Luhakkepenuhan.com Iptek & Iptaq

31 Januari Bukan Hanya Gerhana, Tapi Disertai Tiga Fenomena

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
31 Januari Bukan Hanya Gerhana, Tapi Disertai Tiga Fenomena
31 Januari Bukan Hanya Gerhana, Tapi Disertai Tiga Fenomena
 
Senin, 29 Januari 2018 - 00:35 WIB

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Tanggal 31 Januari mendatang ada peristiwa menarik yang langka. Yang sering disebut adalah akan terjadi gerhana bulan penuh. Peristiwa ini akan bisa terjadi lagi pada 152 tahun yang akan datang. Tetapi ternyata bukan itu saja. Tiga fenomena alam juga akan berlangsung di saat yang sama. Ketiganya adalah  super moon, blue moon dan blood moon.

Dalam keterangannya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan, gerhana tersebut sebagai fenomena langka. Super moon, adalah saat dimana jarak bulan dengan bumi menjadi titik terdekat.

Alhasil ini menyebabkan bulan tampak lebih besar 14 persen dan lebih terang 30 persen dibandingkan bilam pada posisi terjauhnya dari bumi. Sedangkan blue moon adalah istilah yang mengacu pada dua kali bulan purnama dalam satu bulan di Januari 2018 ini.

Bulan purnama pertama terjadi pada 2 Januari lalu kemudian disusul 31 Januari 2018 mendatang. Sementara, fenomena blood moon mengacu pada namanya. Sebab, saat gerhana bulan tersebut berlangsung, bulan akan tampak berwarna merah layaknya darah.

“Ini disebabkan pembiasan cahaya matahari atmosfer bumi,” jelas Lapan.

Untuk diketahui, awal gerhana bulan penuh ini akan dimulai pada 18.48 WIB dan awal gerhana total terjadi pada 19.52 WIB. Sedangkan puncak gerhana terjadi pada 20.30 WIB higga akhir totalitas terjadi pada 21.08 WIB. Sementara gerhana bulan akan berakhir pada 22.11 WIB.

Lapan akan melakukan fenomena pengamatan gerhana bulan langka ini di tiga tempat. Yani Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Lapan Sumedang, Balai Uji Teknologi Pengamatan Antariksa Atmosfer Garut dan Kantor Pusat Sains Antariksa Lapan.(ruh) 

Sumber : RIAUPOS.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA