Luhakkepenuhan.com Adat Limo Luhak

Dijadwalkan di Buka Oleh Bupati Sukiman, Kemenag Rohul Himbau 395 JCH Rohul Wajib Ikut Manasik Haji tingkat Kabupaten

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Dijadwalkan di Buka Oleh Bupati Sukiman, Kemenag Rohul Himbau 395 JCH Rohul Wajib Ikut Manasik Haji tingkat Kabupaten
Dijadwalkan di Buka Oleh Bupati Sukiman, Kemenag Rohul Himbau 395 JCH Rohul Wajib Ikut Manasik Haji tingkat Kabupaten

13 Juli 2018

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) - Sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah Suci tahun ini, Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hulu akan melaksanaka Manasik Haji tingkat Kabupaten atau pemantapan kesiapan dari 395 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rohul yang telah melunasi Biaya Perjalanan Haji Indonesia dan penerbangan domistik Pekanbaru-Batam.

Dengan harapan, kegiatan Manasik Haji tingkat Kabupaten yang di ikuti para JCH Rohul, dapat mempermudah dalam pelaksanaan rangkaian ibadah haji dengan baik dan diharapkan menjadi haji yang mabrur.

‘’Seluruh JCH Rohul wajib untuk mengikuti Manasik Haji tingkat Kabupaten yang digelar Kakan Kemenag Rohul. Karena ini manasik haji yang terakhir dilaksanakan, yang sebelum JCH telah melaksanakan Manasik Haji tingkat kecamatan,’’ ungkap Kakan Kemenag Rohul Drs H Syahruddin MSy kepada wartawan, Kamis, (12/7), disela sela menghadiri acara Musda ke IV MUI Rohul di Convention Hall Islamic Center Pasir Pengaraian.

Menurutnya, pelaksanaan Manasik Haji tingkat Kabupaten Rohul yang akan digelar 14-16 Juli mendatang di Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Rohul itu, akan dibuka secara resmi oleh Bupati Rohul H Sukiman.

Sebelum berangkat ke tanah suci, para JCH asal Rohul yang tergabung dalam Kelompok Terbang 18 Embarkasi Batam, dapat memperlajari tata cara pelaksanaan Rukun Haji selama pelaksanaan manasik haji.

Karena dari kegiatan Manasik Haji ini untuk menambah ilmu dan wawasan dalam tata cara pelaksanaan rukun haji. Sebab setelah selesainya manasik haji ini, tidak ada lagi manasik haji lain.

Syahrudin menjelaskan, hari pertama Manasik Haji, para JCH diberi pembekalan materi tentang pelaksanaan haji, dan melaksanakan praktek manasik haji secara keseluruhan di halaman MAIC Rohul.

Dalam pelaksanaan praktek manasik  haji, satu persatu JCH akan di cek oleh petugas dari Kemenag Rohul, antara lain cara pemakaian baju Ihram, Tawaf, Sa,i dan seluruh kegiatan  yang di lakukan dalam melaksanakan ibadah haji nanti.

Sedangkan, untuk pembinaan Ketua Regu dan Ketua Rombongan JCH Rohul dilaksanakan di Kantor Kemenag Rohul selama dua hari, 12-13 Juli mendatang. (Ar/Rhc)

 

Sumber : Rokanhulu.com

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA