat yang dimaksud? Simak di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Bulan Ramadan telah tiba. Setiap umat Muslim di dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Menahan haus dan lapar dari fajar hingga beduk magrib tiba.

Berbicara tentang puasa, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa aktivitas positif ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ini berarti, puasa juga turut membawa segudang manfaat sehat untuk gigi dan mulut Anda.

Manfaat puasa untuk kesehatan gigi dan mulut

Beberapa manfaat puasa untuk kesehatan gigi dan mulut, di antaranya:

● Mencegah penyakit periodontal

Berpuasa dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan jaringan periodontal. Ini berarti, risiko terjadinya peradangan pada jaringan periodontal bisa dihindari.

Anda tertarik dengan manfaat yang satu ini? Pastikan Anda tetap memperhatikan kebersihan rongga mulut selama berpuasa. Caranya adalah dengan menyikat gigi paling tidak dua kali sehari menggunakan pasta gigi berfluoride.

● Mencegah kerusakan gigi

Semakin banyak makanan yang masuk, semakin bervariasi pula kuman yang hinggap di rongga mulut. Dengan berpuasa, Anda tidak akan kemasukan makanan atau minuman selama hampir dua belas jam. Pada akhirnya, bakteri yang masuk bisa ditekan jumlahnya, sehingga kerusakan gigi dan infeksi rongga mulut juga bisa dicegah.

Nah, jika Anda mampu menjaga kebersihan rongga mulut dengan lebih teliti di bulan puasa ini, penyakit saluran cerna hingga penyakit jantung bisa dicegah, lho!

● Menjaga keseimbangan flora di dalam mulut

Puasa memberikan waktu bagi organ-organ tubuh untuk beristirahat sejenak. Hal ini turut memengaruhi keseimbangan flora normal di dalam rongga mulut, sehingga gigi berlubang serta gangguan pada gusi tak akan terjadi.

Di samping itu, keseimbangan flora di dalam mulut juga membuat bakteri tidak serta-merta melepaskan gas VSCs (Volatile Sulphuric Compounds), yang merupakan penyebab bau mulut atau halitosis. Ini artinya, dengan berpuasa dan menjaga kebersihan rongga mulut, Anda tak perlu khawatir akan kejadian bau mulut di kemudian hari.

Agar benar-benar dapat merasakan sederet manfaat di atas, Anda wajib menjaga kebersihan mulut selama berpuasa. Caranya adalah dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah sahur dan berbuka. Saat menyikat, pastikan Anda menggunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Sejatinya, puasa adalah kegiatan positif yang bisa mendatangkan sedugang manfaat baik bagi kesehatan tubuh, gigi dan mulut Anda. Karena itu, jika Anda memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah yang satu ini, pastikan Anda melakukannya sepenuh hati dan bersungguh-sungguh. Selamat berpuasa!

[NB/ RVS]

Sumber : Klikdokter.com

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA