Luhakkepenuhan.com Desa Muara Jaya

Ngeri, Rumah Warga Di Kepenuhan Dimasuki Macan

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Ngeri, Rumah Warga Di Kepenuhan Dimasuki Macan
Ngeri, Rumah Warga Di Kepenuhan Dimasuki Macan

Maret 28, 2018 14:10

PoskoNews.com –  Seekor macan dahan masuk ke dalam rumah warga bernama Namad (70) di RT 13 RW. 4 Desa Muara Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Rokan Hulu (Rohul), Riau, Selasa (27/3/2018) Sekira Jam 12.20 Wib.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, macan itu diduga datang dari hutan perkebunan sawit, kejadian itu lalu dilaporkan masyarakat kepada Bhabinkamtibmas setempat dan diteruskan kepada Kapolsek Kepenuhan.

Atas Laporan tersebut Kapolsek Kepenuhan IPTU YANI MARJONI, SH dan Camat Kepenuhan Hulu, H. ZUNIZAR , S.Sos beserta 3 Personel Polsek Kepenuhan menuju rumah warga yang dimasuki oleh seekor Macan tutul tersebut

Kronologisnya berawal Pada Hari Selasa (27/3/2018) Sekira jam 12.20 wib, seorang warga bernama Ucok Martin datang kerumah Namad hendak mengambil atau mau mintak daun sirih untuk obat.

Kemudian Ucok melihat macan tutul tersebut sedang duduk di bawah bangku belakang rumah Namad, sehingga kemudian Ucok memanggil Namad sambil bertanya.

“Bapak memelihara harimau ya,” tanya Ucok.

Setelah itu macan tutul tersebut merangkak masuk kedalam onggokan kayu di samping sebelah kiri rumah, Kemudian langsung di tutup oleh Namad,

Setelah itu Ucok memberitahukan apa yang dilihatnya itu kepihak Desa, sehingga kemudian pihak Desa menghubungi Bhabinkamtibmas.

Kapolsek Kepenuhan kemudian menghubungi Petugas BKSDA.

Sementara menunggu petugas BKSDA datang, Upaya yang dilakukan oleh Kapolsek, Camat, dan 3 orang anggota Polsek bersama Masyarakat menutup dan memaku dinding Kandang tersebut agar Macan Tutul tidak bisa keluar.

Kerangkeng besi juga disiapkan warga untuk memasukan macan tersebut, dan petugas BKSDA sampai di TKP karena menjemput Obat Bius ke Kantor Pekan baru

Sekitar pukul 21.00 Wib malam itu, binatang tersebut berhasil diamankan oleh Kapolsek Kepenuhan dan anggota bersama warga untuk di masukkan ke dalam kerangkeng.

Selanjut satwa liar jenis macan dahan tersebut di bawa ke Polres Rokan Hulu sambil menunggu kedatangan tim BKSDA.

Kemudian Pada pagi Rabu (28/3/2018) satwa liar jenis macan dahan itu diserahkan oleh Kapolres Rokan Hulu AKBP YUSUP RAHMANTO,SIK,MH kepada Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Bidang konservasi Sumber Daya Alam Wilayah II Siak

Perwakilan Petugas BKSDA yang menerima macan dahan itu, Salman Yasir SP Jabatan Polisi Kehutanan Balai Besar KSDA Riau, Sutan Parlindungan Nasution Polisi Kehutanan Balai Besar KSDA Riau, Suharman Siregar polisi Kehutanan Balai Besar KSDA Riau dan Sunarko Jabatan Perawat Satwa.

Kemudian dilakukan penanda tanganan dengan Berita Acara Serah Terima pada hari Rabu tanggal 28 Maret 2018.

“Satwa liar macan dahan itu diserahkan oleh pak Kapolres Rohul kepada petugas BKSDA Riau dalam keadaan hidup dan sehat, “kata Kapolres Rohul melalui Paur Humas Ipda Nanang Pujiono,SH, Rabu (28/3/2018). (Yth)

 

Sumber : PoskoNews.com 

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA