Home Pemilu Presiden/ Legislatif 2019 Sah! 65 Anggota DPRD Riau Terpilih Dilantik

Sah! 65 Anggota DPRD Riau Terpilih Dilantik

19
Sah! 65 Anggota DPRD Riau Terpilih Dilantik

Rapat paripurna pelantikan anggota DPRD Riau 2019 - 2024 yang baru. (GATRA/Kurnia/ft)

 

 

Gatra.com | 06 Sep 2019 15:51

Pekanbaru, Gatra.com - Anggota DPRD Riau periode 2019 - 2024 resmi dilantik pada Jum'at (6/9). Sidang pelantikan dibuka oleh Ketua DPRD Riau periode 2014 - 2019 Septina Primawati, namun kemudian dilanjutkan unsur pimpinan sementara Sukarmis (Golkar) dan Zukri  (PDI Perjuangan). 

 

Dalam sidang yang turut dihadiri Gubenur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution itu, rapat paripurna berlangsung khidmat. Adapun, pembacaan Surat Keputusan (SK) Mendagri terkait pelantikan anggota DPRD Riau dibacakan oleh Sekretaris Dewan, Kaharudin. 

 

Pada formasi DPRD Riau kali ini, dari 65 anggota legislator, Partai Golkar tetap menjadi pemilik kursi terbanyak (11 kursi) disusul PDI Perjuangan (10 kursi), Partai Demokrat (9 kursi), Gerindra (8 kursi). Sedangkan Partai PAN berada diurutan berikutnya; 7 kursi, PKB (6 kursi), PPP (4 kursi), Nasdem (2 kursi)  serta Hanura (1 kursi). 

 

Politisi Partai Demokrat, Asri Auzar, mengungkapkan, capaian partainya pada pemilu 2019 dapat dibanggakan. Terlebih Partai Demokrat termasuk yang tidak diuntungkan dengan skema pemilihan serentak. 

 

"Jumlah kursi kita tetap sama dengan periode sebelumnya. Alhamdulillah kita tetap memperoleh kursi pimpinan DPRD Riau," ungkap Ketua DPD Partai Demokrat Riau itu kepada Gatra.com, Jum'at (6/9). 

 

Hal senada juga diungkapkan politisi Partai Gerindra, Hardianto. Politisi yang juga ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPRD Riau itu mengatakan kalau Partai  Gerindra termasuk parpol yang memperoleh peningkatan kursi. Hal tersebut dibuktikan dengan capaian Partai Gerindra meraih kursi Wakil Ketua DPRD Riau. 

 

"Kalau dulu kita cuma meraih 7 kursi sekarang sudah memperoleh 8 kursi. Periode ini kita juga duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Riau," katanya. 

 

Selain Partai Gerindra, dua parpol lainya juga memperoleh peningkatan kursi pada pemilu 2019 ini. Jika sebelumnya, Partai Keadilan Sejahterah (PKS) meraih 3 kursi, pada pemilu 2019 ini PKS mampu meraup 7 kursi. Sementara itu PDI Perjuangan menambah satu kursi dari sebelumnya 9 kursi. 

 

Sumber : Gatra.co