Luhakkepenuhan.com Wisatafaganza dan Kuliner

Peralatan Perang Air Dirakit Sendiri

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
 Peralatan Perang Air Dirakit Sendiri
Peralatan Perang Air Dirakit Sendiri
 
Minggu, 18 Februari 2018 - 12:33 WIB

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO)- Beberapa hal unik terlihat dari Festival Perang Air yang dilaksanakan di Selatpanjang Kepulauan Meranti. Selain bisa melihat mereka yang turut serta dalam kegiatan perang air ini,  saling menyirami satu sama lain. 

Beberapa hal unik lainnya juga terlihat. Seperti alat yang digunakan dalam perang air ini. Seperti alat yang dibuat oleh warga Tionghoa bernama Agung Jaya (57).

Untuk pertama kalinya Imlek yang ke 2569, ia merakit sendiri alat perang air yang berbentuk pistol ini.  Terlihat alat yang digunakan dari beberapa limbah yang tidak digunakan lagi. 

“Saya buat dari paralon,  bekas lilin sembahyang dan alat lainnya sebagai pendukung,” kata Agung Jaya,  Sabtu (17/2).

Alat pistol air itu,  dibuatnya memakan waktu hingga lima hari untuk satu unit. 

Pistol air sendiri yang ia miliki kurang lebih 15 unit. Pistol yang dirakitnya bukan semata-mata untuk dikomersilkannya. “Pistol air ini saya buat untuk kebutuhan main keluarga saja dalam Festival Perang Air. Tidak untuk diperjual belikan,” ungkapnya. 

Yang juga menjadi hal menarik dari pistol air rakitan Agung ini. penyangga pistol tersebut terbuat dari kipas angin yang sudah tidak terpakai. Untuk pengoperasian pistol air sendiri dikatakannya,  dibutuhkan alar pompa air yang berkuatan rendah. Alasannya memilih pompa berkekuatan rendah bertujuan agar tidak membahayakan pemain air lainnya. 

Jadi teknis pengoperasiannya, pistol disambungkan ke selang air yang bersambungan dengan alat pompa air dan wadah yang sudah tersedia air. Tujuan ia membuat alat tersebut kata Agung,  ingin membuat daya tarik wisatawan dalam negeri dan luar negeri. 

Data yang dihimpun,  Festival Perang Air dimulai 16 hingga 21 Februari mendatang. Dan acara ini sudah ada sejak 2013 sebagai kalender iven daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.(cr1)

Sumber : RIAUPOS.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA