Luhakkepenuhan.com Pilkada Serentak

Siap Tarung di Pilkada Serentak

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Siap Tarung di Pilkada Serentak
Siap Tarung di Pilkada Serentak

KORAN RIAU POS

SELASA, 25 AGUSTUS 2015

 

Siap Tarung di Pilkada Serentak

 

PEKANBARU (RP)-Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di sembilan kabupaten/kota di Riau, merampungkan satu tahapan lagi. Yakni penetapan pasangan calon menjadi calon tetap. Menariknya, dari penetapan yang dilakukan komisi pemilihan umum (KPU) masing-masing daerah, tidak satupun bakal calon (balon) yang gugur. Ke 26 pasangan balon yang maju di sembilan daerah memenuhi persyaratan.

 

Sehingga KPU sembilan kabupaten/kota menetapkan mereka sebagai calon tetap untuk bertarung pada 9 Desember mendatang, Senin (24/8). Di Rokan Hulu (Rohul), tiga pasangan ditetapkan dalam rapat pleno KPU Rohul di Hotel Sapadia. Rapat dipimpin Ketua KPU Rohul Fahrizal STMT didampingi empat anggota komisioner KPU,Rahmat Kurniawan SE, Elfendri ST M Eng, Hj Fitriyati Is SE MM, Sri Wahyudi SKom. Tidak ada satu pun pasangan calon yang hadir. Yang terlihat hanya tim sukses serta LO masing-masing pasan­gan calon. "Alhamdulillah, tiga pasangan bakal calon yang lelah mendaftar telah kami tetapkan sebagai calon tetap di rapat pleno hari ini, (kemarin, red)" ujar Fahrizal.

 

Ketiga pasangan calon itu Ir H Hafith Syukri MM-Nasrul Hadi ST MT yang diusung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Berikutnya H Syafarudin Poti SH-H Erizal ST yang di­usung dari Partai Demokrasi Indone­sia Perjuangan (PDI-Perjuangan) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Terakhir H Suparman SSos MSi-H Sukiman yang diusung Golkar Gerindra, Nasdem dan Hanura. "Insya Allah besok pagi (hari ini, red), KPU akan melaksanakan pencabutan nomor urut dan penetapan nomor urut pasangan calon. Kami harapkan seluruh pasangan calon hadir sekaligus Deklarasi Damai Pilkada Rohul 2015," ujar Fahrizal.

 

Kepulauan Meranti Di Kepulauan Meranti, penetapan dua pasangan calon dilakukan dalam pleno tertutup, Senin (24/8) sekitar pukul 07.30 WIB. Ketua KPU Kepu­lauan Meranti Yusli mengatakan, pleno tersebut dilakukan setelah melakukan penelitian persyaratan administrasi terhadap kelengkapan dengan keabsahan dokumen persyaratan pencalonan serta syarat pasangan calon. Dua pasangan yang ditetapkan adalah Tengku Mustafa SST MT-Amyurlis Alias Ucok yang diusung PDIP dan Hanura dan pasangan Drs Irwan Nasir MSi-Drs Said Hasyim yang diusung PKB, PKS, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, dan PBB. "Dengan ini kami menyatakan pasangan Tengku Mustafa-Amyurlis, dan Drs Irwan Nasir-Drs Said Hasyim memenuhi persyaratan sebagai peserta dalam pemilihan 2015," kata Yusli.

 

"Mari yang kita kampanyekan pro­gram dan kebaikan calon, bukan malah keburukan lawan. Karena seluruh manusia pasti memiliki kekurangan," imbau Pj Bupati Kepulauan Meranti, Edy Kusdarwanlo.

 

Kuansing

KPU Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) menetapkan tiga pasangan calon. Ketiganya Yakni Ir H Mardjan Ustha MM-Muslim SSos MSi yang di­usung PKB, PBB dan PKPI (20 persen). Berikutnya pasangan Indra Putra ST-Komperensi SP MSi yang diusung Nas­dem, PAN, Demokrat, Hanura (31,43 persen). Ketiga pasangan Drs H Mursini MSi-H Halim yang diusung Gerin­dra, PDI Perjuangan dan PPP (22,86 persen). "Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya. Akibat dari keputusan ini, bagi pihak keberatan dipersilakan melalui proses melalui Panwaslu Kuansing" ujar Ketua KPU Kuansing, Firdaus Oemar SH usai membacakan SK penetapan calon tersebut, kemarin.

Rencananya, Selasa (25/8) ini, akan dilakukan pengundian nomor urut pasangan calon. Usai penetapan, Mardjan Ustha bersyukur dirinya bersama pasangannya Muslim ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati Kuansing."Alhamdulillah, kami telah ditetapkan sebagai calon," katanya.

 

Sementara itu, Indra Putra juga menyambut baik KPU Kuansing telah menetapkan peserta pilkada Kuansing."Ini adalah keputusan KPU harus kita hargai, dan Alhamdulillah KPU sudah menetapkan nya," katanya. Pasangan Mursini-Halim juga bersyukur sudah ditetapkan sebagai calon. "Sekarang kami ikuti tahapan selanjutnya," kala Halim.

 

Dumai

Kota Dumai mencatatkan sejarah dalam pelaksanaan pilkada serentak 2015 ini dengan jumlah peserta terbanyak yakni lima pasangan. Kelima pasangan itu, masing-masing Abdul Kasim-Nuraini, Zulkifli AS-Eko Suharjo, Muhammad Ikhsan-Yanti Komalasari, Agus Widayat-Maman Sufriadi dan Amris-Sakti.

 

"Lima pasang balon telah ditetap­kan menjadi calon dalam rapat pleno penetapan hasil verifikasi berkas pencalonan dan berhak mengikuti tahapan Pilkada Dumai selanjutnya. Sernuanya telah memenuhi syarat," ujar Ketua KPU Dumai Darwis usai rapat pleno, kemarin.

Dari lima pasang calon tersebut, empat di antaranya didukung oleh koalisi partai politik. Abdul Kasim-Nuraini diusung PAN, PBB dan PKPI dengan enam kursi (20 persen). Zulkifli AS-Eko Suharjo didukung Nasdem, Demokrat, Gerindra dan PKB. Kemudian, Muhammad Ikhsan-Yanti Komala Sari diusung Golkar dan PKS dengan 10 kursi (33 persen). Agus Widayat-Maman Sufriadi yang diusung PDI Per­juangan dan Hanura dengan enam kur­si (20 persen).

 

Calon Independen Lolos

Dumai menorehkan sejarah politik baru. Sebab, Dumai merupakan saru-satu daerah yang diikuti pasangan dari jalur independen. Adalah pasangan Amris-Sakti yang maju tanpa dukungan partai politik itu. Sesuai dengan data yang diterima KPU Dumai, pasan­gan Amris-Sakti, memiliki dukungan dari 22.658 warga. "Jumlah dukungan terhadap pasangan Amris-Sakti sudah memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan Pilkada Dumai berikutnya" ujar Darwis, "Saya mengucapkan ribuan terimakasih kepada pendukung yang telah bekerjakeras dan setia terhadap pasan­gan Amris-Sakti sehingga dinyatakan memenuhi persyaratan untuk mengikuti tahapan Pilkada Dumai," ujar Amris.

 

Bengkalis

Sementara KPU Bengkalis resmi menetapkan tiga pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung pada pilkada serentak. Ketiga pasangan itu adalah Amril Mukhminin- Muhammad yang diusung PKS, Nasdem, PKPI, PBB) dan PKB (27 persen), Herliyan Saleh-Riza Pahlefi yang diusung PAN, Gerindra, dan Hanura (31 persen) dan Sulaiman Zakaria-Noor Charis Putra yang diusung Demokrat dan PDI Per­juangan (20 persen).

"Pencabutan nomor urut yang akan dilaksanakan pada Rabu (26/8))diGedung Cik Puan Bengkalis. Ketiga pasangan ini tiga hari setelah peneta­pan oleh KPU, mereka diperbolehkan melakukan kampanye atau sosialisasi ke masyarakat, kecuali kampanye dalam bentuk rapat akbar atau kam­panye terbuka," ungkap Ketua KPU Bengkalis Defitri Akbar.

 

Rokan Hilir

KPU Rohil menetapkan empat pasangan yang akan bertarung dalam pilkada. Penetapan ini disampaikan Ketua KPU Rohil Agus Salim, didamp­ingi komisioner lainnya Kasmer Dahlan, Supriyanto, Hasan Basri dan Taufik. Hadir juga ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jaka Abdillah, dan Datuk Zul Hidayat dan Kapolsek Bangko Kompol Nurhadi Ismanto SIK.

"Dari seluruh pasangan calon mas­ing-masing melakukan perbaikan namun sifatnya sebagai melengkapi saja atau harus sesuai dengan format yang sudah ditentukan. Semuanya bisa memperbaiki dengan tepat waktu, tepat jumlah dan jenisnya" kata Agus Salim.

 

Empat pasangan calon itu adalah Syafrudin-Ridwan (Gerindra dan Demokrat), Herman Sani-Taem Pratama (PKB, PAN, PKS), Suyatno-Jamiluddin (PDI, Nasdem, Hanura, PBB dan PKPI), dan Wan Syamsir Yus-Helmi (Golkar).

Hari ini KPU Rohil mengagendakan pengundian nomor urut pasangan ca­lon di GOR Batu Enam, Bagansiapiapi.

 

Siak

Ketua KPU Siak Agus Salim SH menyampaikan dua pasangan bertarung di pilkada Siak "KPU Siak telah menetap­kan dan memutuskan, kedua pasangan calon sehagai peserta Pilkada Siak," ujar Agus.

 

Kedua pasangan calon itu adalah pasangan incumbent Syamsuar-Alfedri yang diusung PAN, PKS, Nasdem, PKPI, Hanura, dan Golkar. Satu lagi pasangan Suhartono-Syahrul yang didukung Gerindra, PDIP, PKB, Demokrat, PBB dan PPP.

 

Pasangan Syamsuar-Alfedri bersyukur atas ditetapkannya sebagai ca­lon bupati dan wakil bupati pada Pilka­da Siak, serentak 9 Desember menda­tang. Sejak ditetapkannya ini, ia bersama Alfedri melakukan sosialisasi dan kam­panye sesuai dengan peraturan KPU. Un­tuk hasilnya. Syamsuar menyerahkan semuanya pada Allah SWT. "Semuanya sudah ditentukan," kata dia.

Sementara, Suhartono mengaku bersama Syahrul lebih giat lagi menyosialisasikan diri pada masyarakat Terhadap hasilnya, politisi PBB ini enggan menjelaskan. "Terpenting baginya adalah berusaha," kata dia.

 

Indragiri Hulu

Sedangkan di hidragiri Huku (inhu), KPU Inhu menetapkan dua pasangan caIon, Drs H Tengku Mukhtaruddin-Hj Aminah SE dan H Yopi Arianto SE-Khairizal SE MSi, "Penetapan dua Paslon peserta pemilihan bupati berdasarkan hasil pleno tertutup yang digelar komisoner KPU Inhu pada Senin (24/8)," ujar Ketua KPU Inhu Muhammad Amin SE, usai rapat pleno.

Menuruttnya, penetapan Paslon dituangkan berita acara pleno nomor 23/BA/ VIII/201S tentang penetapan peserta pasangan calon pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu. Penetapan tersebut berdasarkan hasil ujimateri atas persyaratan yang disampaikan masing-masing Paslon.

Pasangan Tengku Mukhtaruddin-Aminah diusung tiga partai yakni Demokrat (5 kursi), Gerindra (4 kursi), dan Hanura (4 kursi). Sedangkan Yopi-Khairizal SE Msi diusung PDIP (6 kursi), PKS (2 kursi}, PAN (3 kursi), PKPI (2 kursi).

 

Pelalawan

KPU Kabupaten Pelalawan menetapkan dua pasang calon untuk Pilkada 2015 di aula kantor KPU Pelalawan, Senin (24/8). Ini setelah menggelar rapat pleno tertutup yang dipimpin Ketua KPU Nasarudin US SH, serta didampingi empat komisioner KPU lainnya.

 

Dua pasangan yang ditetapkan itu adalah HM Harris-Drs H Zardewan MM (Haza) yang diusung PAN, Gerindra, PKS, PKB, Nasdem dan PBB. Serta pasangan H Zukri Misran-Drs H Abdul Annas Badrun (ZA) yang diusung PDIP, Demokrat dan Hanu­ra.

"Ya, setelah dilakukan rapat pleno tertutup, kami menetapkan pasan­gan calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada pesta demokrasi daerah tanggal 9 Desember mendatang," ujar Nasaruddin.(epp/amy/jps/afr/evi/fad/aal/ wik/kas/amn)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA