Luhakkepenuhan.com Pendidikan & Kebudayaan

Mengunjungi Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Mengunjungi Perpustakaan Tertinggi di Dunia
Mengunjungi Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Mengunjungi Perpustakaan Tertinggi di Dunia

 

Kompas Images - 8/11/2017

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, diklaim sebagai perpustakaan tertinggi di dunia.

Kompas.com berkesempatan mengunjungi dan melihat-lihat, perpustakaan yang memiliki 24 lantai tersebut, Rabu (8/11/2017).

Adapun, fasilitas yang ada di gedung ini, antara lain ruang layanan keanggotaan perpustakaan nasional, ruang teater, ruang zona promosi budaya baca, data center, layanan anak, lansia dan disabilitas, layanan koleksi buku langka hingga layanan multimedia.

Di setiap lantai, pengunjung bisa menemukan koleksi buku yang berbeda, baik dari sisi topik hingga kategori usia.

Berbagai layanan diantaranya di lantai 2 ada Ruang Layanan Keanggotaan Perpustakaan, tempat pengunjung bisa mendaftar menjadi anggota untuk dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

Lantai 7 ada ratusan bahkan ribuan buku koleksi anak lengkap dengan tempat bermain anak yang penuh warna dan di ruangan sebelah untuk penyandang disabilitas dan orang lanjut usia.

Bagi yang tertarik dengan pengetahuan sejarah, di lantai 9 terdapat koleksi naskah Nusantara yang wajib dikunjungi, pengunjung bisa membaca naskah kuno asli dan yang sudah disalin ulang.

Lanjut ke lantai 21 dan 22 merupakan tempat layanan terbuka untuk membaca dan meminjam buku yang disebut juga monogrof terbuka, semua buku bacaan untuk berbagai umur tersedia di lantai ini. 

Di lantai paling atas, lantai 24 pengunjung bisa membaca buku sambil menikmati ruang terbuka yang menawarkan pemandangan Monumen Nasional dari ketinggian serta lantai ini berfungsi untuk menerima tamu penting di ruang eksekutif.

Bagi yang ingin berkunjung ke Perpustakaan Nasional, Perpustakaan ini terbuka dari hari Senin sampai Jumat pukul 07.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Sementara Sabtu sampai Minggu, bukanya tetap sama namun sampai jam 16.00 WIB. GARRY ANDREW LOTULUNG

 

 

Sumber : KOMPAS.com

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA