Luhakkepenuhan.com Pendidikan & Kebudayaan

Ini Cara Terbaik untuk Mudah Mengingat Materi yang Kamu Pelajari

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Ini Cara Terbaik untuk Mudah Mengingat Materi yang Kamu Pelajari
Ini Cara Terbaik untuk Mudah Mengingat Materi yang Kamu Pelajari

17/01/2018 05:0

Dunia yang sudah sangat terbuka untuk persaingan global membuat kita gak boleh main-main soal pendidikan dan profesionalisme sejak muda. Masalahnya banyak orang merasa enggan belajar sejak di bangku sekolah dan sering mengambil jalan pintas, entah itu menyontek atau beli kunci jawaban. Padahal itu tindakan yang salah. Kalau kamu merasa salah satunya, bisa jadi bukan karena kamu gak mampu dalam materi tersebut, tapi karena kebiasaan belajarmu yang kurang efektif. Dilansir dari psychotactics, ini cara terbaik untuk mengingat 90% materi ketika kamu belajar apapun!

1. Ternyata ada prosentase tersendiri lho tentang berapa banyak yang bisa kamu ingat berdasarkan caramu belajar

texastravesty.com

Disebut sebagai Piramida Belajar, metode ini dikembangkan pada tahun 1960 oleh NTL Institute di Bethel, Maine. Isi Piramida Belajar tersebut mengungkap berapa banyak prosentase materi yang akan diingat seseorang berdasarkan cara belajarnya. Dari piramida tersebut, diketahui bahwa orang akan mengingat materi sebagaimana berikut:

  • 5% dari apa yang mereka pelajari saat mereka belajar dari pengajaran di kelas oleh guru/dosen.
  • 10% dari apa yang mereka pelajari saat mereka belajar lewat membaca sumber atau literatur.
  • 20% dari apa yang mereka pelajari dari materi audio visual.
  • 30% dari apa yang mereka pelajari saat mereka melihat sebuah demonstrasi/percobaan/peragaan.
  • 50% dari apa yang mereka pelajari saat terlibat dalam diskusi kelompok.
  • 75% dari apa yang mereka pelajari saat mereka mempraktikkan apa yang mereka pelajari.
  • 90% dari apa yang mereka pelajari saat mereka mengajarkannya pada orang lain atau segera menggunakannya setelah mempelajarinya.

2. Lalu kenapa dengan mengajarkan materi pada orang lain akan membuatmu mengingat 90% dari materi yang kamu pelajari? Ini alasannya!

studying-in-germany.org

Kalau kamu menerapkan sesuatu langsung atau mengajarkan pada orang lain, kemungkinan besar kamu akan langsung melakukan kesalahan. Coba saja sendiri. Jadi begitu kamu mengalami kesulitan dan mulai melakukan kesalahan, kamu merasa harus belajar lebih untuk memperbaiki kesalahannya. Ini memaksa otakmu untuk berkonsentrasi.

3. Selain mengajar, ada cara tertentu untuk menghindarkanmu dari lupa tentang materi yang kamu pelajari

jamk.fi

Contohlah kebiasaan banyak ilmuwan ahli dalam belajar. Ketika mereka belajar sesuatu, mereka menuliskannya di mindmap. Mereka berbicara kepada orang di sekitar mereka yang ada hubungannya tentang konsep itu. Mereka menulis artikel tentang itu atau setidaknya sekedar menuliskan ulang. Mereka juga merekam atau mendengarkan audio perihal materi yang sama. Begitulah seterusnya. Sesederhananya sebuah konsep, bukan hanya untuk dipelajari. Perlu didiskusikan, dibicarakan, ditulis, dirasakan dan dialami.

4. Kebanyakan orang gak bisa mengingat materi yang mereka pelajari dan harus terus membuka ulang materinya ketika membutuhkan karena mereka gak mau membuat kesalahan

theodysseyonline.com

Mereka gak mengimplementasikannya langsung atau megerjakan sesuatu dari konsep tersebut. Jadi mereka sebenarnya gak belajar apapun. Seperti yang biasa dianggap masuk salah satu kuping, keluar lewat kuping lainnya. Mereka lebih memilih sekedar membaca buku, menonton video atau mendengarkan audio. Mereka gak tergerak untuk melatih diri. Apakah kamu juga begitu?

collegeatlas.org

Ini gak hanya berlaku untuk yang masih sekolah atau mahasiswa ya, tapi juga yang sudah berumah tangga, kerja ataupun menjalankan bisnis. Cara ini bisa diterapkan dalam hal apapun, selama konteksnya belajar sesuatu. Lumayan kan kalau kamu bisa mengingat apa yang kamu pelajari sekaligus beramal baik karena mengajarkan orang lain? Yuk, mulai dilakukan!

 

 

Sumber : IDN Times

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA