Luhakkepenuhan.com Adat Limo Luhak

Tindak Lanjuti SK pemberhentian Suparman, DPRD Rohul Segera Agendakan Paripurna.

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Tindak Lanjuti SK pemberhentian Suparman, DPRD Rohul Segera Agendakan Paripurna.
Tindak Lanjuti SK pemberhentian Suparman, DPRD Rohul Segera Agendakan Paripurna.

 

PASIRPENGARAIAN- Pasca telah diserahkanya Surat Keputusan Pemberhentian Bupati Rokan Hulu H.Suparman.S.sos Msi, kepada Pemkab Rohul, DPRD Rohul dan KPU Rohul. DPRD Rohul bakal Segera menggelar Sidang Paripurna Pembacaan SK Pemberhentian Bupati Rohul Suparman, Skaligus Usulan Pengangkatan Wakil Bupati Rohul Sukiman Sebagai Bupati Rohul Defenitif.

Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri.SH Rabu (10/1/2018) kepada Wartawan mengatakan, Sidang paripurna dengan agenda Pembacaan SK Pemberhentian Bupati Rohul Suparman, Skaligus Usulan Pengangkatan Wakil Bupati Rohul Sukiman Sebagai Bupati Rohul Defenitif, menunggu jadwal Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Rohul.

“Paripurna itu menunggu jadwal badan Musyawarah DPRD Rohul, tapi itu tidak akan lama, karena sesuai UU, Paripurna tidak boleh lewat 10 hari. jika lewat 10 hari, maka gubernur Riau langsung meyurati ke pemerintah pusat dalam hal ini mendagri untuk menetapkan Bupati Defenitif” jelas Kelmi.

Politisi partai Demokrat itu mengatakan, Rapat Banmus DPRD Rohul, Rencananya akan dilaksankan pada hari Jumaat tanggal 12 Januari 2018. Dia memastikan, menjelang digelar Rapat Paripurna, seluruh dokumen kelengkapan di sekretariat akan disiapkan.

“ saya perkirakan paling lambat Senin pekan Depan, DPRD rohul sudah akan mengggelar Paripurna” Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Pemprov Riau Sudarman SH.MH mengatakan, dengan telah diterimanya Tembusan SK Peberhentian Bupati Rohul dari mendagri oleh DPRD, Pemkab Rohul dan KPU Rohul, tahapan selanjutnya menunggu DPRD Rohul menggelar Paripurna untuk mengusulkan Pengangkatan Wakil Bupati Rohul sebagai Bupati Defenitif.

“DPRD rohul diberikan waktu 10 hari untuk menggelar paripurna pengusulan pengangkatan wakil bupati menjadi bupati defentif, setelah itu, Rislah Rapat Paripurna dengan surat Ketua DPRD tentang pengusulan Bupati defenitif akan disampaikan ke mendagri melalui Gubernur Riau untuk ditindak lanjuti” terangnya.

Disinggung status Wakil Bupati Rohul Sukiman, Pasca telah diserahkanya Surat keputusan tentang pemberhentian Bupati Rohul Suparman tersebut kepada Pemkab Rohul dan DPRD Rohul. Sudarman mengaku SK pemberhentian Suparman tersebut, belum secara otomatis menyatakan wakil bupati Sukiman sebagai Bupati Defenitif.

Meski demikian, dalam SK tersebut, Wakil Bupati Sukiman diberikan tanggung jawab untuk melaksankan tugas bupati sehari-hari untuk mencegah kekosongan pemerintahan, seusai pasal 88 ayat 2 uu 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

“ sepanjang belum diusulkan dan di sk kan mendagri beliau masih wakil bupati, dan diberi tanggung jawab untuk melaksanakan tugas sehari-hari bupati” pungkas Sudarman. (Ar)

 

Sumber : Rokanhulu.com

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA