Home Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Sepekan, 41 Warga Riau Meninggal Akibat Corona Riau

Sepekan, 41 Warga Riau Meninggal Akibat Corona Riau

9
Sepekan, 41 Warga Riau Meninggal Akibat Corona Riau

 

Senin, 12 Oktober 2020 - 07:41 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- SEBANYAK 41 warga Riau meninggal dunia akibat Covid-19 sepekan terakhir, atau sejak Senin (5/10) hingga Ahad (11/10). Sedangkan jika dihitung sejak pandemi terjadi di Riau, total sudah 223 pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau pekan kemarin, setiap hari terdapat penambahan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia.

 

Pada hari Senin (5/1) delapan orang meninggal dunia, Selasa (6/10) 6 orang, Rabu (7/10) tiga orang, Kamis (8/10) 3 orang, Jumat (9/10) 6 orang, Sabtu (10/10) 10 orang dan Ahad (11/10) lima orang meninggal akibat Covid-19 di Riau. Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, hingga saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal terbanyak berasal dari Kota Pekanbaru yakni 117 pasien.

 

Kemudian Kabupaten Kampar 21 pasien, serta kota Dumai 19 pasien. "Kabupaten Siak 15 pasien, Indragiri Hilir 13 pasien, Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hilir dan Kuansing masing-masing tujuh pasien, Indragiri Hulu lima pasien, Rokan Hulu empat pasien, serta dari luar provinsi satu pasien. Sedangkan untuk Kabupaten Kepulauan Meranti tidak ada ditemukan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia tersebut. Rata-rata berusia di atas 50 tahun, serta ada yang memiliki penyakit penyerta dan ada juga yang tidak. "Penyakit penyerta yang paling banyak diderita pasien positif Covid-19 yang meninggal yakni diabetes, kemudian hipertensi, pneumonia, ginjal, asma serta penyakit jantung," paparnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Mimi juga menginformasikan adanya penambahan 306 pasien positif Covid-19 di Riau per Ahad (11/10). Dengan demikian, total pasien positif Covid-19 di Riau saat ini sebanyak 9.963 orang. "Dari jumlah tersebut, yang masih menjalani isolasi mandiri sebanyak 2.534, dirawat di rumah sakit 1.076 dan yang sudah dinyatakan sembuh 6.130 pasien," ujarnya. Sementara itu di tempat terpisah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengalokasikan anggaran Rp481,89 miliar untuk penanganan pandemi Covid-19.

 

Namun, memang anggaran tersebut belum seluruhnya terealisasi. "Untuk anggaran tersebut sudah diminta ke DPRD agar tidak dikurangi di APBD-P 2020. Sehingga anggaran dari pertama sampai sekarang tidak dikurangi. Karena dikhawatirkan, nanti menjelang Desember 2020 masih ada peningkatan kasus," kata Gubri. Lebih lanjut dikatakannya, dari anggaran penanganan Covid-19 yang disiapkan, paling banyak untuk dana Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang disalurkan ke kabupaten/kota sebesar Rp271,61 miliar.

 

Untuk dana tersebut, hingga saat ini baru terealisasi 163,58 miliar atau 60,22 persen. "Artinya belum semua disalurkan oleh kabupaten/kota kepada masyarakat. Untuk itu, kami minta kepada pemerintah kabupaten/kota se-Riau agar segera menyalurkan anggaran kepada masyarakat. Kami tidak tahu kendalanya di mana hingga ada yang belum disalurkan ke masyarakat," sebutnya. Sementara itu, dana kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19 Riau, lanjut Gubri, saat ini masih tersedia sekitar 60 persen lebih.

 

Di mana realisasi baru 39,69 persen atau Rp73,54 miliar dari total anggaran yang disiapkan Rp185,28 miliar. Sedangkan dana pemulihan ekonomi, belum direalisasikan. "Untuk dana pemulihan ekonomi ini juga ada dari pusat melalui Kementerian Koperasi, yang saat ini datanya sedang divalidasi oleh BPKP. Agar nantinya tidak tumpang tindih, kami menunggu dana pusat selesai disalurkan baru nantinya dana dari provinsi Riau bagi pelaku UMKM," katanya.
 

941 Orang Terpapar Covid-19 di Dumai

 

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai mengkonfirmasi adanya temuan kasus baru terkait Covid-19. Tercatat pada Ahad (11/10) ada 18 penambahan kasus pasien positif baru. Selain itu ada 18 pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh. "Secara total sejak awal pandemi Covid-19 kasus konfirmasi positif Covid-19 di mencapai 941 kasus," ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai dr Syaiful.

 

Ia merinci 941 kasus tersebut yakni 300 pasien isolasi mandiri, 27 isolasi di rumah sakit 595 dinyatakan sembuh dan 19 orang meninggal dunia. "Memang jika melihat data kasus sembuh terus meningkat, namun kasus baru juga terus bertambah, ini harus jadi perhatian kita semua," tuturnya. Untuk itu, masyarakat Kota Dumai tetap diminta selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Kami juga sampai kepada pasien yang melakukan isolasi mandiri untuk taat terhadap protokol kesehatan dan segera menghubungi petugas jika memiliki keluhan secara tiba-tiba," terangnya. Ia mengatakan tim melakukan pemeriksaan untuk pasien yang isolasi mandiri sebanyak tiga kali dalam sepekan. "Untuk setiap harinya ada tim gugus tingkat kecamatan dan kelurahan yang melakukan pengawasan terhadap para pasien," tuturnya.

 

Selain itu, ia berharap masyarakat Kota Dumai tidak memberikan stigma negatif bagi pasien yang positif Covid-19 sedang isolasi mandiri. "Bantu tetangga kita yang sedang menjalani Isolasi, Covid-19 bisa menular kepada siapa saja, untuk itu penting untuk selalu taat terhadap protokol kesehatan," sebutnya.

 

Ia mengatakan saat ini tim penegakan hukum Gugus Tugas terus melakukan penindakan dan sosialisasi terkait penggunaan masker. "Memang jika dibandingkan dengan September lalu, hingga 11 Oktober ini kasus mulai menurun, namun tetap masih ada penambahan setiap harinya walaupun tidak sebanyak bulan lalu," tuturnya.

 

Pasien Sembuh di Pelalawan 342 Orang

 

Tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Pelalawan terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan pada Ahad (11/10), tercatat 17 pasien positif sembuh setelah dua pekan sebelumnya menjalani isolasi mandiri. Dengan adanya penambahan tersebut, maka hingga saat ini total pasien Covid-19 mencapai 342 orang.

 

Meski tingkat kesembuhan mengalami peningkatan, namun jumlah pasien terkonfirmasi yang meninggal dunia kembali bertambah satu orang. Sehingga saat ini, total pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia tercatat sebanyak 7 orang. "Ya, alhamdulillah, tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di Pelalawan terus bertambah. Hari ini (Ahad, red) ada sebanyak 17 pasien terkonfirmasi yang telah sembuh. Sehingga saat ini ada sebanyak 342 orang pasien positif yang telah sembuh," terang Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan H Asril SKM MKes kepada Riau Pos, Ahad (11/10) di Pangkalankerinci.

 

Diungkapkannya, meski tingkat kesembuhan mengalami peningkatan, namun jumlah kasus baru konfirmasi positi Covid-19 di Negeri Amanah ini kembali bertambah sebanyak 3 pasien. Yakni dua warga dari Kecamatan Pangkalan Kerinci berinisial NH (25) dan SL (25) yang merupakan kontak erat dari pasien sebelumnya. Dan saat ini, kedua pasien tersebut tengah menjalani isolasi mandiri dengan status orang tanpa gejala (OTG). Sementara itu satu pasien lainnya KS (45) yang sebelumnya merupakan suspect Covid-19 dan setelah hasil tes swab keluar dinyatakan positif virus corona.

 

"Kemudian ada penambahan satu pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia berinisial MH (28). Warga kecamatan Pangkalankerinci ini menjalani perawatan di RS Syafira Pekanbaru dengan keluhan penyakit gula dan jantung pada Kamis (8/10) lalu. Namun, kondisi kesehatannya kian memburuk sehingga pada Sabtu (10/10) malam lalu, menghembuskan nafas terakhir.

 

Dan dengan adanya penambahan tersebut, maka saat ini total pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Pelalawan berjumlah sebanyak 7 orang," ujarnya. Ditambahkan mantan Kabid P2PL Diskes Pelalawan ini bahwa, dengan penambahan kasus baru dan kesembuhan pasien, maka saat ini jumlah terkonfirmasi positif secara kumulatif di Negeri Amanah ini tercatat sebanyak 676 orang. Rinciannya yakni 342 orang sembuh, 7 meninggal dunia dan 327 pasien masih dalam perawatan. Yakni 235 pasien isolasi mandiri dam 92 pasien lainnya menjalini isolasi di rumah sakit (RS).

 

Pasien 366 Cabup Bengkalis

 

Jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis terus bertambah. Bahkan salah seorang calon bupati berinisial AB (41) sedang diisolasi dan mendapat perawatan di rumah sakit swasta di Kota Duri. Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan pasien 366 atas nama Tn AB (41), warga Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau. Keterangan melakukan isolasi di RS Permata Hati Mandau.

 

"Untuk profesi yang menyangkut nama jelas pasien, kami tidak dibenarkan mempublikasikannA. Sesuai tupoksi saya hanya bisa menyebutkan inisial nama dan Alamat, juga tempat rawatan," jelas Juru Bicara Satgas Covid-19 Ns Popy Yulia Santisa SKep, Ahad (11/10). Per Ahad (11/10), ujar Popy, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sembuh di Kabupaten Bengkalis mencapai 213 orang. Jumlah ini didapatkan dari penambahan pasien sembuh sebanyak delapan orang.

 

Sedangkan jumlah kasus mencapai 366 kasus. Sebab penambahan positif Covid-19 sebanyak 12 kasus. "Hari ini (kemarin, red) menggembirakan kita sudah tercatat 213 pasien yang sembuh dari Covid-19. Data per hari ini (kemarin, red) pasien yang sembuh sebanyak 8 orang. Hanya saja terkonfirmasi positif bertambah 12 kasus," kata Popy lagi. Data dari Satgas kemarin pasien diisolasi dan dirawat di rumah sakit tetap 20 orang. Kemudian dikarantina di Balai Diklat BKD Bengkalis berkurang jumlahnya sebanyak 15 orang. Sedangkan yang melakukan isolasi mandiri berjumlah 111 orang. Meninggal dunia 7 orang.(sol/hsb/amn/esi)

 

Laporan: TIM RIAU POS, Pekanbaru
Sumber: www.riaupos.jawapos.com

- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Jadwal Sholat & Imsakiah 1441 H
Banner Waktu Sholat dan Imsakiyah 1441 H
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan