Dua Tersangka Spesialis Bongkar Rumah Dibekuk Jatanras Polres Asahan

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Dua Tersangka Spesialis Bongkar Rumah Dibekuk Jatanras Polres Asahan
Dua Tersangka Spesialis Bongkar Rumah Dibekuk Jatanras Polres Asahan
Kamis, 15 Maret 2018 09:00 WIB
MATATELINGA, Asahan: Unit Jatanras Satuan Reserse Kriminal Polres Asahan bersama Kepolisian sektor Pulau raja membekuk dua maling yang kerap membongkar rumah warga untuk melakukan pencurian. Kedua tersangka yakni Surianto Purba (48) warga dusun II desa Pulau Rakyat  Asahan dan tersangka Rudi Syahputra (24) warga dusun VII desa Pulau Rakyat Tua Asahan diringkus polisi pada Rabu (14/3/2018) sekira pukul 17.00 wib.

Kasat Reskrim Polres Asahan AKP.Arif Batu bara melalui Kanit Jatanras Ipda M.Khomaini, STK mengatakan penangkapan tersebut seiring dengan adanya dua laporan polisi nomor LP / 46/ II/ 2018 / SU / Res Ash /sek. Pulau Raja, dan LP / 21 / I / 2017 / SU / Res Ash / Sek Pulau Raja.

"Dalam menjalankan aksi kejahatannya, kedua tersangka kerap membongkar rumah yang menjadi sasarannya," ucap Khomaini.

Khomaini menjelaskan penangkapan ini bermula sekitar 12 Februari 2018 setidaknya pada pukul 04.00 Wib kedua tersangka melakukan aksi kejahatannya dan berhasil menguras harta benda korban diantaranya berupa dua unit telpon genggam, perhiasan berupa cincin emas, jam tangan serta sejumlah uang, tersangka masuk kedalam rumah korban dengan cara merusak jendela samping rumah korban.

Selanjutnya pada Rabu (14/3/2018) pada siang hari tim mendapatkan informasi keberadaan dua tersangka tersebut berada di daerah Kabupaten Simalungun, tim langsung bergerak namun sesampainya di Simalungun kedua tersangka sudah kabur ke daerah Labuhan Batu Utara ( Labura) , tim selanjutnya melakukan perburuan terhadap tersangka langsung ke Labura dan sekira pukul 17.00 Wib tim berhasil membekuknya.

"Dari hasil introgasi terhadap tersangka di dapat keterangan bahwa tersangka sudah banyak melakukan aksi kejahatan tersebut dan dalam pengakuannya tersangka spesialis bongkar rumah ini sudah melakukan kejahatannya sebanyak empat kali,diantaranya di wilayah Asahan sebanyak 2 kali dan di Labura sebanyak 1 kali serta 1 kali di wilayah hukum Polres Simalungun , namun demikian kami masih terus memburu pengakuannya," terang Khomaini.

Dari hasil penangkapan tersebut dapat diamankan barang bukti berupa 1 unit kendaraan roda dua jenis Honda CBR warna merah yang digunakan tersangka dalam menjalankan aksinya,dan kendaraan tersebut merupakan hasil kejahatan yang dia lakukan di wilayah Labuhan Batu Selatan, serta barang bukti yang digunakan untuk merusak rumah yang menjadi sasaran tersangka ini, dan barang bukti hasil jarahannya.

"Kedua tersangka saat ini sudah mendekam di sel tahanan Polres Asahan guna untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,"pungkasnya. (mtc/ben)
 
Editor: Faeza

 

Sumber : MATATELINGA

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA