Luhakkepenuhan.com Desa Rantau Binuang Sakti

Dapat Rp 1,4 Miliar Dari DAK APBN 2018, Pemerintah Pusat Bangun Pagar dan Gerbang Wisata Religi di RBS

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Dapat Rp 1,4 Miliar Dari DAK APBN 2018, Pemerintah Pusat Bangun Pagar dan Gerbang Wisata Religi di RBS
Dapat Rp 1,4 Miliar Dari DAK APBN 2018, Pemerintah Pusat Bangun Pagar dan Gerbang Wisata Religi di RBS

30 April 2018

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) - Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu secara bertahap membenahi dan mengembangkan objek wisata yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

Salah satunya, objek wisata religi yang berada di Desa Rantau Binuang Sakti (RBS) Kecamatan Kepenuhan yang merupakan tempat kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi. Sebagai Tokoh Suluk di Kabupaten Rohul yang wafat di Kampung Basilam Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, 27 Desember 1926 lalu.

Kepala Disparbud Rohul Drs Yusmar MSi kepada wartawan, Senin (30/4/2018) menyebutkan, pada tahun ini, akan dibangun Pagar batas dan Gerbang di objek wisata religi tempat kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi di Desa RBS Kecamatan Kepenuhan.

Menurutnya, pembangunan pagar batas dan gerbang objek wisata religi tersebut, biayanya bersumber dari APBN tahun 2018, yang dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dengan besaran anggaran Rp 1,4 miliar.

"Saat ini, untuk proyek fisik pembangunan pagar batas dan gerbang objek wisata religi di RBS sedang dalam proses lelang. Sekarang ini, kita masih menunggu jawaban dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait status lahan dari objek wisata tempat kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa RBS,’’ ujarnya.

Yusmar mengaku, pihaknya telah menyurati Kementerian LHK terkait keberadaan status lahan objek wisata religi di Desa RBS. ‘’Kita sudah surati Pusat, sekarang menunggu jawaban dari Kementerian LHK. Kegiatan fisik itu baru bisa dilaksanakan, jika lahan tersebut tidak masuk kedalam kawasan hutan lindung. Jika masuk dalam kawasan, maka tidak bisa dilaksanakan, karena harus ada izin dari Kementerian LHK,’’ ujarnya.

Mantan Kabag Humas Setda Rohul itu mengaku, pemerintah daerah telah menerima hibah lahan seluas 6 (enam) hektar dari Pengelola Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan, untuk pengembangan dan pembenahan objek wisata religi di Desa RBS itu. ***(Rhc)

 

Sumber : Rokanhulu.com

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA