Sipol Mudahkan Parpol Lakukan Pendaftaran

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Sipol Mudahkan Parpol Lakukan Pendaftaran
Sipol Mudahkan Parpol Lakukan Pendaftaran

Sipol Mudahkan Parpol Lakukan Pendaftaran

 

PROSES pendaftaran dan veri­fikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengikuti semua peraturan yang diatur dalam UU Pemilu dan per­aturan dari KPU tentang Pemi­lu. Anggota KPU RI, Evi Novida Ginting menjelaskan, pihaknya dalam mengambil keputusan

diikat dengan batasan waktu terkait pendaftaran para partai politik tersebut.

"Sebab dalam proses pendaftaran Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) seluruh data yang diinput bisa diakses publik serta Parpol terkait dan tentunya juga masyarakat,” jelas dia dalam konferensi pers di kantor KPU Jakarta, Selasa (24/10).

"Tetapi yang terpenting bagaimana KPU dan parpol punya kesamaan dalam proses pendaftaran,” sambungnya.

Evi menjelaskan, pada taha­pan pendaftaran dan verifikasi parpol peserta Pemilu 2019 ini, Sipol menjadi kunci. Sebab, jika KPU tidak menggunakan Sipol, maka akan terjadi banyak

kesalahan.

“Hal tersebut tentu akan san­gat menyulitkan KPU dan par­pol yang akan mendaftar karena keterbatasan waktu tersebut,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, persoa­lan lainnya yakni menjangkau DPD yang tersebar di selu­ruh pelosok. Apalagi, luasnya wilayah demografi Indonesia yang mencakup dari Sabang sampai Merauke.

Dia menambahkan, selain untuk memudahkan, penggu­naan sipol juga sebagai upaya dari KPU untuk memberikan pelayaan fasilitas kepada semua parpol.

"Kalau kita tidak gunakan Sipol, sulit juga kita isi waktu kalau gunakan manual, karena Indoneia ada 514 kabupaten/ kota dan 34 provinsi. Syarat jadi peserta harus memenuhi semua kepengurusan, dan 75 persen kabupaten/kota serta 50 persen kecamatan. Ini tentu jangkauan kita lakukan pemer­iksaan melihat seluruh data di­berikan akan lebih mudahkan kita gunakan Sipol," tegasnya, (sam/rnl)

 

 

SUMBER : RIAU POS, RABU 25 OKTOBER 2017

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA