Luhakkepenuhan.com Agama & Sosial

JCH Laksanakan Arbain dengan Khusu'

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
JCH Laksanakan Arbain dengan Khusu'
JCH Laksanakan Arbain dengan Khusu'

HARIAN VOKAL

KAMIS, 03 DESEMBER 2015

ROKAN HULU

Negeri Seribu Suluk

Halaman 12

PASIRPENGARAIAN(VOKAL)-Sebanyak 224 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang saat ini berada di Madinah Al-Munawwarah, dengan khusu' melaksaanakan Arbain. Yakni shalat berjamaah sebanyak 40 waktu di Masjid Nabawi Madinah, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan ibadah haji, sebelum pelaksanaan umrah dan wukuf di Arafah.

Selain itu, para jemaah  juga melakukan ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW yang berdampingan dengan makam Khulafaurrasyidin pertama Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Khulafaurrasyidin kedua Amirul Mukminin Umarbin Khattab. Kemudian dilanjutkan dengan berziarah ke pemakaman Baqi', dimana banyak sahabat yang dimakamkan di tempat itu.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Selasa (1/9015) di kantornya di Jalan Ikhlas, Kompleks Perkantoran Pemerintah, Pasir Pengaraian, setelah mendapat laporan dari Tim Penyelenggara Haji Daerah (TPHD) Helfiskar SH MH dari Madinah.

Dikatakannya, para JCH Rohul yang tergabung dalam kloter 2 embarkasi Batam bersama dengan JCH Bengkalis itu, telah melakukan ziarah atau kunjungan ke Bukit Uhud, sebuah gunung tempat dilaksanakannya peperangan antara umat Islam melawan Kuffar Quraisy. Termasuk tempat pemaka­man para shuhada' perang Uhud, salah satunya paman Nabi yang bernama Saidina Hamzah.

Bukan hanya itu, JCH Rohul juga sudah berkunjung ke Masjid Qiblatain, Masjid Quba selaku masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad SAW. Kemudian berkunjung ke kebun kurma yang terkenal dengan kurma nabinya, pasar Madinah, dan tempat-tempat lainnya, yang merupakan obyek wisata religi di Madinah.

Helfiskar juga melaporkan bahwa kondisi JCH Rohul, alhamdulillah semuanya dalam keadaan sehat wal afiat, tidak ada satupun yang dirawat di Balai Pengobatan Haji Indo­nesia (BPHI) Madinah, sekalipun ada sebahagian kecil yang kelelahan, akibat perjalanan jauh sekitar 8 jam dari Batam menuju Madinah.

Ahmad Supardi menjelaskan bahwa masih ada satu JCH Rohul yang masih tertinggal di asrama haji Batam, atas nama Mahmud Dolli bin Montok dari Rambah Hilir. Sebab visanya belum keluar. Dia berharap visanya bisa keluar segera supaya dapat diberangkatkan menuju Madinah.(ber)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA