Luhakkepenuhan.com Bumi Melayu

Riau Siap Jadi Embarkasi Haji Antara 2018

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
Riau Siap Jadi Embarkasi Haji Antara 2018
Riau Siap Jadi Embarkasi Haji Antara 2018
 
Kamis, 03 Mei 2018 - 10:45 WIB 

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Seluruh persiapan Riau menjadi Embarkasi Haji Antara (EHA) 2018 ditegaskan Plt Gubernur Riau (Gubri) H Wan Thamrin Ha­syim sudah dipenuhi. Pihaknya pun siap memberangkatkan jamaah calon haji (JCH) Riau ke Tanah Suci. Ini artinya keberangkatan langsung dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK ) II Pekanbaru dan hanya transit sebentar di Bandara Hang Nadim, Batam.

Wan Thamrin menjelaskan, dalam waktu dekat Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI bakal berkunjung ke Pekanbaru. Mereka melihat kesiapan Riau menjadi EHA 2018.

“Secara keseluruhan sebagai embarkasi haji antara kita sudah siap. Semua sudah dilengkapi. Baik asrama haji dan seluruh poin yang diminta Kemenag RI. Bahkan anggaran juga sudah disiapkan,” ujar Plt Gubri, Rabu (2/5).

Wan Thamrin mengungkapkan, hasil tinjauan terakhir kemarin persiapan sudah hampir 100 persen. Tinggal menyiapkan kekurangan-kekurangan dari sisi asrama.

“Soal kekurangan jangan dilihat kekurangannya. Kalau melihat kekurangan kita tanggulangi bersama. Kalau sudah oke nanti Kanwil Kemenag buat SK bersama. Saya sudah ketemu dengan semua pihak di Kemenag RI untuk ini dan mereka dukung EHA kita ini,” jelasnya.

Mengenai upaya mewujudkan EHA 2018 ini, Wan Thamrin mengatakan, Pemprov juga sudah menyiapkan APBD yang dibunyikan dalam membiayai transportasi lokal. Di mana Pemprov siap membayarkan Rp5-6 juta per orang untuk transpor lokal.  

“Pemprov bersama DPRD ikut campur tangan dalam ibadah masyarakat. Ini agar masyarakat dapat nyaman dan lebih mudah bagi orang tua kita melaksanakan ibadah ke Tanah Suci,” katanya.

Setelah mendapatkan EHA 2018 ini, Pemprov, kata Wan Thamrin juga akan menyiapkan perpanjangan runway menjadi 3.000 meter. Dengan demikian, tahun depan embarkasi haji penuh sudah dimiliki Riau. Terlebih aset lahan Pemprov berupa tanah sudah diserahkan menjadi milik Kemenag sebagai hibah.

Kepala Kanwil Kemenag Riau H Ahmad Supardi Hasibuan yang mendamping Plt Gubri dalam tinjauan kemarin menegaskan, sebenarnya Riau sudah siap secara keseluruhan di daerah. Diakuinya, beberapa hari lalu kekhawatian Kanwil Kemenag Riau adalah sisi asrama. Mulai aula kedatangan, miniatur Kakbah dan lainnya. 

“Tapi ternyata sudah disiapkan. Kapasitas sudah 500 untuk aula kedatangan. Kantin juga sudak oke. Kamar-kamar juga sudah tidak ada masalah. 1 kamar 4 orang. Gudang juga disiapkan dan bisa menampung 10 ribu galon dan 2 kloter tas. Manasik juga sudah ada miniatur Kakbah,” papar Ahmad Supardi.

Dengan sudah lengkapnya dari sisi asrama sementara, ujar Ahmad Supardi, maka tinggal menunggu apa yang disampaikan Plt Gubri ke Menag dalam pertemuan di Jakarta pekan lalu. Dijelaskannya sebagai tindak lanjut pertemuan tersebut memang dalam beberapa hari ke depan nanti akan ditinjau kembali pihak Kemenag RI.

“Harapan kami dalam pekan ini. Jangan sampai masuk puasa, secara prinsip dari dulu kita menginginkan ini. Ke depan bukan saja EHA, tapi embarkasi penuh tentunya,” kata Ahmad Supardi.(egp/adv)

Sumber : RIAUPOS.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA