Luhakkepenuhan.com Ekonomi Bisnis

Ranperda Pemanfaatan Alat Bantu Produksi Siap Menolong Masyarakat

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Ranperda Pemanfaatan Alat Bantu Produksi Siap Menolong Masyarakat
Ranperda Pemanfaatan Alat Bantu Produksi Siap Menolong Masyarakat

Ranperda Pemanfaatan Alat Bantu Produksi Siap Menolong Masyarakat

PEKANBARU (RP) - Setelah resmi dibentuk, tim Panitia Khusus (Pansus) Pemanfaatan Alat Ban­tu Produksi Lokal bagi Usaha Bidang Perekonomian, DPRD Riau mulai menggesa pembahasan. Sebagai langkah awal, tim Pansus akan mengundang SKPD terkait seperti Disperindad, Diskop dan UMKM, Disbun serta Distanak untuk melihat keseragaman visi dan ide-ide antara SKPD dan juga DPRD.

Ketua Tim Pansus Karmila Sari kepada Riau Pos mengatakan, Perda ini dibuat untuk membantu masyarakat terutama kelompok ekonomi bawah yang memiliki kemampuan dan bias membuat alat bantu. Tujuannya agar dapat tersalurkan keperusahaan-perusahaan perkebunan ataupun pertanian dan perindustrian kecil.

"Salah satu contoh adalah alat di bidang per­tanian seperti untuk mengambil sawit atau kerap disebut dodos, parang dan alat-alat bantu lainnya yang diperlukan. Kami melihat ini agar mereka memiliki kepastian dan disalurkan kemampuannya dalam membuat alat-alat bantu, sehingga mereka tahu keperluan yang akan dibuat dan dengan demikian ekonomi masyarakat lebih meningkat" jelasnya.

Dilanjutkan politisi Golkar tersebut, dengan mempertimbangkan kajian sawit yang ada di Riau sekitar 2,4 juta hektare, maka apabila mereka bisa menjual dan dibeli alat-alat bantu tersebut seperti alat untuk mendodos, paling tidak 40 persen dari keperluan akan sangat membantu perekonomian masyarakat. Masyarakat memiliki kemampuan untuk itu, dan dari dinas terkait juga ikut membina untuk kesempurnaan teknologi dari hasil alat-alat bantu yang diproduksi dan perusahaan perkebunan memanfaatkan alat-alat bantu tersebut tanpa harus memakai produk dari luar.

"Nanti bantuan yang diberikan bisa berupa pembinaan, permodalan dan juga pemasaran. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas bersama dengan SKPD terkait untuk mendapatkan ide-ide yang kira-kira cocok dan relevan mem­bantu masyarakat Provinsi Riau," jelasnya. (sol)

Sumber : RIAU POS, Kamis 3 DESEMBER 2015

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA