Luhakkepenuhan.com Pilkada Serentak

Pilkada 2018 Cuti, Kepala Daerah Tak Boleh Gunakan Fasilitas Negara

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Pilkada 2018 Cuti, Kepala Daerah Tak Boleh Gunakan Fasilitas Negara
Pilkada 2018 Cuti, Kepala Daerah Tak Boleh Gunakan Fasilitas Negara

 

Selasa, 09 Januari 2018 - 12:41 WIB 

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Masa cuti kepala daerah yang mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018, diberikan selama kurun waktu sekitar lima bulan. Di mana sesuai dengan ketentuan, masa cuti para kepala daerah tersebut akan dimulai sejak 15 Februari hingga 23 Juni 2018.

Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setdaprov Riau, Sudarman mengatakan, untuk pengajuan cuti tersebut paling lambat harus dilakukan tujuh hari sebelum masa cuti berlaku. Dan jika cuti sudah disetujui, maka para kepala daerah tersebut tidak lagi diperbolehkan untuk menggunakan fasilitas negara. “Jadi kepala daerah yang menyatakan maju pada Pilkada 2018, harus mengajukan cuti tanpa tanggungan paling lambat 7 Februari 2018 atau sepekan sebelum masa cuti pada 15 Februari,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah izin cuti diajukan, maka selanjutnya pihaknya akan  mengajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Setelah mendapat izin, maka para kepala daerah yang mengikuti masa kampanye dilarang menggunakan fasilitas negara. 

“Tapi tetap dapat gaji pokok dan tunjangan. Yang tidak diperbolehkan itu menggunakan fisilitas Negara, seperti kendaraan dinas dan rumah dinas,” ujarnya. 

Sedangkan khusus untuk izin cuti bupati/wali kota, papar Sudarman, akan dikeluarkan oleh gubernur atas nama Mendagri. Sedangkan izin cuti gubernur yang keluarkan Mendagri atas nama Presiden. 

Sedangkan terkait pengganti kepala daerah yang cuti, menurut Sudarman, akan digantikan oleh wakilnya. Karena di dalam aturannya, ketika kepala daerah cuti kampanye, maka jabatannya akan diisi oleh wakilnya dengan status sebagai pelaksana tugas (Plt). 

“Nantinya surat keputusan Plt langsung dari Kemendagri, kami hingga saat ini masih menunggu surat pengajuan cuti tersebut,” tutupnya.(sol) 

Sumber : RIAUPOS.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA