www.luhakkepenuhan.com Sekapur Sirih dari Mamak Sultan Kayo Muah

Sekapur Sirih dari Mamak Sultan Kayo Muah

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabaraqatuh,

Alhamdulillah wa Syukurillah, segala puji bagi Allah semesta alam dan puji syukur kepada Allah yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga apa yang tersaji dalam website : www.luhakkepenuhan.com merupakan hidayah dengan penuh hikmah dari Allah, karena perjalanan dan perjuangan panjang dalam mengumpulkan semua data yang terkait dengan adat istiadat luhak kepenuhan negeri BERADAT dan data pendukung lainnya sehingga bisa dibaca, diamati, dicermati, dihayati, untuk dapat dipogang pakai (pedoman) oleh kita semua ( Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah ).

Luhak kepenuhan negeri BERADAT adalah salah satu dari 5 Luhak yang ada di Kabupaten Rokan Hulu :

1.      Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT

  1. Kecamatan kepenuhan
  2. Kecamatan kepenuhan Hulu


2.      Luhak Rambah

  1. Kecamatan Rambah
  2. Kecamatan Rambah Hilir
  3. Kecamatan Rambah Samo
  4. Kecamatan Bangun Purba


3.      Luhak Kunto 

  1. Kecamatan Kunto Darussalam
  2. Kecamatan Bonai Darussalam
  3. Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam


4.      Luhak Tambusai

  1. Kecamatan Tambusai
  2. Kecamatan Tambusai Utara


5.      Luhak Rokan

  1. Kecamatan Rokan IV Koto
  2. Kecamatan Pendalian IV Koto
  3. Kecamatan Ujung Batu
  4. Kecamatan Kabun
  5. Kecamatan Tandun


Luhak memiliki makna suatu wilayah ex Kerajaaan / kenegarian dan keadatan dalam suatu negeri. Jadi ketentuan wilayah ini berdasarkan peta waktu zaman penjajahan Belanda dan sudah disepakati oleh lima Luhak, sehingga tidak ada perselisihan dikemudian hari dalam bidang adat,  potatah potitih menyatakan bahwa lain lubuk lain ikan. Lain padang lain belalang, bahwa dalam pelaksanaan adat istiadat memiliki azam lazim sendiri-sendiri di masing-masing Luhak.

Pemahaman luhak di zaman sekarang adalah sama dengan Kecamatan. Dalam adat lima luhak menyatakan bahwa sekalipun luhak atau kecamatan itu dimekarkan menjadi beberapa kecamatan, maka kecamatan yang dimekarkan dari kecamatan induk tetap dalam satu kepemimpinan adat istiadat atau dalam Luhak itu juga.

Dulu kecamatan kepenuhan hanya ada satu yakni kecamatan kepenuhan, namun dalam perkembangan nya terjadi pemekaran berdasarkan kebutuhan dan UU yang berlaku, yakni Kecamatan Kepenuhan Hulu dibentuk pada Tanggal 30 April 2007 oleh pemerintah Kabupaten Rokan Hulu yang merupakan pemekaran dari kecamatan kepenuhan pada masa pemerintahan H. Achmad M.Si,  kedua kecamatan tersebut adalah :

1.      Kecamatan kepenuhan

  • Lurah Kepenuhan Tengah
  • Desa Kepenuhan Barat
  • Desa Kepenuhan Timur
  • Desa Ulak Patian
  • Desa Rantau Binuang Sakti
  • Desa Kepenuhan Hilir
  • Desa Kepenuhan Barat Mulia
  • Desa Kepenuhan Barat Sei Rokan Jaya
  • Desa Kepenuhan Raya
  • Desa Kepenuhan Baru
  • Desa Kepenuhan Baru
  • Desa Kepenuhan Makmur
  • Desa Kepenuhan Sejati
  • Desa Kepenuhan Sei Mandian


2.      Kecamatan Kepenuhan Hulu

  • Desa Kepenuhan Hulu
  • Desa Pekan Tebih
  • Desa Kepayang
  • Desa Muara Jaya
  • Desa Kepenuhan Jaya


Oleh lembaga kerapatan adat luhak kepenuhan negeri BERADAT, masing-masing kepemimpinan kelurahan (Lurah) atau desa (Kades) diberi gelar kurnio adat luhak kepenuhan negeri BERADAT yakni mamak pemangku adat lurah/desa ....(dengan menyebutkan nama kelurahan / desa), mereka mengguna gelar kurnio tersebut selama mereka memegang jabatan lurah / kades, setelah tidak memegang jabatan tersebut, maka secara otomatis gelar akan berpindah kepada penerusnya dengan perayaan adat ( Patah tumbuh hilang berganti ).

Kami sangat bangga dan bahagia serta memberikan dukungan penuh serta Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anak kemenakan ( olun di suuh olah poi, olun di imau olah datang ) yang telah bahu membahu secara dinamis tanpa kenal lelah ( Ilang di cai, tokolamun di kokeh) dalam melakukan penyempurnaan-penyempurnaan akan adat yang di junjung tinggi ( adat yang inok lapok dek ujan, adat yang inok lokang dek paneh ).


Namun kami mengakui bahwa apa yang kami sembahkan ini bukanlah hasil karya kami, ini adalah hasil dari karya kita semua dalam menjadikan adat untuk dipogang pakai (pedoman) di dunia dan akhirat tentu membutuhkan ketekunan, kegigihan serta tokaso dalam mendapat suatu hasil yang sempurna ( sonik bukan berarti paja-paja, tuo bukan berarti olah gadang/dewasa ) .


Untuk adat istiadat yang ada dalam web ini kami sajikan dari buku yang berjudul : Sejarah dan adat istiadat masyarakat kepenuhan ( baca folder luhak kepenuhan) karena ini adalah hasil dari penelitian, pengkajian dan keputusan lembaga kerapatan adat luhak kepenuhan negeri BERADAT.


Sedangkan folder di luar isi buku yang di maksud adalah penambahan yang saling berhubungan secara dinamis, bahwa adat istiadat tidak pernah ketinggalan zaman, namun selalu menyesuaikan dalam perkembangan zaman. Semakin kokoh dan kuat akan pondasi adat istiadat ini, maka semakin kuat dan bermanfaat bagi kita semua.


Inok awak siapo le UNTUK  momangkikan batang  toondam ( jika bukan kita siapa lagi untuk membangkitkan batang terendam). Ini adalah spirit dan motivasi yang sudah mendarah daging kepada kami khususnya dan kepada masyarakat luhak kepenuhan negeri BERADAT pada umumnya, bahwa dimanapun dan kapanpun serta apapun posisi selalu melakukan yang terbaik untuk mengharumkan kampung halaman tercinta demi marwah dan jati diri ( iduik di kanong adat, mati dikanong tanah) semoga spirit dan motivasi ini selalu membara tanpa henti dan berbuat dan berkarya untuk memakmurkan kebaikan menuju Rohmatallil alamin.


Inok tomuek tolapak tanganko, niupun kami tampuangkan, semua saran pendapat, kritikan yang  edukatif dan inofatif dalam penyempurnaan website : www.luhakkepenuhan.com ini, kami terima dengan ikhlas dan lapang dada, semoga pesan yang disampaikan dalam web ini bisa di terima oleh pengunjung yang bersilaturrahmi dengan kami dan dapat pula sebagai bahan rujukan oleh semua kalangan.


Adanya web ini, kami belajar dari para pendahulu kami yang telah menorehkan sejarah yang mulia ( bangsa yang besar adalah bahwa yang menghormati dan mneghargai jasa para pahlawannya ) bahwa apa yang telah mereka perbuat bukan saja untuk dirinya, namun untuk umat sesuai dengan pembidangannya. para tokoh  dan bersejarah di luhak kepenuhan negeri BERADAT ini adalah :

  1.  Tuan guru Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi dengan thariqat Nagsabandinya yang meluas ke Asia Tenggara.
  2.  Sultan Zainal Abidin merupakan tokoh atau pahlawan yang ikut memperjuangkan Indonesia melawan penjajahan Belanda.
  3.  Yahya Anzhoruddin, pahlawan atau tokoh agama yang terkenal di rokan dan Sumatera (Sistim pendidikan terkurukulum pada tahun 1932) yang terkenal dengan Umah Kutat dan Koleh Tujuhnya.
  4.  Sultan Sulaiman, merupakan Raja terakhir di Luhak Kepenuhan dan bahkan dari berbagai sumber menyatakan merupakan Raja terakhir di Luhak Kepenuhan.
  5.  Dan masih banyak lagi tokoh dari Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT, yang mengabdikan dirinya untuk agama, bangsa dan negara.


Godang ino disobuik gola, sonik inok disobuik namo, hanya kepada Allah lah kami menyerahkan segala jasa baik yang diberikan dalam kesempurnaan web ini.

Selamat berkunjung dan bersilaturrahmi ( Sonaaang asonya bisa bobagi untuk sosamo )



Inok awak siapo le

Wassalammu alaikum warahmatullahi wabaraqatuh.