Luhakkepenuhan.com Pendidikan & Kebudayaan

Sore Ini Hasil Nilai Ujian Nasional Diumumkan

Diposkan Oleh : Luhak Kepenuhan |
 Sore Ini Hasil Nilai Ujian Nasional Diumumkan
Sore Ini Hasil Nilai Ujian Nasional Diumumkan
 
Kamis, 03 Mei 2018 - 10:18 WIB 

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Seluruh sekolah dipersilakan mengumumkan secara serentak hasil ujian nasional (UN) SMA/SMK/MA, sore ini (3/5) pukul 17.00 WIB. Ini setelah Dinas Pendidikan (Disdik) Riau resmi menyerahkan hasil UN kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan kabupaten/kota se-Riau. 

Plh Kepala Disdik Riau Indra Agus Lukman mengatakan, Kota Pekanbaru berhasil meraih rata-rata nilai tertinggi baik SMA muapun SMK. Sementara Kepulauan Meranti nilai terendah untuk SMA dan Kuantan Singingi (Kuansing) untuk SMK. Dikatakan Indra Agus, mengenai mekanisme pengumuman kelulusan UN tergantung masing-masing sekolah.

“Kalau teknis pengumumannya tergantung sekolah yang mengumumkan apakah melalui website, amplop dan lain sebagainya. Tapi yang jelas, pengumuman tetap dilakukan 3 Mei pukul 17.00 WIB. Tidak boleh dimajukan dan tidak boleh dimundurkan,” ujar Indra Agus kepada Riau Pos, Rabu (2/5).

Berdasarkan hasil UN SMA/MA kabupaten/kota di Riau, Pekanbaru rangking pertama dengan nilai rata-rata 58,09. Disusul Dumai 50,90 dan Indragiri Hilir (Inhil) 48,48. Sementara nilai terendah diraih Kepulauan Meranti dengan rata-rata 42,54. 

Indra juga mengatakan hasil UN tahun ini naik 1,2 persen dibandingkan tahun lalu. Namun rangking provinsi secara nasional, tidak diumumkan oleh Kemendikbud. Kepada siswa yang merayakan kelulusan, Indra Agus mengimbau jangan terlalu dirayakan secara berlebihan. 

Menurutnya cukup sujud syukur dengan keberhasilan yang diraih serta jangan terlalu bahagia karena masih ada pendidikan selanjutnya. Ditegaskannya, juga kepada pihak sekolah agar dapat mengawasi siswa dalam hal larangan aksi coret-coretan baju, serta kebut-kebutan di jalan raya. Sebab, ini membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. 

Untuk UN SMK, Indra Agus mengatakan, Pekanbaru juga meraih nilai tertinggi dengan rata rata 48,80. Sedangkan Kuansing dengan nilai terendah 40,97. 

“Bagi kabupaten yang meraih nilai tertinggi harus terus dipertahankan dan kabupaten yang meraih nilai terendah ya harus bekerja keras lagi untuk meningkatkan hasil UN,” tambahnya.(egp)

 

Sumber : RIAUPOS.CO

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA