Home Khasanah & Hikmah Penjelasan Mengapa Rasulullah Suka Warna Putih dan Hijau

Penjelasan Mengapa Rasulullah Suka Warna Putih dan Hijau

17
Penjelasan Mengapa Rasulullah Suka Warna Putih dan Hijau

Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi) Foto: smileyandwest.ning.com

 

Jumat 29 Nov 2019 05:11 WIB

Rasulullah SAW menyukai putih dan hijau karena alasan syari'i.

REPUBLIKA.CO.ID, Rasulullah SAW menyukai setiap warna. Namun di antara warna-warna yang ada, Rasulullah paling menyukai warna putih dan hijau. Banyak hadis dan keterangan yang menjelaskan tentang warna-warna yang disuka Rasulullah SAW.  

Salah satunya hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas RA. Rasulullah SAW bersabda "Hendaklah kalian memakai pakaian putih semasa hidup kalian, dan kafanilah yang mati di antara kalian dengannya (warna putih), sebaik-baik pakaian kami adalah warna putih." 

Hadis Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Samurah bin Jundub RA juga menjelaskan hal yang sama. Dia berkata bahwa Rasulullah bersabda, "Kenakanlah pakaian putih karena pakaian itu lebih bersih dan paling baik. Kafanilah orang yang mati di antara kalian dengan kain putih." 

Selain itu dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa memakai pakaian berwarna putih disunahkan karena lebih bersih dan bercahaya. 

Dalam kitab Ihya Ulumiddin, Imam Ghazali juga menjelaskan bahwa warna yang paling disukai Rasulullah adalah warna putih. Sebab itu warna putih inilah menjadi warna yang utama untuk dikenakan seorang Muslim. Warna putih juga menjadi warna kain ihram dan salah satu panji Rasulullah pun berwarna putih. 

Selain putih Rasulullah juga menyukai warna hijau. Ibnu Hajar dalam Tanbih al-Akhbar menyebutkan: "Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama. Adapun warna hijau adalah afdhal dari pada warna lainnya sesudah putih." 

Selain itu ada juga hadis riwayat an-Nasai. “Rasulullah pernah menemui kami dalam keadaan memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau.”

Tak hanya itu, ulama menerangkan bersumber dari Alquran bahwa warna hijau itu merupakan warna yang dikenakan penduduk surga. Keterangan ini terdapat dalam Alquran surah al- Kahfi ayat 31:  

"Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya, dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah." Surah ar-Rahman ayat 64 menjelaskan warna surga yang terlihat hijau.     

Bukan cuma putih dan hijau, Rasulullah juga menyukai warna lainnya seperti warna yang bercorak. Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim dalam kitab Al Libas menjelaskan Anas bin Malik berkata pakaian yang paling disukai Rasulullah SAW adalah hibarah. Menurut Dr Ahmad Musthafa Mutawali dalam Syama'il Rasulullah yang dimaksud dengan hibarah  itu adalah pakaian bercorak aneka warna yang terbuat dari kain rami atau katun. 

Selain itu ada juga keterangan yang menyebutkan bahwa Rasulullah juga menyukai warna Abu-abu, hitam serta warna merah. Seperti keterangan hadis Bukhari dari Ibnu Abbas mengatakan Nabi SAW pernah keluar dengan kepala yang dibalut sehelai kain berwarna abu-abu. 

 

sumber : REPUBLIKA.CO.ID,