SATU DARI SEKIAN KARAKTER Maskot Dilan Disebut Plagiat, PKS Bilang Begini

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
SATU DARI SEKIAN KARAKTER Maskot Dilan Disebut Plagiat, PKS Bilang Begini
SATU DARI SEKIAN KARAKTER Maskot Dilan Disebut Plagiat, PKS Bilang Begini
 
Senin, 29 Januari 2018 - 21:00 WIB

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Munculnya maskot Sahabat Muda PKS dengan nama Dilan membuat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dituding melakukan plagiat terhadap sosok di novel Pidi Baiq yang berjudul sama.

Namun, PKS yang membantah tudingan itu menegaskan, kesamaan nama maskot tersebut hanyalah kebetulan semata. Wakil Ketua Bidang Humas DPP PKS, Dedi Supriadi menyebut, maskot Sahabat Muda PKS yang bernama Dilan diambil berdasarkan nama partainya, yaitu keadilan sejahtera.

"Ada Kea, ada Adi, ada Dilan, ada Eja dan belakangan ini muncul karakter Tera. Maka itu lengkap jadi Keadilan Sejahtera," ujarnya di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Dedi yang juga penggagas adanya maskot itu mengaku enggan berpolemik atas tudingan-tudingan yang terus diarahkan pada PKS. Sebab, partai yang berideologi Islam ini diketahui sangat mengenal akrab dengan sang penulis novel Dilan.

"Hubungan kami baik dengan ayah Pidi Baiq itu ya, karena tempo hari kami pernah mengundang beliau di acara ngaji budaya," tuntasnya.

Maskot Sahabat Muda PKS yang diberikan nama Dilan itu sebelumnya mendadak viral lantaran disebut mirip dengan sosok karakter di novel Pidi Baiq. Bahkan, warganet menyebut bahwa partai yang didirikan pada 2002 itu telah melakukan plagiat dengan menciptakan maskot tanpa izin dari penciptanya. (aim)

Sumber: JPG : RIAUPOS.CO


 

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA