Luhakkepenuhan.com Pendidikan & Kebudayaan

Baca Nih, Tips Persiapan Menghadapi SBMPTN

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Baca Nih, Tips Persiapan Menghadapi SBMPTN
Baca Nih, Tips Persiapan Menghadapi SBMPTN

15 January 2018

FeedMe.id, Jakarta – Memasuki tahun baru pasti selalu jadi momen yang menegangkan bagi yang lagi duduk di kelas 12 SMA. Soalnya itu berarti dalam beberapa bulan ke depan mereka bakal berhadapan dengan salah satu ujian hidup terbesar mereka, apalagi kalau bukan Seleksi Bersama Masuk Pergurun Tinggi Negeri alias SBMPTN!

Jarak beberapa bulan jelas bukan waktu yang lama, apalagi pasti masih disibukkan dengan tugas-tugas sekolah biasa. Maka dari itu, kali ini Feedy bakal nge-share beberapa tips yang mudah-mudahan bisa memaksimalkan persiapan menghadapi SBMPTN

Latihan Soal SBMPTN Sebelumnya

Salah satu cara efektif dalam persiapan ujian SBMPTN adalah latihan dari soal-soal tahun sebelumnya. Dengan begitu kamu bisa mengira-ngira jenis soal yang keluar di SBMPTN tahun ini. Makin familiar dengan soalnya, makin mudah kamu ngerjainnya entar.

Gunakan Diagram dan Flow Chart

Bantuan visual bisa sangat membantu kamu dalam memahami sebuah materi. Coba kamu rangkum salah satu bab pelajaran yang kamu anggap susah. Abis itu pelan-pelan mulai highlight poin-poin mana aja yang penting. Nah, pas deket-deket hari H, kamu ringkas lagi deh tuh catetan jadi semacam diagram atau chart. Membuat diagram atau chart akan memudahkan kamu buat mengingat materi yang udah kamu pelajari pas ujian nanti.

Belajar Bersama

Saran yang klise, tapi manjur. Dengan belajar bareng temen, kamu bisa bertukar informasi dan pengetahuan lebih cepet ketimbang belajar sendiri. Tentuin aja berapa lama dan mau belajar apa dalam satu sesi belajar bareng itu. Misalnya dua jam buat belajar matematika. Nggak usah lama-lama juga, yang ada ntar malah nggak fokus dan berakhir dengan main game.

Terangkan Jawaban Kamu ke Orang Lain

Nah, di sesi belajar bersama tadi, kamu bisa saling tanya jawab dengan temanmu. Usahakan memberi penjelasan atas sebuah pertanyaan dengan sejelas-jelasnya kepada mereka. “Menyuarakan” jawabanmu bisa membantu kamu memahami pertanyaan dan menyusun jawaban yang lebih “rapi” saat ujian berlangsung.

Istirahat

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN adalah istirahat yang cukup. Nggak lucu juga kan kalau pas hari SBMPTN kamu malah sakit gara-gara belajar. Selain itu istirahat yang cukup juga bisa bikin kamu memahami materi lebih baik.

Nah, itulah tips persiapan menghadapi SBMPTN dari kami Feedies! Selamat mencoba, dan semoga sukses!

 

Sumber  : FeedMe.id

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA