Luhakkepenuhan.com Haji dan Umroh

Puncak Haji 2018, Jemaah Wukuf di Padang Arafah Hari Ini

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Puncak Haji 2018, Jemaah Wukuf di Padang Arafah Hari Ini
Puncak Haji 2018, Jemaah Wukuf di Padang Arafah Hari Ini

Senin, 20 Agustus 2018 12:56 WIB

TEMPO.COJakarta - Lebih dari dua juta calon jemaah haji dari seluruh dunia wukuf di Arafah, Arab Saudi, Senin 20 Agustus 2018. Wukuf adalah puncak ibadah haji yang jatuh pada 9 Zhulhijjah atau 20 Agustus 2018 sehingga Idul Adha, 10 Zhulhijjah akan jatuh pada Selasa 21 Agustus 2018.

"Sekitar dua juta jemaah tampak berkumpul di padang Arafah pada Senin pagi waktu setempat untuk berdoa dan memohon pengampunan," Business Insider melaporkan, Senin 20 Agustus 2018.

Baca: Wukuf di Arafah, Jemaah Haji Indonesia Dapat Slot Tenda Terbesar

Sejumlah umat muslim asal Indonesia tiba di Arafah saat akan melaksanakan ibadah Haji tahunan, di luar kota suci Mekah, Arab Saudi, 19 Agustus 2018. Sekitar 221 ribu jemaah Indonesia berpindah dari Mekkah ke Arafah dalam tiga tahap. REUTERS/Zohra Bensemra

Pada hari ini, 1.400 tahun lalu, Nabi Muhammad menyampaikan khutbah terakhir kepada para sahabatnya di Masjid Namira. Dalam khutbahnya, Rasulullah meminta kepada umat Islam tidak saling membedakan, harus setara dan bersatu.Sejumlah umat muslim membawa barang bawaannya saat berjalan menuju Masjid Namirah di Gunung Arafat, selama melaksanakan ibadah Haji di luar kota suci Mekkah, Arab Saudi, 19 Agustus 2018. Pemberangkatan jemaah haji akan dilakukan secara bergelombang itu guna menghindari penumpukan jemaah. AP

Di padang Arafah, para jemaah akan meningkatkan ibadah dengan berdoa, berzikir dan membaca Quran hingga matahari tenggelam. "Selanjutnya mereka akan menuju Muzdalifah untuk mabith atau singgah hingga tengah malam usai menjalankan salat maghrb dan isya," tulis Associated Press of Pakistan.

Lihat foto: Ribuan Jemaah Haji Bersiap Melaksanakan Wukuf di Arafah

Sementara itu, sehari sebelumnya pada Ahad 19 Agutsus 2018, seluruh jemaah haji termasuk wartawan The National, Naser Al Wasmi, mendapatkan sergapan badai disertai hujan. Mereka tetap diminta waspada menghadapi tiupan angin kencang oleh otoritas di Arab Saudi.

 

 Sumber : TEMPO.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA