Luhakkepenuhan.com Ekonomi Bisnis

Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Surplus Hadapi Libur Panjang

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Surplus Hadapi Libur Panjang
Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Surplus Hadapi Libur Panjang

 

Selasa, 26 Desember 2017 - 12:31 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Menyambut hari besar keagamaan hingga tahun baru 2018 sebagai libur panjang akhir tahun. Pemprov Riau mengklaim harga bahan pangan masih stabil. Hal ini tak terlepas dari surplus bahan pangan pada beberapa komoditi yang tersedia lebih besar dibanding kebutuhan konsumsi.

Namun demikian, seluruh kabupaten/kota melalui instansi terkait tetap diharapkan dapat menjaga ketersediaan barang dan stabilitas harga. Melalui dinas dan badan terkait, ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau H Ahmad Hijazi, seluruh pihak harus bersama-sama mengkoordinasikan langkah menjaga kebutuhan barang pokok masyarakat.

“Stabilitas harus dijaga. Siklus dan fungsi harus dilakukan dengan mengawal bersama. Makanya perlu komunikasi aktif antar dinas kabupaten/kota dan provinsi,” pesannya.

Karena tak juga dipungkiri, diakui Sekda yang sudah hampir satu dekade menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kota Batam. Selalu ada oknum yang memanfaatkan momen-momen seperti libur panjang hari besar keagamaan. Karenanya, menjaga bersama perlu menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Antara dinas yang menjaga produksi dan distribusi harus terus berkoordinasi. Jangan sampai terputus jalurnya,” kata Ahamd Hijazi.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Riau Darmansyah memaparkan terkait ketersediaan dan kebutuhan konsumsi masyarakat Riau. Atas prognosa bahan pangan di instansi yang dipimpinnya. Terdapat angka surplus untuk beberapa komoditi. Sehingga jelang akhir tahun nanti tidak terlalu mengkhawatirkan.

“Untuk komoditi yang diperlukan, kita punya stok. Bahkan dalam posisi waspada banjir, cadangan pangan kita siap mendukung petani kalau terjadi banjir dan membuat masyarakat tak berdaya,” ungkapnya.(egp)

Sumber : RIAUPOS.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA