Luhakkepenuhan.com Parlementaria

SEBELUM BATAS WAKTU AGUSTUS Lima Isu Krusial RUU Pemilu Diharapkan Selesai Hari Ini

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
SEBELUM BATAS WAKTU AGUSTUS Lima Isu Krusial RUU Pemilu Diharapkan Selesai Hari Ini
SEBELUM BATAS WAKTU AGUSTUS Lima Isu Krusial RUU Pemilu Diharapkan Selesai Hari Ini
SEBELUM BATAS WAKTU AGUSTUS
Lima Isu Krusial RUU Pemilu Diharapkan Selesai Hari Ini
 
 
Senin, 10 Juli 2017 - 16:44 WIB

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - DPR benencana untuk mengambil keputusan terhadap RUU Pemilu pada hari ini. Diketahui, ada lima isu krusial yang hingga kini belum mendapatkan kata sepakat dalam RUU itu.

Menurut Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, lima isu krusial itu agar dapat diputuskan sehingga pembahasan RUU Pemilu tidak deadlock.

"Batas waktunya juga tidak dalam bulan Agustus itu sudah harus diketok karena proses tahapan pemilu sudah akan dimulai. Mudah-mudahan berjalan kondusif," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Dikatakannya, biasanya buntunya pengambilan keputusan bukan hanya semataa ada di DPR, melainkan juga berasal dari pemerintah. Karena itu, jika terjadi deadlock, maka akan ditempuh jalan musyawarah dan voting.

"Tetapi, kalau tidak satu suara itu dengan pemerintah kan tidak bisa divoting. Karena undang-undang kan harus disetujui oleh mayoritas DPR RI dengan pemerintah," terangnya.

Adapun satu dari lima yang paling krusial, yakni terkait presidential threshold. Apakah 0, 10-15, atau 20-25 persen. Agus berharap hari ini ada kesepakatan dan solusi.

"Sehingga presidential threshold bisa ditetapkan dan memberikan kesepahaman bagi seluruh unsur, baik itu masyarakat, fraksi dan pemerintah," tuturnya.

Dia sendiri berharap, setidaknya RUU Pemilu seluruhnya bisa dituntaskan 20 Juli 2017 mendatang.

"Sehingga tentunya melalui koordinasi, rapat pansus dicapai suatu kesepahaman dimana Undang-Undang Pemilu tentunya mudah-mudahan tanggal 20 Juli bisa diketok," tuntas Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu. (dna)

Sumber: JPG
Editor: Boy Riza Utama

 

Sumber : RIAUPOS.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA