Luhakkepenuhan.com Ekonomi Bisnis

Ingvar Kamprad, Pendiri Ikea Meninggal

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Ingvar Kamprad, Pendiri Ikea Meninggal
Ingvar Kamprad, Pendiri Ikea Meninggal

 

28/01/2018 21:35

TEMPO.COJakarta - Ingvar Kamprad, seorang pengusaha top Swedia yang juga pendiri kerajaan bisnis furniture dengan ongkos murahIkea meninggal pada Sabtu, 27 Januari 2018, di rumahnya di Smaland, Swedia.

"Dia meninggal dalam usia 91 tahun. Kabar kematiannya telah dikonfirmasi perusahaan," bunyi pernyataan yang dikeluarkan perusahaan kepada media, Ahad, 28 Januari 2018. Namun tidak dijelaskan penyebab kematiannya.

Ingvar Kamprad, miliarder asal Swedia sekaligus pendiri IKEA membeli pakaian di pasar loak untuk menghemat. dailymail.co.uk

Kampard dibesarkan di kawasan Provinsi Smaland, sebelah selatan Swedia sebagai bocah pemerah susu sapi dan seorang disleksia yang sulit berkonsentrasi di sekolah. Dia berasal dari keluarga miskin. Untuk mendapatkan uang, dia berjualan korek api dan pensil di desa sekitar tempat tinggalnya.

Ketika usia menginjak 17 tahun, dia mendaftarkan bisnis benda-benda pos dan kebutuhan rumah tangga dengan merk Ikea yang diambil dari nama dan lahan pertaniannya.

Sejak itu, Kamprad dikenal sebagai pengusaha sukses. Menurut catatan New Times,Kamprad membangun Ikea menjadi raja eceran furniture top dunia, terdiri dari 350 gerai di 29 negara Eropa, Amerika Serikat, Karibia, Timur Tengah dan Asia.

Omset penjualan Ikea mencapai US$ 47,6 miliar atau sekitar Rp 634 triliun, gerainya dikunjungi oleh lebih dari 930 juta orang, menerima 210 juta katalog dengan 32 bahasa.

Untuk itu, Bloomberg memasukkan dia ke dalam daftar orang terkaya di dunia. Dia menempati urutan ke delapan dengan kekayaan senilai US$ 58,7 miliar atau sekitar Rp 781 triliun.

Ingvar Kamprad yang berasal dari Swedia memiliki aset US$ 41,8 miliar (sekitar Rp 40,2 triliun). Kamprad berada di industri retail dengan perusahaannya, IKEA. Luxedb.com

Namun kekayaannya yang begitu besar membuatnya ambisius yang menyebabkan dia menjadi kecanduan alkohol, pemuja fasisme dan memaksa karyawannya mencontohnya.

Ingvar Feodor Kamprad lahir Pjatteryd, Swedia, pada 20 Maret 1926. Pendidikan dasarnya ditempuh di sekitar ruamhnya, kemudian belajar bisnis di Gotenborg. Dia mendirikan Ikea pada 1943, menggunakan uang ayahnya yang diterimanya untuk bisnis alat-alat pos.

Pada 1950, dia menikah dengan Kerstin Wadling. Kamprad dikarunia seorang anak perempuan bernama Annika dan bercerai pada 1960. Pada 1963, dia menikah lagi dengan Margaretha Sennert. Dari pernikahan ini dia mendapatkan tiga anak laki-laki. Istri keduanya meninggal pada 2011.

 

Sumber : TEMPO.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA