BOM LAGI, ISU BERTEBARAN LAGI

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
BOM LAGI, ISU BERTEBARAN LAGI
BOM LAGI, ISU BERTEBARAN LAGI

BOM LAGI, ISU BERTEBARAN LAGI

BOM kembali meledak di indonesia. Beberapa bom yang diletakkan beberapa orang meledak di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, jakarta, sekitar pukul 10.30/WIB, Kamis (14/1). Selain melakukan pengeboman, pelaku juga melakukan penembakan yang sepertinya mengarah ke aparat kepolisian.Tapi tak banyak sasaran yang terkena. Dari 24 orang Korban, tujuh di antaranya tewas. Dari tujuh orang itu, ternyata lima di antaranya adalah pelaku pemboman sendiri. Dua orang yang meninggal pun adalah korban sipil.Hanya beberapa waktu setelah terjadi ledakan, berbagai foto dan video menyebar di dunia maya. Lalu berbagai isu dan komentar pun bersiliweran. Di antara foto dan video yang menyebar itu adalah soal "kebodohan" para pelaku peledakan bom kali ini. Apakah mereka amatiran? Bom kali ini memang diledakkan oleh sebuah tim. Hal ini berbeda dengan bom di Mal Alam Sutra beberapa waktu lalu yang dikerjakan oleh satu orang saja, dengan modus yang diduga berbeda dari yang selama ini ada. Tapi kendati dilakukan oleh sebuah tim, tampak sekali dari berbagai video itu bahwa para pelaku bukanlah orang-orang yang ahli dan terlatih.

Mereka terlihat kebingungan ketika sasaran-sasaran yang ditargetkan ternyata tidak sesuai dengan target. Bahkan yang juga mengagetkan adalah beredarnya sebuah video dua orang pelaku yang sedang mempersiapkan bom lainnya. Satu orang menghadap ke arah benda, dan satunya lagi menghadap ke arah lain seperti mengamati situasi. Mereka tampak tak saling berkoordinasi. Dan seperti tanpa disengaja, tiba-tiba bom itu meledak. Diperkirakan dua orang ini tewas dalam kejadian tersebut. Ada juga fotografer yang mengabadikan seorang pelaku yang membawa pistol jenis FN yang diperkirakan rakitan. Dia seorang diri berada di tengah kerumunan massa, bergerak bingung dan urung menembak ke arah kumpulan masyarakat sipil,

Setelah kejadian ini, berbagai isu pun bergulir dengan liar. Siapa di balik terjadinya bom? Beredar kabar bahwa ISIS berada di belakang kejadian ini. Balikan aparat kepolisian pun kemudian mengamini bahwa ISIS diduga berada di balik kejadian yang menggemparkan ini. Tapi apakah operator bom ISIS hanya mampu "berkarya" seamatir itu? Bisa jadi iya. Atau bias juga tidak. Serangkaian bom yang terjadi di beberapa negara belakangan ini, yakni Prancis, Turki, dan Indonesia memang dikaitkan dengan ISIS. Tapi berbeda dengan di Prancis dan Turki, bom Sarinah-Indonesia tak segarang keduanya.

Isu lainnya adalah soal peringatan dari Dubes Amerika Serikat kepada warganya soal terjadinya bom di sekitar Sarinah Plaza. Yang menjadi masalah adalah soal jam peringatan yang tertulis pukul 6.51 atau beberapa jam sebelum ledakan. Isu ini juga menyeruak di dunia maya, yang menunjukkan bahwa Amerika Serikat sudah tahu akan adanya ledakan, tapi tak memberitahukannya kepada pemerintah indonesia. Ada pula yang mengaitkan bahwa amerika berada di belakang kejadian ini. Tapi ini dibantah oleh kedubes amerika untuk indonesia. Pemerintah Indonesia pun mengklarifikasi bahwa amerika tidak tahu persis juga peledakan ini. Mereka hanya tahu akan ada aksi, tapi tak tahu waktu persisnya dan tempatnya. Kejadian-kejadian ini memang akan selalu diikuti oleh isu dan perang opini. Bisa pula pengalihan isu dari persoalan yang dinegeri ini sedang bergerak rumit dan berbelit. Tapi, jangan sampai masyarakat terbawa dengan berbagai isu dan opini yang menyesatkan. Atau terbawa dalam pengalihan isu.

Sumber : RIAU POS, 15 JANUARI 2016

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA