Luhakkepenuhan.com Ispiratif & Inovatif

Benarkah Orang yang Berjabat Tangan dengan Mantap Lebih Pintar?

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Benarkah Orang yang Berjabat Tangan dengan Mantap Lebih Pintar?
Benarkah Orang yang Berjabat Tangan dengan Mantap Lebih Pintar?

 

Penulis: Sri Yanti NainggolanPada: Minggu, 22 Apr 2018, 17:50 WIB 

SEBUAH studi menyebutkan bahwa orang yang berjabat tangan dengan genggaman kuat cenderung lebih pandai dan memiliki ingatan yang lebih baik.

Penelitian yang dipimpin oleh University of Manchester tersebut menganalisa lebih dari 475 ribu orang di Inggris dan menemukan bahwa mereka yang memiliki genggaman lebih kuat juga lebih baik dalam setiap tes fungsi otak.

Pada populasi umum, kekuatan genggaman maksimal dipandang positif dan secara signifikan berkaitan dengan memori visual, waktu reaksi, penalaran, jumlah memori, dan memori prospektif.

Dengan demikian, jabat tangan yang kuat bisa menjadi ukuran bagi para atasan ketika mencari pegawai.

Studi terbaru tersebut memperhitungkan perbedaan usia, jenis kelamin, berat badan dan pendidikan. Para peneliti berharap olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak.

"Kita melihat adanya hubungan jelas antara kekuatan otot dan kesehatan otak. Kita perlu studi lebih lanjut untuk melihat apakah kita benar-benar dapat membuat otak kita lebih sehat dengan melakukan hal-hal yang membuat otot kita lebih kuat, seperti latihan beban," papar pemimpin studi Dr Joseph Firth dilansir dari Independent.

Di satu sisi, Geoffrey Beattie selaku kepala ilmu psikologi Universitas Manchester memberitahukan 12 langkah untuk membuat seseorang terlihat percaya diri dan hormat dengan lawan bicara saat berjabat tangan.

Beberapa diantaranya adalah: menggunakan tangan kanan, memegang seluruh telapak tangan dengan tekanan yang kuat (tetapi tidak terlalu kuat), telapak tangan yang dingin dan kering, sekitar tiga kali menggoyangkan tangan saat bersalaman, dan ditahan tidak lebih dari dua hingga tiga detik.

Jabat tangan juga harus dilakukan dengan kontak mata dan senyum alami yang baik dengan pernyataan verbal yang tepat. (medcom/OL-6)

 

Sunber : MEDIA INDONESIA

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA