Home Internasional Pertama Kali, Senator AS Tunjuk Muslim Jadi Ketua Kampanye

Pertama Kali, Senator AS Tunjuk Muslim Jadi Ketua Kampanye

35
Pertama Kali, Senator AS Tunjuk Muslim Jadi Ketua Kampanye

 

Jumat 22 Feb 2019 14:42 WIB

Shakir merupakan sosok yang menjalankan operasi progresif yang dihormati.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Senator Amerika Serikat (AS) yang merupakan calon Presiden AS, Berniers Sanders menunjuk seorang pria Muslim untuk menjadi ketua tim kampanye calon kepresidenannya. Sanders menunjuk pengacara hak-hak sipil Musim Amerika, Faiz Shakir. 

Laman Dawn mengatakan, Shakir menjabat sebagai Direktur Politik Serikat Kebebasan Sipil Amerika (ACLU). 

Menurut laporan media, Shakir lahir dari imigran Pakistan. Dengan penunjukkannya ini, dia menyabet gelar Muslim pertama yang pernah mengelola kampanye presiden AS. CNN menuliskan, Shakir merupakan sosok yang menjalankan operasi progresif yang dihormati.  Sebelum ACLU, Shakir adalah penasihat senior untuk Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid, dan mantan penasihat Nancy Pelosi pemimpin Mayoritas Senat AS saat ini.

 

Shakir bergabung dengan ACLU pada Januari 2017 ketika Presiden AS Donald Trump berkuasa.  Dia juga dikenal sebagai pembawa suara terkemuka dalam serangkaian pertempuran hukum tingkat tinggi melawan pemerintah.  Shakir bekerja sebagai penasihat di Center for American Progress. Selama tujuh tahun di Center for American Progres atau sebuah think tank liberal yang berbasis di Washington, Shakir mempelopori kampanye anti-Islamofobia yang menghasilkan laporan berjudul Fear, Inc.: The Roots of the Islamophobia Network in America. 

 

"Keputusan Sanders memilih Shakir, yang memiliki kredibilitas di seluruh perlawanan progresif partai Demokrat, adalah tanda bahwa organisasi di balik tawaran kedua untuk nominasi Demokrat akan lebih kuat setelah kampanye yang berjuang untuk membangun infrastruktur nasional di 2016," tulis laporan seperti dilansir Dawn, Jumat (22/2). Shakir nantinya akan menggantikan Jeff Weaver yang sebelumnya ditunjuk Sander memimpin kampanyenya. 

 

Berbicara kepada CNN, mantan wakil kepala staf Senator Reid, Adam Jentleson mengatakan, Faiz Shakir adalah seorang progresif yang tahu cara bekerja secara efektif dalam sistem.  Menurutnya, Reid kala itu tidak membuat keputusan besar tanpa berkonsultasi dengan Faiz.  "Tidak ada seorang pun lebih percaya pada bagaimana komunitas progresif akan bereaksi pada sesuatu dan tidak ada orang yang sarannya lebih serius mendorongnya ke kiri," ujar Jentleson. The Daily Beastfirst melaporkan bahwa Shakir telah menerima tawaran dari Sanders tersebut.

 

Penunjukan Shakir sebagai kepala tim kampanye seorang calon Presiden AS adalah yang pertama dalam sejarah negara AS. Sanders memang dikenal sangat liberal dan menjunjung tinggi kesetaraan.  Dalam Pemilu 2016, Sanders kalah oleh Hillary Clinton dalam pencalonan Presiden AS dari Partai Demokrat.   Kampanye pemilihannya saat itu difokuskan pada kesetaraan pendapatan dan mengkritik "jutawan dan miliuner AS", kebijakan yang terbukti sangat populer di kalangan pemilih muda. 

 

Sementara itu, sebelumnya Presiden AS, Donald Trump berharap Sander dalam kondisi yang baik dalam upayanya untuk duduk di Gedung Putih.

 

Sumber : REPUBLIKA.CO.ID