Luhakkepenuhan.com Bumi Melayu

UAS, Ulama Pertama Diberi LAM Riau Gelar Adat R

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
UAS, Ulama Pertama Diberi LAM Riau Gelar Adat R
UAS, Ulama Pertama Diberi LAM Riau Gelar Adat R
 
Kamis, 01 Februari 2018 - 09:37 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO ) - Pertama dalam sejarah berdirinya Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, seorang ulama akan diberi gelar adat. Dia adalah ulama fenomenal asal Riau, ustad Abdul Somad (UAS). Penabalan gelar adat rencananya akan dilakukan pada 20 Februari mendatang.

Gelar adat yang agar diberikan  pada UAS adalah Datuk Seri Ulama Setia Negara. Pembahasan pemberian gelar adat ini dilakukan selama sekitar tiga bulan. UAS menjadi ulama pertama yang diberi gelar karena sebelumnya gelar adat diberikan pada pejabat negara, birokrat dan budayawan. 

‘’Ini baru kali pertama ulama memperoleh gelar adat. Penabalannya dilakukan 20 Februari nanti,’’ kata Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Al Azhar, Rabu (31/1) lalu didampingi Sekretaris MKA Taufik Ikram Jamil dan anggota MKA Azlaini Agus. 

Al Azhar melanjutkan, UAS pantas menerima gelar adat ini karena telah berperan penting dalam mensyiarkan agama Islam dan memegang teguh adat-istiadat Melayu. Dia juga sudah mendunia dan dikenal dimana-mana membawa nama baik Riau yang identik dengan nuansa agama Islam.

pemberian gelar, kewajibannya istiqamah dengan dakwahnya, istiqamah sebagai ulama umat. Ini hal yang langka,’’ imbuhnya. 

UAS dinilai bisa diterima oleh semua pihak. ‘’UAS ini tidak dimana-mana, tapi ada di mana-mana. Itu bagian dari kehebatannya yang banyak dikagumi,’’ tambahnya. 
Dengan memberikan gelar adat pada UAS, maka LAM Riau secara kelembagaan wajib hadir melindungi UAS. ‘’Kewajiban LAM sekarang melindunginya. Kalau UAS dicubit, masyarakat adat Melayu akan merasa ikut sakit. Ketika memberikan gelar pada seseorang, kita secara kelembagaan memiliki kewajiban melindunginya,’’ jelasnya. 

Ditegaskan Al Azhar, gelar yang diberi pada UAS tumbuh dari perasaan terdalam  LAM sebagai pemberi. ‘’Gelar itu sangat kontekstual.  Riau merasakan UAS itu penting dari perspektif Riau.
Harkat dan martabat Riau ini sebagai satu kesatuan wilayah dan budaya terangkat melalui aktivitas dakwah Abdul Somad,’’ jelasnya. 

Pemberian gelar adalah bentuk ucapan terima kasih LAM Riau atas apa yang sudah dilakukan UAS dalam syiar Islam. ‘’Dan yang bisa diberikan LAM Riau sebagai tanda berterima kasih adalah gelar ini. Kami berkeyakinan UAS ini setia pada negara ini,’’ tegasnya. 

Anggota MKA LAM Riau Azlaini Agus menyebut, pemberian gelar ini akan menjadi awal bahwa apresiasi lembaga adat tidak hanya diberikan pada kelompok-kelompok. Tapi juga bagi ulama yang menyampaikan dakwah. ‘’Ini akan memicu kalangan generasi muda untuk menekuni ilmu agama juga agar mereka semangat jadi dai,’’ katanya. 

Sekum MKA LAM Riau Taufik Ikram Jamil menjelaskan, dari sudut pandang keislaman tugas UAS bagi Melayu adalah meluruskan adat. ‘’Yang menyimpang diperbaiki, kalau tidak bisa ditinggalkan,’’ singkatnya.(ali)
 

Sumber : RIAUPOS.CO 

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA