Luhakkepenuhan.com Pendidikan & Kebudayaan

Peserta SBM PTN Membeludak, Persaingan Lebih Ketat

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Peserta SBM PTN Membeludak, Persaingan Lebih Ketat
Peserta SBM PTN Membeludak, Persaingan Lebih Ketat
 
Sabtu, 28 April 2018 - 14:05 WIB 

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Tidak ada masa perpanjangan pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) 2018. Hingga malam tadi, panitia menetapkan pendaftaran ditutup sesuai jadwal yakni 27 April pukul 23.59 WIB. Data sampai kemarin sore (27/4) ada peningkatan pendaftar yang lumayan signifikan.

Ketua Umum Panitia Pusat SBM PTN 2018 Ravik Karsidi mengatakan sampai kemarin sore pukul 17.49 WIB jumlah pendaftar SBM PTN mencapai 844.474 orang. 

’’Sampai hari ini (kemarin, red) jumlah pendaftar SBM PTN sudah melebihi jumlah pendaftar tahun lalu,’’ katanya, Jumat (27/4).

Rektor UNS Solo itu mengatakan jumlah pendaftar yang mencapai 844 ribu lebih itu berpotensi terus bertambah. Sebab pendaftaran baru benar-benar ditutup sampai malam tadi pukul 23.59 WIB. Dia mengatakan sisa waktu pendaftaran itu supaya benar-benar dimaksimal oleh calon mahasiswa.

Data panitia SBM PTN menyebutkan jumlah pelamar tahun lalu mencapai 797.728 orang. Sehingga ada kenaikan pendaftar mencapai 46.746 pelamar. Tahun lalu dari 797 ribuan pelamar, peserta yang dinyatakan lulus SBM PTN berjumlah 148.066 orang. Sementara untuk tahun ini panitia belum melansir kuota kelulusan SBM PTN. Meskipun begitu jumlah siswa yang dinyatakan lulus tahun ini tidak berbeda signifikan dibandingkan tahun lalu.

Ravik mengatakan ada beberapa faktor yang membuat jumlah pendaftar SBM PTN tahun ini meningkat. Di antaranya adalah sosialisasi pendaftaran oleh panitia pusat maupun panitia lokal (panlok) yang lebih banyak dan matang persiapannya.  ’’Juga jumlah lulusan sekolah menengah (tahun ini, red) lebih banyak,’’ jelasnya.

Hal yang sama terjadi di Riau. Antusias peserta tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Setidaknya pada hari terakhir pendaftaran, kemarin ada sekitar 19.974 hingga pukul 21.30 WIB peserta yang mendaftar di situs online resmi SBMPTN. Tahun lalu jumlah peserta 19.872 peserta. “Ada peningkatan sedikit dari tahun sebelumnya. Tapi secara keseluruhan, untuk sistem dan teknis pendaftaran masih merujuk pada tahun lalu,” ujar Koordinator Pelaksana Ujian, Abdullah.

Seperti diketahui, calon peserta harus mendaftarkan diri secara online. Kemudian mereka bebas memilih kampus, jurusan termasuk jalur tesnya. Panitia menyediakan dua jalur tes. Yakni ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian tulis berbasis cetak (UTBC).

Untuk jumlah peserta jalur UTCB, dikatakan Abdullah tak ada batasan. Namun, peserta yang memilih jalur UTBK dibatasi hanya sekitar 500-an mengingat unit komputer yang terbatas. Tak jauh berbeda dari tahun  jurusan yang paling banyak diincar ialah kedokteran, keperawatan dan teknik sipil. Namun untuk jumlah persisinya, pihak panitia belum mengantongi. Termasuk juga untuk jumlah peserta dan kuota SNMPTN yang diterima Universitas Riau. Setelah proses pendaftaran, selanjutnya peserta yang mendaftar akan mengikuti ujian pada tanggal 8 Mei 2018. 

“Nantinya mereka akan dibagi menjadi tiga kelompok. Yakni IPA, IPS dan campuran. Seluruhnya akan tes bersama pada tanggal 8 Mei tersebut,’’ sambungnya.

Lokasi ujian direncakan dilakukan di beberapa kampus di Pekanbaru. Seperti Universitas Riau, Universitas Islam Riau dan Universitas Muhammadiyah Riau. Penentuan hasil ujian nantinya menjadi wewenang dari panitia pusat. Sedangkan waktu pengumuman hasilnya direncakan pada awal bulan Juli 2018. 

Tak Perlu Cemas 
Tahun ini panitia SBM PTN menerapkan sistem baru penilaian atau skoring hasil ujian tulis. Selama ini penilaian yang dilakukan adalah jawaban benar mendapatkan nilai 4, tidak dijawab 0, dan jawaban salah -1. Nah Saat ini sistem itu tidak dipakai lagi.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengingatkan peserta SBM PTN tidak perlu risau atau cemas dengan skema baru penilaian itu. ’’Skema baru ini tidak merugikan. Justru seleksi SBM PTN semakin memperhatikan usaha siswa,’’ katanya beberapa waktu lalu.(wan/jpg/azr)

Sumber : RIAUPOS.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA