Luhakkepenuhan.com Khasanah & Hikmah

Selamat Buka Puasa Arafah 1438 H

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Selamat Buka Puasa Arafah 1438 H
Selamat Buka Puasa Arafah 1438 H

Subhanallah, Inilah Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah

 

30 Agustus 2017 11:28 am

SURATKABAR.ID – Sudah pernahkah mendengar puasa tarwiyah dan puasa arafah? Sudah pernah melakukannya? Jangan remehkan puasa tarwiyah dan puasa arafah ini, karena puasa sunnah tersebut mempunyai banyak sekali manfaat.

Bulan Dzulhijjah memang sudah tiba dimana ini merupakan bulan terakhir dari tahun Hijjriyah. Umat muslim mempunyai agenda besar di bulan ini yakni melaksanakan ibadah haji serta Hari Raya Idul Adha. Sebelum merayakan Hari Raya Idul Adha disitulah ada puasa sunnah tarwiyah dan puasa arafah.

Kapankah puasa tarwiyah dan puasa arafah itu? Puasa tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada tangal 8 Dzulhijjah. Sedangkan puasa sunnah arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Dilansir dari tebuireng.online, puasa tarwiyah ini bisa dilakukan bagi muslim yang sedang melaksanakan haji maupun yang tidak melaksanakan ibadah haji, bahkan juga dianjurkan puasa dari tanggal 1 Dzulhijjah. Sementara itu puasa arafah disunnahkan bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Puasa tarwiyah dan arafah ini memang sangat dianjurkan bagi muslim yang tidak melaksanakan haji agar bisa ikut merasakan nikmatnya muslim yang sedang melaksanakan ibadah haji di Makkah. Selain itu kedua puasa sunnah di bulan Dzulhijjah ini juga memiliki keutamaan yakni dapat menghapus dosa-dosa yang sudah pernah dilakukan oleh orang yang melaksanakan puasa ini.

Baca Juga: Mau Lancar Puasa dan Tetap Bugar? Ternyata Ini 2 Rahasianya

“Ketika puasa di hari arafah itu diampuni dosa yang lalu dan dosa yang akan datang. Jadi, yang lalu yang sudah dilakukan kita diampuni, yang belum dilakukan Allah sudah mengampuni lebih lebih dulu” ungkap Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kiai Cholil Nafis, dikutip dari Republika.co.id, Selasa(29/8/2017)

Ia juga mengatakan bahwa umat Islam sangat membutuhkan pengampunan dari Allah oleh karena itu sudah seharusnya para muslim berlomba melaksanakan puasa tarwiyah dan arafah dibulan Dzulhijjah ini.

“Puasa di hari arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa assyura (tanggl 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR. Muslim).

Sumber : SURATKABAR.ID 

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA