www.luhakkepenuhan.com Petuah dari Kepala Kantor Kementerian Agama Rokan Hulu

Petuah dari Kepala Kantor Kementerian Agama Rokan Hulu

Sambutan
Kepala Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Rokan Hulu


 
Oleh : Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan, MA.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Rokan Hulu Provinsi Riau


 
Puji syukur mari sama-sama kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah menganugerahkan berbagai nikmat karunia yang tiada terhingga, yang apabila kita hitung satu persatu, pastilah kita tidak mampu menghitungnya. Diantara sekian banyak nikmat karunia tersebut, sebahagian di antaranya adalah dapat menghirup udara segar dan melaksanakan aktifitas sehari-hari dengan sebaik-baiknya, dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya.
 
Selanjutnya sholawat dan salam kepada junjungan alam Nabi Besar Muhammad SAW, Penghulu seluruh Nabi dan Rasul, penyempurna seluruh ajaran yang pernah turun sebelumnya, pembawa cahaya kebenaran berupa ilmu pengetahuan dan iman kepadaNya, sehingga kita dapat hidup mulia dan berakhlakul karimah.
 
Suatu ketika beberapa waktu yang lalu, saya dihubungi oleh Saudara Ismail Hamkaz melalui SMS, beliau meminta saya untuk membuat kata sambutan pada situs web luhak kepenuhan negeri beradat, hati saya sangat bergembira dan saat itu juga berazam untuk membuatkan kata sambutan tersebut, namun karena berbagai kesibukan, maka barulah saat ini dapat saya tuliskan.
 
Saya melihat bahwa apa yang dilakukan oleh tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dalam membuat situs web ini, adalah sebuah langkah maju yang bernuansa masa depan, sebab saat ini dunia ditandai oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, yang salah satu cirinya penggunaan media internet.
 
Dengan adanya situs web ini, maka semua informasi tentang luhak Kepenuhan (Kepenuhan dan Kepenuhan Hulu) akan dapat diakses, bukan hanya oleh anak cucu luhak kepenuhan di seluruh belahan nusantara, tetapi juga dapat diakses oleh orang lain yang berada di seluruh belahan bumi.
 
Dengan situs ini, berarti masyarakat luhak kepenuhan telah merambah dunia informasi, dimana setiap orang yang menguasai informasi maka dialah sesungguhnya pemilik dunia ini. Kalau selama ini orang lain memberikan informasi kepada kita, maka sekarang kita pula yang memberikan informasi kepada orang lain. Bukankah ini sebuah langkah maju menuju masa depan….!!!
 
Banyak hal yang bisa kita perkenalkan kepada dunia luar tentang luhak kepenuhan, diantaranya adalah tokoh-tokohnya yang sangat terkenal di negeri orang, seperti Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Khalidi Naqsabandi, yang sangat terkenal di Sumatera Utara dengan mendirikan persulukan Basilam.
 
Ada juga Tengku Sultan Sulaiman, raja terakhir kerajaan Kepenuhan. Ada pula Tengku Muhammad Dzainal Abidin, seorang pahlawan nasional yang wafat di Madiun, 5 September 1916. Ada juga Tuan Syekh Yahya Anshoruddin, seorang tokoh pengembang tarekat Naqsabandiah dan pendiri Makhtab Darul Ulum yang terkenal itu.
 
Dari sisi adat istiadat, tentu banyak hal yang perlu kita perkenalkan kepada pihak lain, untuk selanjutnya menjadi teladan bagi semua pihak, seperti masyarakatnya yang memiliki semboyan "BERADAT", yang artinya adalah Bersih, Elok, Ramah, Agamis, Dinamis, Akademis, dan Terpimpin.
 
Dalam hal kepemimpinan juga perlu mendapat perhatian, yaitu Tigo Tungku Sejorangan Tali Bopilin Tigo, yang saling menyokong dan menguatkan dalam mengelola tatanan kehidupan masyarakat Luhak Kepenuhan. Tigo Tungku tersebut adalah raja, tokoh adat, dan tokoh agama.  Ketiga-tiganya bersatu padu membangun masyarakat Luhak Kepenuhan.
 
Tentu masih banyak lagi hal-hal lainnya yang perlu kita gali, kaji, dan kembangkan, untuk selajutnya kita informasikan, khususnya kepada anak cucu masyarakat Luhak Kepenuhan, dan umumnya seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia, sehingga menjadi acuan dan teladan dalam hidup dan kehidupan sehari-hari.
 
Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, para cendikiawan, dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam membangun web site ini, sehingga situs ini tetap eksis, bukan hanya sampai hari ini, tetapi juga sampai pada masa-masa mendatang.

 
Pasir Pengaraian, 2  Rajab 1436 H
21 April 2015 M


Kepala Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Rokan Hulu,
 


Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan, MA.
NIP : 196608031993021001