Legislator Riau Ini Sebut Hanya 14 Parpol Lolos Peserta Pemilu 2019

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Legislator Riau Ini Sebut Hanya 14 Parpol Lolos Peserta Pemilu 2019
Legislator Riau Ini Sebut Hanya 14 Parpol Lolos Peserta Pemilu 2019

 

Selasa, 21 Nopember 2017 15:13


Legislator Riau Ini Sebut Hanya 14 Parpol Lolos Peserta Pemilu 2019

 

Merujuk hasil akhir penelitian administrasi, hanya 14 parpol yang lolos menjadi peserta pemilu 2019 mendatang. Demikian diprediksi Legislator Riau di DPR RI Lukman Edy.

Riauterkini-JAKARTA- Wakil Ketua Komisi II DPR yang juga anggota DPR asal Riau Lukman Edy memberi prediksi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang hanya ada 14 partai politik (parpol) yang lolos menjadi peserta Pemilu. Potensi itu merujuk kepada hasil akhir penelitian administrasi terhadap 23 parpol yang sudah menyerahkan berkas-berkas pendaftaran calon peserta Pemilu.

"Saya perkirakan ada 14 parpol yang akan ikut Pemilu 2019. Karena14 parpol ini yang akan lolos setelah proses penelitian berkas pendaftaran (penelitian administrasi selesai seluruhnya)," kata politisi PKB itu di Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/17).

Calon Gubernur Riau Pilkada 2018 mendatang tersebut, menilai tidak semua parpol yang mendaftar pemilu serius mengumpulkan berkas pendaftaran kepada KPU. Hal tersebut terlihat dari proses penyerahan syarat pendaftaran calon peserta Pemilu.

"Misalnya, ada parpol yang mendaftar tetapi hanya mengirimkan enam boks berisi syarat pendaftaran calon peserta Pemilu. Sementara parpol lain berusaha memenuhi syarat pendaftaran. Ada lagi, parpol yang hanya mengirim boks berisi syarat pendaftaran tetapi pengurus parpol tidak hadir," ungkapnya.

Atas dasar itulah, Lukman Edy memprediksi hanya ada 14 parpol yang lolos menjadi peserta Pemilu mendatang. Bahkan ada beberapa hasil survei dari beberapa lembaga mencatat hanya ada tujuh parpol yang kemungkinan akan kembali masuk ke parlemen.

"Menurut saya adanya 14 parpol yang lolos ini tetap akan efektif dalam menjaga proses demokrasi," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU), menyatakan 14 parpol harus kembali melengkapi syarat pendaftaran calon peserta Pemilu 2019. Keputusan ini menyusul hasil pemeriksaan administrasi terhadap 14 parpol tersebut.

Adapun 14 parpol yang dimaksud yakni Partai Perindo, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Partai Berkarya, Partai Garuda, Partai Demokrat dan PKB. Parpol-parpol ini telah dinyatakan diterima pendaftarannya sebagai calon peserta Pemilu 2019.***(jor)

 

Sumber : Riauterkin

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA