Luhakkepenuhan.com Olahraga & Kesehatan

Bibir Pecah-Pecah dan Sariawan Bikin Bad Mood

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Bibir Pecah-Pecah dan Sariawan Bikin Bad Mood
Bibir Pecah-Pecah dan Sariawan Bikin Bad Mood
 
Senin, 12 Februari 2018 - 12:20 WIB

RIAUPOS.CO - Hampir semua dari kita pernah mengalami masalah pada bibir. Yang paling familiar adalah bibir pecah-pecah dan sariawan. Keduanya bikin bad mood. Kepercayaan diripun bisa berkurang akibat tampilan bibir yang kering dan bau mulut akibat sariawan.

Meski sering dianggap sepele, baik sariawan maupun bibir pecah-pecah merupakan masalah yang harus Ladies cari solusinya. Apalagi, jika sudah terjadi terus menerus berkepanjangan. Sampai bibir kering, luka dan berdarah. Iyuuh, nggak banget ya Ladies. Bukan cuma nggak PD, makan pun akan jadi momen yang menyiksa karena rasa sakit yang ditimbulkan.

Penyebab dari masalah bibir pecah-pecah sendiri beragam. Mulai dari kondisi iklim dan lain sebagainya. Hal ini dibenarkan juga oleh dr Tiara Anggraini. Ia mengatakan, penyebab dari bibir pecah-pecah dan sariawan bisa karena berbagai hal. 

“Kondisi bibir pecah-pecah dan sariawan ini bisa terjadi karena dehidrasi atau kekurangan cairan. Bisa juga karena kekurangan asupan vitamin C,” ujarnya.

Cuaca yang dingin biasanya dapat memicu keretakan pada kulit bibir. Kondisi lingkungan yang kering membuat kelembaban pada bibir ikut berkurang. Meski begitu, bukan berarti di musim panas bibir pecah-pecah tidak mungkin terjadi. Cahaya matahari yang mengenai bibir secara berlebihan juga bisa lho memicu terjadinya pecah-pecah pada bibir.

Sedangkan dehidrasi dan vitamin C berasal dari kesadaran untuk selalu mencukupi tubuh dengan cairan dan mengonsumsi sumber makanan yang kaya vitamin C. Bibir yang mengelupas dan sariwan yang terus tumbuh biasanya memancing kita untuk menyentuhnya dengan jari.

Cobaan untuk tidak menyentuh area yang tengah meradang memang sulit terelakkan. Ladies kebanyakan suka nggak tahan pastinya untuk mengelupaskan sendiri bagian kulit bibir yang mengelupas. 

Padahal, efeknya nggak baik lho untuk kondisi kedua kasus tersebut. Baik untuk bibir pecah-pecah ataupun sariawan.

Jari kita belum tentu bersih dan bebas kuman. Yang ada, si bibir semakin infeksi dan sariawan makin meradang dan bengkak Ladies. Dalam kondisi seperti itu, baiknya Ladies juga menghindari pemakaian lipstik yang tebal dan berat. Agar si bibir bisa bernafas dan kulitnya nggak semakin kering.

“Penggunaan lipbalm atau pelembab bibir masih diperbolehkan. Jika ingin yang alami, bibir bisa dipoles dengan madu,” sambungnya.

Madu memang baik untuk melembabkam bibir secara alami. Ladies nggak boleh membasahi bibir dengan air liur atau pun menggigit bibir. Meski air liur bisa membuat bibir basah, tapi kelembabannya hanya sementara. 

Kuman dalam air liur akan berpindah dari mulut ke bibir. Lalu, menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan melucuti kelembaban alaminya. Big no ya Ladies!

Sedangkan untuk sariawan, Ladies perlu perhatian lebih jika kondisinya sudah berlarut-larut. “Bila sariawan tidak ada pengurangan gejala ataupun tanda lebih dari satu pekan, atau pun jumlah sariawan yang terlalu banyak  sehingga menyebabkan sulit untuk makan, jangan dibiarkan. Langsung datangi pusat kesehatan untuk mendapatkan penanganan medis,” paparnya.

Sebenarnya sariawan yang disebabkan oleh kekurangan asupan cairan, vitamin atau hygiene yang kurang, tidak berbahaya. Namun, bila sariawan tidak kunjung sembuh atau semakin meluas perlu diperiksakan. Karena bisa jadi adalah gejala penyakit lain. Seperti penyakit yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh, kanker mulut dan lain sebagainya.

So, mulai saat ini, nggak boleh sepele lagi dengan masalah bibir pecah-pecah dan sariawan. Tangkal penyebabnya dengan perbanyak minum air putih, makan sayur dan buah, hindari produk kosmetik pada bibir yang berlebihan dan jika perlu bekali tubuh dengan asupan vitamin C tambahan.(kom)
 
Sumber : RIAUPOS.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA